Home / Kenaikan Pangkat

Jumat, 26 Agustus 2022 - 16:23 WIB

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Artikel Ilmiah

Karya ilmiah adalah karya tulis yang menyampaikan konsep, penjelasan, atau pemecahan masalah secara sistematis, disampaikan secara objektif dan jujur, menggunakan bahasa formal, dan didukung oleh fakta, teori, atau data aktual. Menulis karya ilmiah memiliki berbagai tujuan, antara lain menyampaikan gagasan, menyelesaikan tugas akademik, mendiskusikan gagasan dalam suatu pertemuan, mengikuti perlombaan, dan menyebarkan informasi dan temuan penelitian.

Karya ilmiah dapat dijadikan sebagai sumber, pendalaman pemahaman, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan. Menulis karya ilmiah membantu penulis mengembangkan kemampuan membaca dan menulis mereka, berlatih mengintegrasikan dan menyajikan konsep yang berbeda secara sistematis, memperluas perspektif mereka, dan mencapai kepuasan intelektual. Adapun, penelitian ilmiah yang disajikan dengan cara yang dapat diakses oleh khalayak umum dan menarik untuk dibaca disebut sebagai karya ilmiah ilmiah populer..

Kualitas sebuah karya ilmiah dapat dikaji dari minimal empat sudut, termasuk struktur sajian, elemen dan isinya, perspektif penulis, dan bahasa yang digunakan. Karya ilmiah harus mengikuti struktur yang sangat ketak, biasanya terdiri dari bagian pembuka (pendahuluan), bagian inti (pokok pembahasan), dan bagian penutup. Bagian pertama berfungsi sebagai pengantar ke bagian inti, yang menyajikan gagasan utama yang ingin disampaikan dan dapat mencakup banyak bab atau subtopik. Bagian penutup merupakan simpulan pokok pembahasan serta rekomendasi penulis tentang tindak lanjut gagasan tersebut.

Baca juga:   Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum

Komponen karya ilmiah bervariasi sesuai dengan jenisnya, tetapi semuanya memiliki pendahuluan, bagian inti, penutup dan daftar pustaka. Abstrak diperlukan untuk semua artikel ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal. Dalam penulisan ilmiah, penulis bersikap objektif yang disampaikan melalui penggunaan bahasa impersonal, penggunaan banyak bentuk pasif, tanpa menggunakan kata ganti orang pertama atau kedua.. Bahasa yang digunakan dalam karya ilmiah adalah bahasa baku, yang terlihat dari istilah dan kata yang dipilih, serta penggunaan kalimat yang efektif dengan struktur yang baku

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat karya lmiah  Artikel Ilmiah

1. Mengacu kepada teori

Karangan ilmiah wajib memiliki teori yang dijadikan sebagai landasan berpikir atau kerangka pemikiran atau acuan dalam pembahasan masalah.

2. Berdasarkan Fakta

Setiap informasi dalam kerangka ilmiah selalu apa adanya,sebenarnya dan konkret

3. Logis

Setiap keterangan dalam kerangka ilmiah selalu dapat ditelusuri, diselidiki dan diusut alasan-alasannya, rasional dan dapat diterima akal.

4. Objektif

Semua keterangan yang diungkapkan tidak pernah subjektif, senantiasa faktual dan apa adanya, serta tidak diintervensi oleh kepentingan baik pribadi maupun golongan

Baca juga:   Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru di Era Digital

5. Sistematis

Baik penulisan / penyajian maupun pembahasan dalam karangan ilmiah disajikan
secara rutin, teratur, kronologis, sesuai dengan prosedur dan sistem yang berlaku, terurut dan tertib.

6. Tuntas

Pembahasan dalam karangan ilmiah harus sampai ke akar-akarnya sehingga pokok masalah harus dibatasi dan tidak boleh terlalu luas

7. Jelas

Artinya setiap informasi dalam karangan ilmiah diungkapkan sejernih-jernihnya,
gamblang, dan sejelas-jelasnya sehingga tidak menimbulkan pertanyaan dan keraguan-raguan dalam benak pembaca

Guru pada zaman sekarang ini dituntut lebih  profesional,lebih handal,lebih kompeten ,itu sudah menjadi tuntutan masyarakat modern, maka sudah sewajarnya jika tulisan dalam bentuk publikasi ilmiah kini menjadi sarana untuk meningkatkan  kemampuan guru dalam pengembangan profesi. Publikasi ilmiah dapat dilihat sebagai upaya untuk menyebarluaskan ide atau karya seseorang atau kelompok dalam bentuk ulasan ilmiah dan  laporan penelitian seperti penelitian tindakan kelas yang sangat dekat dengan guru

Anda guru dan tertatik untuk melakukan penelitian tindakan kelas dan menuangkannya dalam bentuk artikel ilmiah? Mari ikuti segera pelatihan dari e-guru.id dengan judul “Membuat Artikel Ilmiah Siap Publish dari Hasil Penelitian Tindakan Kelas”

DAFTAR

(fta/rtq)

Share :

Baca Juga

Kenaikan Pangkat

Pemulihan Pendidikan

Kenaikan Pangkat

Cerita Haru Guru SD yang Viral karena Bersihkan Ratusan Kutu Rambut Seorang Siswa

Kenaikan Pangkat

Pentingnya Inovasi Digital Untuk Pengembangan Pendidikan

Kenaikan Pangkat

Diklat Gratis Bersetifikat 40 JP : Penguatan Ketrampilan Mengajar pada Guru dalam Rangka Menyambut Tahun Ajaran Baru

Kenaikan Pangkat

Benarkah Gaji Ke-13 Untuk PNS Akan Cair Mulai Bulan Juli?

Kenaikan Pangkat

Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak TK

Kenaikan Pangkat

Resmi! Tak Ada CPNS, Pemerintah Tetapkan 530.028 Kebutuhan PPPK 2022

Kenaikan Pangkat

WordPress, Website Pembelajaran yang Tepat Pada Kurikulum Merdeka
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.