Home / PPG

Kamis, 26 Januari 2023 - 20:35 WIB

Tips Lulus Pendaftaran PPG Dalam Jabatan 2023, Apa Saja?

Ilustrasi seleksi PPG

Ilustrasi seleksi PPG

PPG adalah sebuah tes wajib untuk mendapatkan guru dengan kompetensi yang memadai. Biasanya, PPG berupa tes dengan jumlah 120 soal ujian seleksi akademik dengan waktu pengerjaan sekitar 150 menit. Tes ini relatif sulit, sehingga perlu persiapan yang matang. Berikut sejumlah tips lulus pendaftaran PPG dalam jabatan 2023 yang bisa Anda terapkan. 

Tips Lulus Pendaftaran PPG Dalam Jabatan 2023

Terdapat sejumlah persiapan yang harus dilakukan agar bisa lulus seleksi PPG. Berikut beberapa tips yang dapat diikuti. 

1. Mempelajari kisi-kisi ujian dan membuat pemetaan materi kisi-kisi ujian.

Sebelum pelaksanaan ujian pelajari dan analisis materi kisi-kisi ujian. Anda harus mengetahui keunggulan dan kelemahan Anda terhadap materi kisi-kisi ujian, dengan artian mengetahui mana yang mudah dan sulit untuk dikuasai. Selain itu, akan lebih baik apabila Anda memahami tipe-tipe soal ujian yang terdapat pada materi kisi-kisi ujian.

Baca juga:   5 Tips Lulus Guru Penggerak yang Perlu Diketahui

2. Memperhitungkan waktu

Pada saat pelaksanaan ujian atau pretest, Anda memiliki kesempatan untuk menjawab 120 soal ujian dalam kurun waktu 150 menit. Dengan demikian, Anda setidaknya dapat menjawab 1 soal dalam waktu 1,25 menit. Waktu pengerjaan terbilang cukup singkat dan dapat meningkatkan kesulitan dalam menjawab.

3. Meminimalisir melewati soal dan memastikan terdapat jawaban pada setiap soal

Tips lulus pendaftaran PPG dalam jabatan 2023 lainnya yaitu sebisa mungkin kerjakan semua soal. Terkadang, peserta ujian lebih memilih mengerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu. Soal-soal yang dianggap sulit pun dilewati, dan terkadang jumlahnya lebih dari satu. 

Peserta seringkali lengah terhadap soal yang mereka lewati. Kondisi waktu ujian yang sangat singkat membuah potensi peserta lupa mengisi jawaban pada soal yang dilewati. Anda dapat mencoba untuk mengerjakan ujian secara berurutan dan pastikan tidak ada soal yang jawabannya kosong.

4. Latihan dengan mengerjakan soal try out

Soal tahun lalu atau try out dapat Anda manfaatkan sebagai media untuk mempelajari dan mendalami materi ujian. Soal try out dapat memperluas dan mengembangkan cakupan penguasaan Anda terhadap materi. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti program pelatihan di jejaring online seperti pada situs e-Guru.id, GuruJuara.com, dan Diklat.co.

Baca juga:   RESMI DIBUKA! Simak Syarat Pendaftaran dan Seleksi PPG Prajabatan Tahun 2022 Gelombang II

5. Cukup istirahat dan jaga kesehatan

Walaupun dituntut untuk berusaha keras dalam rangka mempersiapkan diri untuk ujian. Anda juga harus ingat bahwa cukup istirahat merupakan hal yang penting. Jangan sampai terjadi kejadian terlalu keras belajar hingga kondisi badan menurun dan tidak dapat mengikuti ujian.

Sekian informasi mengenai tips lulus pendaftaran ppg dalam jabatan 2023. Persiapkan segala kebutuhan dengan maksimal agar bisa lulus seleksi sesuai dengan harapan. 

Share :

Baca Juga

PPG

Kabar Terbaru Teknis Pelaksanaan PPG Daljab 2022

PPG

Jadwal Terbaru Pendaftaran dan Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

PPG

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan 2022

PPG

Breaking News ! Seleksi Akademik (Pretest) PPG Dalam Jabatan 2022, Ditunda

PPG

Berkas Disetujui Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan 2022 Tahap 2, Segera Lakukan Ini!

PPG

Berita Terkini ! Ini Hasil Pengumuman Bagi Peserta PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

Guru Honorer

Juknis TPG 2022: Syarat dan Teknis Penyaluran Tunjangan Guru ASN

PPG

Benarkah Seleksi Akademik PPG Daljab Tahap 2 Akan Dilaksankan Bulan Juni? Cek Faktanya Disini