Home / Kenaikan Pangkat

Senin, 15 Agustus 2022 - 18:04 WIB

Manfaat Belajar Tambahan Bagi Siswa

Manfaat belajar tamabahan bagi siswa – Apakah Anda tahu bahwa belajar tambahan memiliki manfaat bagi siswa? Sebenarnya apa itu belajar tambahan, dan apa saja manfaatnya? Berikut akan dibahas mengenai apa itu belajar tambahan serta manfaat belajar tambahan bagi siswa.

Belajar tambahan merupakan program belajar yang pelaksanaannya dilakukan di luar program intrakurikuler sekolah. Artinya, kegiatan belajar tambahan ini dilaksanakan setelah program sekolah reguler yang ada di sekolah berakhir.

Belajar tambahan dapat dilakukan siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah. Belajar tambahan yang dilakukan siswa di sekolah bersama guru mata pelajaran yang bersangkutan lebih dikenal dengan sebutan program belajar tambahan sore. Program ini banyak dipilih oleh siswa yang memiliki waktu luang sepulang sekolah.

Program belaajr juga ada yang dilaksanakan pada tingkat kelas sebelumnya. Program jenis ini dilaksanakan apabila siswa hendak mengikuti ujian semester di sekolah. Program tambahan ini dinilai efekti karena siswa dapat memahami materi pelajaran lebih dalam selama program belajar tambahan berlangsung.

Program belajar tambahan juga dapat dilaksanakan siswa di luar sekolah. Siswa dapat mengikuti program belajar tambahan di lembaga bimbingan belajar yang terpercaya dan memiliki tenaga pengajar yang berkualitas tentunya. Terdapat juga program belajar tambahan private yang memungkinkan siswa belajar di rumah, guru dari lembaga tersebut yang datang ke rumah siswa.

Tujuan dan manfaat belajar tambahan bagi siswa

Tujuan utama dari adanya program belajar tambahan tak lain dan bukan adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi suatu mata pelajaran yang dirasa sulit. Tentu saja tujuan ini erat kaitannya dengan kesiapan seorang siswa menghadapi ujian di sekolahnya. Baik itu ujian semester, ujian akhir, maupun ujian kelulusan.

Manfaat belajar tambahan bagi siswa salah satunya adalah siswa akan tuntas belajar pada ujian yang diselenggarakan di sekolah. Selain itu, siswa juga lebih siap dalah menghadapi ujian akhir nasional. Di samping itu semua, siswa diharapkan mencapai nilai evaluasi murni yang tinggi sehingga siswa tersebut dapat diterima di sekolah lanjutan impian mereka.

Manfaat belajar tambahan bagi siswa

Program belajar tambahan memiliki manfaat cukup banyak bagi siswa. Manfaat dari kegiatan belajar tambahan bagi siswa diantaranya adalah:

Siswa lebih memhamai materi pelajaran

Beberapa siswa memiliki rasa ingin tahu yang lebih dibandingkan teman sekelasnya. Rasa penasaran yang tinggi ini membuat siswa tersebut ingin memahami materi pelajaran di sekolah. Dengan mengikuti program belajar tambahan baik di sekolah maupun di rumah, siswa tersebut akan lebih memahami materi pelajaran yang diminati. Tidak hanya lebih dalam dalam pemahaman, siswa juga bisa mengatasi kesulitan yang dialaminya saat belajar di sekolah dengan belajar tambahan.

Baca juga:   Peran Guru Dalam Pengembangan Kreativitas Anak

Siswa terampil dalam mengerjakan soal

Manfaat belajar tambahan bagi siswa lainnya adalah dapat membuat siswa lebiih terampil dalam mengerjakan soal. Mengapa demikian? Karena siswa yang mengikuti program belajar tambahan akan menemui variasi soal yang berbeda dengan soal yang ada di sekolah. Siswa akan dilatih mengerjakan soal secara terampil, cepat, dan tepat.

Siswa mampu beradaptasi dengan berbagai bentuk soal saat ujian

Seperti yang telah dibahas pada poin sebelumnya bahwa siswa menmui berbagai variasi soal saat mengikuti program belajar tambahan. Hal ini tidak hanya membuat siswa tersebut lebih terampil dalam mengerjakan soal. Namun juga membuat siswa mudah beradaptasi dengan variasi soal saat ujian.  Siswa akan lebih siap dalam mengikuti ujian di sekolah.

Siswa berpeluang memperoleh nilai yang tinggi

Dengan keterampilan siswa dalam mengerjakan berbagai soal, tak menutup kemungkinan siswa berpeluang besar memperoleh nilai yang tinggi di sekolah. Nilai tinggi ini pastinya tidak hanya memberikan rasa puas bagi siswa, tapi juga untuk orang tua. Nilai tinggi tersebut akan tercatat pada rapot siswa.

