Home / PPG

Minggu, 17 April 2022 - 21:25 WIB

Cara Menentukan Linieritas Bidang Studi Seleksi Administrasi PPG Daljab Tahap 2 Tahun 2022

Linieritas Bidang Studi PPG Dalam Jabatan 2022–  Salah satu hal penting dalam seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan 2022 ini adalah memilih bidang studi sesuai linieritas guru. Memilih dan menentukan bidang studi yang linier juga menjadi tolak ukur hasil verval apakah di tolak, atau di setujui oleh LPMP. Banyak diantara peserta PPG Dalam Jabatan yang tidak lolos akibat memilih dan menentukan bidang studi yang tidak se-linier.

Perlu dipahami, jika linier yang dimaksudkan di sini adalah kesesuaian antara program studi pada ijazah S-1/D-IV dengan bidang studi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022.  Lalu, bagaimana cara memilih bidang studi yang se-linier? Tentu, ini menjadi pertanyaan bagi Anda, peserta PPG Dalam Jabatan Tahap 2 ini.

Mengisi Data Linieritas PPG Dalam Jabatan 2022 di SIMPKB

Nah, sebelum itu, Anda juga perlu memahami tentang apa saja yang perlu diisi pada data linieritas saat mengisi Administrasi PPG Dalam Jabatan di SIMPKB Anda. Pada data linieritas terdapat beberapa kolom yang perlu diisi yaitu

  1. Perguruan Tinggi yaitu isi sesuai pendidikan Sarjana (S1) Anda berasal, misalnya Universitas Negeri Semarang.
  2. Program Studi adalah isi sesuai dengan jurusan yang Anda ambil saat menempuh pendidikan Sarjana (S1) Anda berasal. Misalnya, Pendidikan Matematika
  3. Jenjang Pendidikan, yaitu isi jenjang pendidikan yang Anda tempuh, pilih antara Pendidikan Sarjana (S1) atau Diploma (D4)
  4. Tahun Lulus yaitu isi tahun kapan Anda lulus dari Pendidikan Sarjana Anda sesuai yang tercantum dalam Ijazah Anda.
  5. Jenjang Bidang Studi merupakan Bidang studi atau jurusan berdasarkan pilihan jenjang sekolah di TK/SD/SMP/SMA/SMK, yang disesuaikan dengan daftar linieritas bidang yang telah ditentukan oleh Kemendikbudristek/Dikti. Jadi, bukan berdasarkan pada jenjang sekolah yang tengah Anda ampu saat menjadi guru sekarang ini. Sehingga, Anda dapat memilih lintas jenjang bidang studi Anda.
  6. Bidang Studi PPG merupakan bidang studi atau jurusan yang Anda pilih berdasarkan kesesuaian studi pendidikan sarjana (S1) atau Diploma (D4) dalam ijazah Anda dengan daftar linieritas bidang yang telah ditentukan oleh Kemendikbudristek/Dikti. Jadi, bukan berdasarkan mata pelajaran apa yang sedang Anda ampu saat menjadi guru sekarang ini.  
Baca juga:   Jadwal dan Prosedur Pelaksanaan Uji Coba Aplikasi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022

Nah, agar Anda lebih yakin dan tepat dalam memilih bidang studi dan jenjang studi PPG yang akan Anda pilih. Ada beberapa cara untuk mengeceknya. Berikut ini caranya mengecek linieritas bidang studi PPG Anda dengan ijazah Anda.

1. Cek linieritas berdasarkan Surat Edaran PPG Dalam Jabatan 2022

Cek linieritas berdasarkan Surat Edaran dengan Nomor: 0946/B2/GT.00.03/2022 mengenai Pendaftaran Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahap 2 Tahun 2022.  Dalam surat tersebut, terdapat lampiran daftar linieritas guru yang bisa Anda cek.  Anda bisa unduh surat edaran >>> Download  Surat Edaran<<<

Contohnya, Studi Lulusan Pendidikan Sarjana (S1) Anda adalah Bahasa Inggris. Dan saat ini, Anda menjadi guru dan aktif mengajar di Sekolah Dasar. Lalu, untuk menentukan linieritas studi PPG Anda dengan mengecek daftar linieritas dalam surat edaran tersebut.

Maka, berdasarkan surat edaran yang tertera, bidang studi PPG yang Anda pilih adalah Bahasa Inggris. Dan Anda bisa memilih jenjang bidang studi PPG yang Anda lamar, Anda bisa memilih salah satu antara jenjang SMP/SMPLB/SMA/SMALB/SMK.

Baca juga:   Breaking News! Resmi Jadwal Cetak Kartu Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahap 2 Tahun 2022

2. Cek linieritas Melalui Laman Resmi PPG

Namun ada cara yang lebih praktis dan mudah, Anda bisa mengecek linieritas studi Anda melalui laman resmi https://ppg.kemdikbud.go.id/linieritas/cek-linieritas. Begini caranya,

Pertama, masuk ke laman https://ppg.kemdikbud.go.id/linieritas/cek-linieritas

Kedua, klik pilihan pada kolom “Jenis Mata Pelajaran” yang sesuai dengan Anda.  Terdapat 3 jenis pilihan yaitu

    • Mata Pelajaran Umum di TK/SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK/MAK dan SLB (untuk guru yang linear dan serumpun;
    • Mapel Kejuruan (Produktif) di SMK/MAK
    • Mapel Keterampilan Pilihan di SMPLB/SMALB.

Ketiga, Klik pada kolom “Jurusan S-1/D-IV” dan ketik maksimal 3 kata yang memuat jurusan Anda. Misalnya Bahasa Inggris.

Keempat, setelah Anda selesai memilih dan mengisinya. Jangan lupa, Anda klik “Cek”. Dan, tunggu hasilnya.

Hasil dari cek linieritas adalah Anda harus memilih bidang studi “Bahasa Inggris” dan Anda bisa memilih salah satu Jenjang bidang studi, Anda bisa memilih jenjang SMP/SMPLB/SMA/SMALB/SMK.

Jadi, bisa disimpulkan jika bidang studi PPG yang Anda pilih disesuaikan dengan ijazah pendidikan sarjana (S1) dan berdasarkan daftar cek linieritas dari surat edaran atau laman resmi PPG.  Bukan, berdasarkan mata pelajaran yang tengah Anda ampu di sekolah Anda saat ini. Begitu juga dengan jenjang studi PPG, Anda tidak harus memilih sesuai jenjang sekolah yang tengah Anda ampu di sekolah Anda saat ini.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(Zuzun/ZH)

Share :

Baca Juga

PPG

Apa itu Syarat dan Tujuan Sertifikasi Guru Tahun 2022

PPG

Guru Wajib Tahu! 16 Perbedaan PPG Guru : PPG Mandiri, PPG Daljab dan PPG Prajabatan

PPG

PPG Prajabatan Dibuka, Ini Syarat, Jadwal dan Cara Mendaftarnya!

PPG

PPG Prajabatan Model Baru dan Tata Cara Pendaftarannya

PPG

Persiapkan Diri! PPG Prajabatan Tahap II Tahun 2022 Segera Dibuka

PPG

Breaking News! Resmi Jadwal Cetak Kartu Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahap 2 Tahun 2022

PPG

Cara Mendownload Kisi-Kisi, Modul, dan Aplikasi Ujian SEB Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 Tahap 2

PPG

PPG Kemenag 2022 Masih Dibuka, Ini Dia Syaratnya