Home / Kenaikan Pangkat

Minggu, 21 Agustus 2022 - 09:46 WIB

Kiat Mengajar Guru Profesional, Efektif, dan Menyenangkan

Menjadi seorang guru tidak hanya sekedar menjelaskan materi di kelas. Guru juga harus bisa menjadi pribadi yang menyenangkan untuk siswa. Guru harus bisa membuat siswa di kelas merasa nyaman saat proses mengajar di kelas.

Seorang guru pastilah memiliki kendali penuh ketika berada di dalam kelas. Proses pembelajaran akan menjadi efektif jika murid dan guru nyaman berada di kelas. Jika murid menyenangi cara mengajar guru, guru tersebut telah berhasil menerapkan metode mengajar yang baik.

Tapi bagaimana dengan guru yang masih baru?  Tentu cara mengaajr berbeda dengan gueu senior yang sudah paham betul cara mengendalikan suasana kelas. Lantas bagainmana cara mengajar seorang guru profesional? Tidak hanya profesional, tapi juga efektif dan menyenangkan.

Kiat Mengajar Guru Profesional

Untuk guru yang masih awam, jangan khawatir. Anda bisa belajar untuk menjadi guru yang profesional dalam mengajar. Dengan metode mengajar yang tepat, pembelajaran akan menjadi lebih efektif. Berikut kiat menagajr guru profesional yang bisa Anda coba.

Jangan berdiri seperti patung

Guru diharapkan tidak hanya berdiri seperti patung di depan kelas. Guru juga harus aktif bergerak memeriksa murid-muridnya. Guru profesional pasti memperhatikan muridnya baik yang duduk di depan maupun yang duduk di belakang.

Guru dapat mencoba metode mengajar mobile teaching. Caranya adalah guru mengajar secara lebih dekat dengan murid dengan cara berkeliling untuk mengetahui situasi. Jika Anda memberikan pelajaran hitungan, coblah mendekati murid di setiap baris bangku. Perhatikan perkembangan mereka ketika sedang mengerjakan soal hitungan tersebut.

Teknik mengajar mobile teaching ini membuat guru lebih dekat dengan murid. Anda bisa langsung tahu jika ada murid yang sedang bingung atau melamun. Anda juga dengan mudah membaca karakter murid dari dekat jika sering berkeliling saat mengajar.

Buat mereka merespon perhatian

Guru profesional pasti tahu bagaimana cara membuat murid memperhatikan pelajarannya. Salah satu cara untuk mendapatkan respon dari murid yakni dengan melakukan diskusi bersama. Lakukan tanya jawab secara aktif dengan murid.

Mungkin beberapa murid ada yang sulit dalam melakukan komunikasi. Hal tersebut bukanlah masalah besar. Anda tetap bisa memancing murid agar melakukan interaksi. Hargai pendapat yang mereka utarakan, jawab pertanyaan dari murid sebaik mungkin. Kondisi kelas yang aktif ini akan membuat proses mengajar menjadi lebih asyik.

Lakukan variasi

Guru profesional memiliki banyak varasi metode mengajar. Dengan metode mengajar yang divariasikan, murid tidak akan mudah bosan. Akan selalu ada hal baru yang mereka temukan ketika Anda mengajar. Hal ini akan membuat mereka lebih teratrik dan memperhatikan.

Baca juga:   Kuasai 8 Ketrampilan Dasar Mengajar Untuk Jadi Guru Profesional, Ini Caranya!

Bisa saja hari ini Anda membuat permainan berkelompok. Pada minggu berikutnya, Anda memberikan tugas individu. Minggu berikutnya Anda mengadakan quiz. Perbanyak variasi mengajar agar murid tidak bosan dengan cara mengajar yang monoton. Tentu Anda sebagai guru profesional harus kreatif dalam memilih metode mengajar.

Berikan perhatian

Guru profesional tidak hanya memberikan materi pada muridnya, tapi juga perhatian. Anda dapat memperhatikan murid mana yang sekiranya sering aktif di kelas, pendiam, suka membolos, bandel, dan berbagai karakteristik murid lainnya. Jika Anda tidak memperhatikan murid, maka akan sulit mendekatkan diri.

Dengan memperhatikan murid, guru dapat dengan mudah mengetahui minat dan bakatnya. Dari sinilah Anda selaku guru berperan besar dalam mengembangkan minat dan bakat murid. Mengetahui minat dan bakat murid juga penting untuk guru tentunya.

Maksimalkan teknologi

Dalam mengajar, guru profesional juga memaksimalkan penggunaan teknologi. Metode mengajar sudah banyak yang menggunakan bantuan teknologi. Anda bisa memanfaatkan fasilitas berupa komputer, laptop, tablet, dan lainnya untuk mengajar.

