Home / Kenaikan Pangkat

Minggu, 10 April 2022 - 13:06 WIB

Beasiswa Guru PAUD dan SD 2022 Masih Buka, Ini Jadwalnya

Ilustrasi membuat promes

Ilustrasi membuat promes

Beasiswa guru PAUD dan SD masih dibuka oleh Dirjen GTK bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) hingga Sabtu, 30 April  mendatang. Beasiswa guru PAUD dan SD ini telah dibuka sejak 21 Maret kemarin. Beasiswa ini memberikan kesempatan bagi guru PAUD dan SD untuk belajar dari pakar Monash University Australia.

Beasiswa Microcredential Non Gelar Numeracy Professional Learning Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi numerasi pendidikan anak usia dini (PAUD) dan sekolah dasar (SD).

Berdasarkan informasi dari akun instagram guru.dikdas.kemendikbud, persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi dalam program ini terbagai menjadi dua. Yaitu persyaratan umum dan khusus.

Persyaratan umum yang perlu dipenuhi guru yaitu merupakan WNI, tidak sedang atau akan menerima beasiswa gelar atau non gelar yang didanai APBN/APBD/LPDP, mempunyai Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), sudah mengajar paling sedikit 2 tahun berturut-turut di PAUD dan SD, lulusan S1 atau D4.

Selain itu guru yang mendaftar juga harus memiliki kemampuan TIK, memiliki jaringan internet yang baik, serta melampirkan surat rekomendasi dari atasan.

Baca juga:   Pendidikan Agama Islam, istidraja

Sedangkan untuk persyaratan khusus yang harus dipenuhi guru untuk mendaftar Beasiswa Non Gelar Numeracy Professional Learning Program adalah sebagai berikut.

  1. Guru memiliki usia tidak lebih dari 50 tahun per tanggal 31 desember 2022
  2. Guru memiliki Indek Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 dari skala 4.00
  3. Guru memiliki dokumen sertifikat kemampuan berbahasa Inggris dan masih berlaku yang diterbitkan oleh ETS, PTE Academic, atau IELTS. Skor minimal yang harus didapat TOEFL ITP® 500/iBT TOEFL® 60/IELTS 6.0/PTE Academic 50. Sertifikat TOEFL ITP harus berasal dari lembaga penyelenggara resmi TOEFL ITP Indonesia.
  4. Guru wajib menyertakan surat izin mendaftar beasiswa, mengikuti pelatihan dan pendidikan dari Dinas Pendidikan (bagi guru PNS) dan ketua yayasan (bagi guru pegawai tetap yayasan).
  5. Guru menyertakan Surat Keterangan (SK) penetapan sebagai PNS atau Surat Keterangan (SK) pegawai tetap yayasan.
  6. Guru menandatangani surat pernyataan kesanggupan melaksanakan studi tersebut.
  7. Informasi dan format surat yang disyaratkan dapat diunduh oleh guru di http://ringkas.kemendikbud.go.id/suratdanlampiran.

 

Apabila guru telah memenuhi syarat umum dan khusus di atas, maka guru dapat melakukan pendaftaran melalui laman http://ringkas.kemedikbud.go.id/beasiswanumerasi.

Baca juga:   Lakukan ini untuk Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa

Untuk jadwal pelaksanaan Beasiswa Microcredential Non Gelar Numeracy Professional Learning Program akan dilaksanakan pada bulan pada Juni 2022 secara daring.

Kegiatan akan terbagi menjadi dua tahap yaitu pembekalan dan pelatihan. Dimulai dengan pembekalan satu hari berupa pengenalan dasar numerasi, Perdirjen Kerangka Kompetensi Numerasi, AKM Numerasi, Penelitian Tindakan Kelas.

Kemudian dilanjutkan tahap dua dengan pelatihan numerasi selama lima hari dengan pakar Numeracy Professional Learning Program dari Monash University, Australia.

Demikian informasi mengenai beasiswa guru PAUD dan SD yang dapat diikuti. Guru akan dapat merasakan pengalaman berharga belajar dengan pakar dari universitas terkemuka apabila mendaftar program ini.

Guru juga tidak perlu mengeluarkan biaya, namun hanya cukup meluangkan waktu dan menyiapkan perangkat yang diperlukan dalam rangka mengikuti program secara daring.

 

Anda ingin meningkatkan kompetensi dalam mengajar? Mari bergabung menjadi member e-guru.id. Dapatkan akses berbagai pelatihan guru setiap minggunya. Klik LINK INI untuk mendaftar.

Penulis: Agriantika Fallent

 

 

Share :

Baca Juga

Kenaikan Pangkat

68 Daerah ini Telah Cair Tunjangan Sertifikasi Guru (TPG) Triwulan 1 Tahun 2022, Cek Daerahmu

Kenaikan Pangkat

Beasiswa Microcredential untuk Guru PAUD dan SD Diperpanjang

Kenaikan Pangkat

Digitalisasi untuk Atasi Hambatan Pendidikan
peran apresiasi guru terhadap antusias belajar

Kenaikan Pangkat

Siklus Kinerja Guru Berbasis Sasaran Kerja

Kenaikan Pangkat

Resmi! Tak Ada CPNS, Pemerintah Tetapkan 530.028 Kebutuhan PPPK 2022
ilustrasi para peserta seleksi cpns

Kenaikan Pangkat

CPNS 2022 Resmi Ditiadakan! BKN Fokus Pada Pengangkatan Tenaga Honorer dan Guru Jelang Penghapusan
jenis metode pembelajaran untuk anak SD

Kenaikan Pangkat

Penjelasan Jabatan Fungsional Guru dan Syarat Naiknya

Kenaikan Pangkat

Fitur Tersembunyi Microsoft Word Memudahkan Administrasi Guru