Siswa berpeluang besar berhasil lulus pada ujian sekolah

Berpeluang besar untuk lulus pada ujian sekolah merupakan manfaat belajar tambahan bagi siswa yang terakhir. Salah satu momok bagi siswa adalah tidak lulus saat ujian sekolah. Ketakutan tersebut dapat diatasi dengan mempersiapkan siswa sebaik mungkin ketika menjelang ujian. Salah satunya dengan cara mengikuti program belajar tambahan.

Tips untuk siswa mengikuti belajar tambahan di sekolah

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa belajar tambahan dilaksanakan di luar jam sekolah. Tentu saja siswa harus membagi waktu dengan waktu luang mereka. Namun mengikuti program belajar tambahan tidak selamanya melelahkan. Berikut ini adalah tips untuk siswa mengikuti belajar tambahan di sekolah.

Menjaga kondisi fisik

Tips pertama untuk siswa yang mengikuti program belajar tambahan di sekolah yaitu menjaga kondisi fisik. Siswa sebaiknya menjaga kondisi fisik agar tetap fit ketika mengikuti belajar tambahan di sekolah di sore hari. Jika kondisi fisik siswa tidak sehat, maka akan sulit menerima pelajaran.

Baca juga:   RESMI DIBUKA! Simak Syarat Pendaftaran dan Seleksi PPG Prajabatan Tahun 2022 Gelombang II

Cara agar kondisi fisik siswa tetap fit yakni dengan makanan yang bernutrisi, memberi asupan vitamin jika diperlukan, dan menjaga pola tidur. Diusahakan siswa tidak begadang agar waktu istirahat mencukupi. Kurang istirahat justru membuat siswa mudah lelah.

Usahakan sarapan pagi

Tips berikutnya yaitu usahakan untuk sarapan pagi sebelum siswa berangkat ke sekolah. Beberapa siswa lebih memilih menjadikan makan siang sekaligus sarapan. Padahal, hal ini kurang baik untuk siswa. Melewatkan sarapan pagi akan membuat siswa tidak fokus ketika mengikuti pelajran di kelas.

Sarapan dapat membantu menjaga kondisi fisik siswa agar tetap prima. Tidak hanya menjaga kondisi fisik, melainkan juga menjaga kesehatan pencernaan. Beberapa siswa mempunyai riwayat maag, hingga siswa tersebut tidak boleh sampai telat makan.

Membawa bekal makan siang

Membawa bekal makan siang tidak hanya menghemat pengeluaran siswa. Membawa bekal juga makan siang juga memberi tenaga agar siswa dapat mengikuti program belajar tambahan sore dengan baik di sekolah. Pastinya siswa cukup lelah setelah mengikuti kegiatan belajar reguler di sekolah.

Biasanya akan ada waktu jeda sebelum belajar tambahan sore berlangsung. Siswa dapat menggunakan waktu jeda tersebut untuk melaksanakan ibadah, istirahat dan makan siang. Setelah istirahat dan makan bekal, pastinya siswa mampu mengikuti kegiatan belajar tambahan dengan baik.

Manfaatkan waktu belajar tambahan dengan sebaik-baiknya

Tips terakhir untuk siswa yang mengikuti program belajar tambahan di sekolah yakni manfaatkan waktu belajar tambahan tersebut dengan sebaik mungkin. Ketika kegiatan belajar tambahan berlangsung, pastikan siswa menyimak materi yang diberikan, bukan malah sibuk dengan kegiatan lain. Waktu yang digunakan untuk belajar tambahan tentu sangat berharga karena menguragi waktu istirahat dan bermain siswa.

Nah, demikianlah manfaat belajar tambahan bagi siswa dilengkapi dengan tips yang bisa Anda terapkan. Walaupun telah dibantu dengan program belajar tambahan, siswa tetap harus belajar secara mandiri dan memiliki motivasi yang kuat agar cita-citanya tercapai.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(RAW)

Share :

Baca Juga

Admin Sekolah

5 Prinsip Penting Administrasi Kurikulum

Guru Honorer

Kenali bentuk publikasi ilmiah dan angka kreditnya

Kenaikan Pangkat

Peran dan Pembelajaran Digitalisasi Sekolah untuk Pendidikan Siswa
Kiat-kiat menjadi siswa berprestasi

Kenaikan Pangkat

Siap-Siap! Ini Bocoran Jadwal Pelaksanaan PPPK Tahun 2022
motivasi belajar

Kenaikan Pangkat

Guru Perlu Lakukan ini! Siswa akan Semangat dalam Pembelajaran

Kenaikan Pangkat

Penyusunan SKP Guru PNS

Kenaikan Pangkat

Tantangan Milenial

Kenaikan Pangkat

Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kehidupan
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.