Anda dapat mengubah materi yang hanya ditampilkan di buku menjadi ke bentuk lain. Misalnya seperti bentuk audio, vidio, gambar, dan bentuk menarik lainnya. Tentu kreatifitas sangat diperlukan di sini.

Interaktif

Metode mengajar yang baik adalah metode mengajar yang interaktif dengan para murid. Walaupun guru menguasai materi bahkan sampai di luar kepala, perkembangan daya pikir juga harus dipertimbangkan. Pastinya murid memiliki rasa ingin tahu terhadap isu yang sedang dibahas.

Di sinilah peran Anda sebagai guru profesional memfasilitasi para murid. Biarkan murid bertanya untuk memuaskan rasa penasaran mereka. Walaupun tak jarang pertanyaan mereka terkadang nyeleneh dan membuang bingung. Tak jarang pula ada pertanyaan yang bahkan tidak bisa dijawab guru. Anda dapat mencari tahu lebih jika kesulitan menajwab pertanyaan dari murid.

Sesekali belajar di luar kelas

Kegiatan belajar tidak melulu berada di dalam kelas. Sesekali, ajaklah murid untuk belajar di putdoor. Pengalaman belaajr di luar kelas ini akan memberikan kesan yang berbeda untuk murid. Selain itu, cara belajar di luar kelas membuat murid lebih rileks.

Baca juga:   Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Kenaikan Pangkat Guru PNS

Mungkin murid merasakan bosan jika kegiatan belajar hanya dilakukan di dalam kelas. Tidak ada salahnya mengajak murid belajar di alam terbuka. Misalnya di taman, gazebo sekolah, atau laboratorium jika sedang ada kegiatan praktikum.

Siapkan materi dengan animasi

Guru profesional tahu cara menyiapkan materi yang meanrik untuk para muridnya. Salah satu caranya yakni dengan menggunakan animasi. Tampilan animasi yang unik, lucu, pastinya membuat murid tidak bosan dengan materi yang disampaikan. Bahkan, materi dengan animasi cenderung lebih mudah dipahami oleh siswa.

Materi yang diselingi dengan animasi juga dapat menghibur. Suasana di kelas akhirnya tidak terlalu tegang. Keadaan ini akan memperlancar kegiatan mengajar di kelas nantinya. Bagaimana? Anda tertarik mencoba metode mengajar yang satu ini?

Lebih sabar dan berikan reward

Guru juga harus bisa lebih sabar dalam mengajar. Walaupun terkadang terdapat masalah atau kendala dalam mengajar, guru tetap harus bisa mengatur emosi. Salah satu kendalanya adalah menghadapi murid yang bandel. Anda sebagai guru profesional harus bisa mengatur emosi dan  tetap sabar.

Jika ada murid yang berprestasi atau murid yang selalu aktif, tidak ada salahnya memberikan hadiah atau reward. Tidak perlu reward yang terlalu besar. Cukup camilan kecil saja, pastinya murid akan kegirangan. Reward ini merupakan bentuk apresiasi guru terhadap muridnya.

Berperilaku bijak sana

Sebagai guru profesional, Anda juga harus bisa berperilaku bijak sana. Menyelesaikan suatu permasalahan dengan kepala dingin. Membuat keputusan yang bijak saat proses mengajar. Nantinya, perilaku bijaksana guru akan dicontoh oleh murid.

Guru juga pastinya menyadari bahwa kepandaian murid berbeda-beda. Guru diharapkan bijaksana dalam mengajar. Misalnya tidak terlalu keras terhadap murid yang memang daya tangkapnya rendah. Sabar dalam menjawab pertanyaan murid yang pastinya bervariasi. Memang terlihat mudah, namun sebenarnya berperilaku bijak memiliki tantangan tersndiri.

Nah, demikianlah kiat mengajar guru profesional yang bisa Anda coba. Diharapkan guru dapat menemukan metode mengajar yang tepat dan nyaman baik untuk murid maupun pengajar. Metode mengajar yang tepat akan membuat kegiatan belajar di kelas menjadi lebih efektif.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(RAW)

Share :

Baca Juga

Kenaikan Pangkat

Mengenal Platform SIPLah dan Cara Mengoperasikannya

Kenaikan Pangkat

WordPress, Website Pembelajaran yang Tepat Pada Kurikulum Merdeka

Kenaikan Pangkat

Istimewa! Ada 8 Kategori Guru Honorer Langsung Lulus Tanpa Mengikuti Tes Seleksi PPPK 2022

Admin Sekolah

Berkas yang dipersiapkan sebelum menyusun DUPAK Guru

Admin Sekolah

Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Melalui TQM

Guru Honorer

Strategi mudah dalam menulis buku kenaikan pangkat guru

Guru Honorer

Kenali bentuk publikasi ilmiah dan angka kreditnya
kiat-kiat sukses

Kenaikan Pangkat

Rekomendasi Media Pembelajaran yang Menarik
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.