Home / Kenaikan Pangkat

Rabu, 28 September 2022 - 10:35 WIB

BERPENDIDIKAN

PENDIDIKAN

berpendidikan

Pendidikan adalah gerbang menuju kehidupan yang lebih baik dengan memperjuangkan hal-hal terkecil hingga hal-hal terbesar yang normalnya akan dilewati oleh setiap manusia.Pendidikan adalah bekal untuk mengejar semua yang ditargetkan oleh seseorang dalamkehidupannya sehingga tanpa pendidikan, maka logikanya semua yang diimpikannya akanmenjadi sangat sulit untuk dapat diwujudkan.Faktanya, memang tidak semua orang yang berpendidikan sukses dalam perjalanan hidupnya,tetapi jika dilakukan perbandingan maka orang yang berpendidikan tetap jauh lebih banyakyang bisa mengecap kesuksesan daripada orang yang tidak pernah mengecap pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal. Pendidikan adalah alat untuk mengembangkandiri, mental, pola pikir dan juga kualitas diri seseorang.Jika orang yang sudah dibekali ilmu saja terbukti masih ada atau bahkan banyak yangmengalami kegagalan, lalu bagaimana dengan mereka yang tidak dibekali ilmu sama sekali?
Logikanya sudah pasti mereka akan lebih kesulitan dalam mengembangkan hal-hal yangdiminatinya dengan tujuan untuk mendapatkan level kehidupan yang lebih baik. Proses hidupmembutuhkan teori, dan dengan pendidikan lah teori tersebut bisa didapatkan.Jangan meyakini opini sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab. Apa pun alasannya,setiap orang tetap membutuhkan pendidikan. Meskipun pendidikan tidak menjaminkesuksesan seseorang, namun pendidikan akan membekali anda kualitas diri yang lebih baiksehingga anda akan lebih berpeluang untuk mendapatkan apa yang anda cita-citakan.Pendidikan merupakan alat terpenting untuk merealisasikan semua impian anda.Pendidikan adalah prioritas untuk menjuju kearah yang lebih baik, dan masa depan yanglebih layak buat Anda.

MASALAH PENDIDIKAN
Semakin tertinggalnya pendidikan bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa lain, harusnyamembuat kita lebih termotivasi untuk berbenah diri. Banyaknya
masalah pendidikan berpendidikan
 yangmuncul ke permukaan merupakan gambaran praktek pendidikan kita :
1. Kurikulum
Kurikulum kita yang dalam jangka waktu singkat selalu berubah-ubah tanpa ada hasil yangmaksimal dan masih tetap saja. Yang jelas, menteri pendidikan berusaha eksis dalammengujicobakan formula pendidikan baru dengan mengubah kurikulum. Perubahankurikulum yang terus-menerus, pada prateknya kita tidak tau apa maksudnya dan yang bedahanya bukunya. Contohnya guru, banyak guru honorer yang masih susah payah mencukupikebutuhannya sendiri. Kegagalan dalam kurikulum kita juga disebabkan oleh kurangnya pelatihan skill, kurangnya sosialisasi dan pembinaan terhadap kurikulum baru. Elemen dasarini lah yang menentukan keberhasilan pendidikan yang kita tempuh
2. Biaya
Banyak masyarakat yang memiliki persepsi pendidikan  itu mahal dan lebih parahnya banyak pula pejabat pendidikan yang ngomong, kalau pengen pendidikan yang berkualitaskonsekuensinya harus membayar mahal. Pendidikan sekarang ini seperti diperjual-belikan bagi kalangan kapitalis pendidikan dan pemerintah sendiri seolah membiarkan saja dan lepastangan. Apa mereka sudah mengenyam pendidikan?? Akhir-akhir ini pemerintah dalam sistem pendidikanyang baru akan membagi pendidikan menjadi dua jalur besar, yaitu jalurformal standar dan jalur formal mandiri. Pembagian jalur ini berdasarkan perbedaankemampuan akademik dan finansial siswa. Ironis sekali bila kebijakan ini benar-benar terjadi.
3. Tujuan pendidikan
Katanya pendidikan itu mencerdaskan, tapi kenyataannya pendidikan itu menyesatkan. Lihatsaja kualitas pendidikan kita hanya diukur dari ijazah yang kita dapat. Padahal sekarang ini banyak ijazah yang dijual dengan mudahnya dan banyak pula yang membelinya (baik darimasyarakat ataupun pejabat-pejabat).
4. Disahkannya RUU BHP menjadi Undang- Undang
DPR RI telah mensahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Badan Hukum Pendidikan (BHP) menjadi Undang-Undang. Namun, disahkannya UU BHP ini banyak menuai protesdari kalangan mahasiswa yang khawatir akan terjadinya komersialisasi dan liberalisasiterhadap dunia pendidikan. Segala aspirasi dan masukan, sudah disampaikan kepada PansusRUU BHP. UU BHP ini akan menjadi kerangka besar penataan organisasi pendidikan dalam jangka panjang.
Penulis : ansisko

Share :

Baca Juga

Admin Sekolah

5 Prinsip Penting Administrasi Kurikulum
Pendaftaran Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Segera Ditutup

Kenaikan Pangkat

Ingin Cepat Naik Pangkat Guru? Lakukan dan Pahami Hal Berikut Ini!
motivasi belajar

Kenaikan Pangkat

Guru Perlu Lakukan ini! Siswa akan Semangat dalam Pembelajaran

Kenaikan Pangkat

Indonesia Butuh 17 Juta Talenta Digital pada 2030

Guru Honorer

RUU Sisdiknas Terus Mengupayakan Kesejahteraan Pendidik di Indonesia

Kenaikan Pangkat

Angka Kredit Guru PNS Berdasarkan Golongan Dan Unsurnya

Guru Honorer

RUU Sisdiknas Berdampak Positif Bagi Guru? Simak Penjelasan Mas Menteri
Penjelasan ANBK 2022, Tujuan, sampai Tanggal Pelaksanaannya: Siswa kelas 5 MI Miftahul Huda sedang berlatih soal-soal ANBK, Rabu (17/11/2021). [Ninda Novita Arieani/dok.pribadi]

Kenaikan Pangkat

Pembelajaran Tatap Muka Sudah Dimulai atau Masih Wacana
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.