Home / PPG

Sabtu, 12 Maret 2022 - 23:36 WIB

Ini Dia Penyebab Penundaan Seleksi Akademik PPG Daljab 2022

Penundaan seleksi akademik PPG Dalam Jabatan 2022 – Penundaan seleksi akademik PPG Dalam Jabatan 2022 resmi diumumkan oleh Kemendikbudristek melalui laman https://ppg.kemdikbud.go.id. Penundaan ini diumumkan pada tanggal 11 Maret 2022. Akibat dari penundaan ini yaitu peserta menjadi tidak bisa melakukan pencetakan kartu sesuai yang dijadwalkan sebelumnya. Selain itu, mengakibatkan juga munculnya berbagi respon dari para peserta PPG Dalam Jabatan Tahun 2022. Mungkin bisa jadi termasuk Anda juga ya?

Bagi peserta PPG Dalam Jabatan yang sudah lulus seleksi administrasi tentu sudah menunggu-nunggu pelaksanaan seleksi akademik berlangsung. Akan tetapi, dengan adanya penundaan ini maka masih belum ada kejelasan mengenai jadwal pasti seleksi akademik akan dilaksanakan. Hal ini juga tertera pada surat pengumuman yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek di mana poin ketiga mengatakan bahwa untuk jadwal cetak kartu serta jadwal persiapan dan pelaksanaan seleksi akademik PPG Dalam Jabatan 2022 ditunda sampai dengan waktu yang belum bisa ditentukan. Itu artinya Pemerintah masih belum mengetahui berapa lama penundaan ini berlangsung.

Pelaksanaan seleksi akademik direncanakan akan dilaksanakan secara daring berbasis domisili. Kemudian untuk pelaksanaan seleksi akademik  PPG Daljab Tahun 2022 sebelumnya dijadwalkan pada tanggal 16 sampai 30 Maret 2022. Sebelum itu juga pada tanggal 12 sampai 13 Maret 2022 peserta dijadwalkan untuk melakukan pencetakan kartu. Namun karena sudah diumumkan secara resmi oleh Kemendikbudristek mengenai penundaan pelaksanaan seleksi akademik maka pada jadwal tersebut tidak terlaksana kegiatan sesuai yang direncanakan sebelumnya.

Baca juga:   Benarkah Seleksi Akademik PPG Daljab Tahap 2 Akan Dilaksankan Bulan Juni? Cek Faktanya Disini

Kemendikbudristek khususnya tentu memiliki alasan tertentu mengapa seleksi akademik PPG Dalam Jabatan harus mengalami penundaan. Di sisi lain tentu banyak guru yang bertanya penyebab apa yang mendasari sehingga pelaksanaan seleksi akademik harus ditunda. Nah, kira-kira apa si yang menjadi penyebab penundaan seleksi akademik PPG Dalam Jabatan 2022?

Guru belum Menautkan Akun belajar.id dengan SIMPKB

Dalam surat pengumuman penundaan disebutkan bahwa akun belajar.id akan menjadi SSO SIMPKB. Nah, diduga banyak guru yang masih belum menautkan akun belajar.id dengan SIMPKB masing-masing. Akun belajar.id yang dimiliki oleh para guru harus segera ditautkan dengan SIMPKB masing-masing. Hal ini diasumsikan bahwa banyak guru yang masih belum menautkan akun belajar.id yang dimilikinya. Padahal ini sangat penting karena nantinya akan menjadi SSO SIMPKB. Hal ini masih belum diketahui penyebabnya entah guru yang tidak mengetahui informasi bahwa harus segera menautkan akun belajar.id nya atau karena guru tidak mengetahui bagaimana cara menautkan akun belajar.id dengan SIMPKB. Untuk itu karena hal ini masih belum jelas bagaimana kelanjutannya maka untuk jadwal berapa lama penundaan pelaksanaan seleksi akademik masih belum diketahui pasti waktunya. Jika Anda termasuk salah satu yang belum menautkan akun belajar.id dengan SIMPKB maka segera ditautkan ya.

Baca juga:   Panduan Pendaftaran PPG 2022 Dalam Jabatan, Persyaratan, Cara Mengisi Biodata, dan Tanggal Pentingnya!

Nah, itu tadi beberapa penjelasan mengenai penyebab kenapa terjadi penundaan pelaksanaan seleksi akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022. Hal ini pun tentu akan menjadi evaluasi bersama khususnya bagi Kemendikbudristek karena dengan adanya penundaan maka berdampak juga pada pelaksanaan PPG Daljab secara keseluruhan. Namun perlu diketahui bersama juga bahwasanya terkadang banyak hal yang sudah direncanakan sebelumnya akan tetapi belum bisa berjalan sesuai yang diharapkan. Jadi harap maklum jika banyak terjadi perubahan baik itu perubahan jadwal maupun yang lainnya. Untuk Anda yang sedang mengikuti seleksi PPG Dalam Jabatan tahun ini harap bersabar ya. Adanya pengumuman penundaan ini juga membawa dampak positif bagi Anda. Karena itu artinya Anda masih punya banyak waktu untuk belajar lebih dalam sehingga ketika nanti pelaksanaan seleksi akademik berlangsung Anda akan dapat melakukannya dengan baik dan sukses. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semuanya.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik dengan cara klik pada link INI

 

 

Share :

Baca Juga

PPG

Langkah-Langkah Menautkan Akun belajar.id dengan SIMPKB

PPG

Guru Wajib Tau! Tips Menjadi Guru Kreatif dan Inspiratif

PPG

Panduan Tata Tertib Peserta Ujian Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 Agar Tidak Didiskualifikasi

Guru Honorer

Juknis TPG 2022: Syarat dan Teknis Penyaluran Tunjangan Guru ASN
Kiat-kiat menjadi siswa berprestasi

PPG

Info Terkini ! Surat Undangan Bagi Seluruh Peserta Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahap 2 di Tahun 2022

PPG

Breaking News! Resmi Jadwal Cetak Kartu Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahap 2 Tahun 2022

PPG

PPG Kemenag 2022 Masih Dibuka, Ini Dia Syaratnya

PPG

Cara Jawab Soal Pretest PPG Dalam Jabatan 2022, Ketika Tidak Tahu Jawabannya
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.