Home / Kenaikan Pangkat

Kamis, 25 Agustus 2022 - 12:46 WIB

Strategi Guru dalam Mengajar yang Tersusun Rapi dan Menyenangkan Bagi Murid

Strategi GuruStrategi guru dalam mengajar itu perlu dipersiapkan dan diperhatikan. Mengajar bukanlah hal yang mudah dan bisa dilakukan begitu saja. Ketika anda sudah memiliki ilmunya untuk dibagikan pun maka akan kurang maksimal ketika strateginya kurang dipersiapkan dengan baik.

Strategi guru ini harus disesuaikan juga dengan kondisi kelas dan muridnya. Setiap jenjang dan kelas yang anda ajar itu tentu saja caranya akan berbeda. Misalnya seperti mengajar di kelas 5 SD dengan kelas 1 SMP itu caranya sudah pasti berbeda. Di bawah ini sudah ada beberapa Strategi guru yang bisa anda kuasai untuk mengajar agar menjadi lebih siap dan menyenangkan untuk murid.

Strategi Guru itu Dimulai dari Niat yang Tulus

Niat yang tulus adalah dasar dari segala yang dilakukan oleh guru. Pada dasarnya guru itu bukanlah profesi atau pekerjaan layaknya karyawan kantoran. Tetapi lebih kepada pengabdian untuk mencetak anak bangsa. Maka dari itu sebelum menerima strategi lainnya, anda harus meluruskan terlebih dahulu niatnya.

Baca juga:   RUU Sisdiknas Terus Mengupayakan Kesejahteraan Pendidik di Indonesia

Niat yang sudah lurus dan baik itu tentu saja akan mendorong pada kebaikan. Jadi hal ini bisa anda ingat-ingat agar ketika mengajar itu penuh dengan keikhlasan. Ketika anda sudah memiliki keikhlasan maka segala sesuatu yang disampaikan itu akan berbuah baik dan diterima baik oleh murid.

Kerangka Mengajar

Kerangka mengajar yang saat ini digunakan adalah student centered. Hal ini berarti bahwa sebuah pengajaran dikelas itu harus melibatkan murid dalam prosesnya. Jadi kerangka mengajar satu arah dari guru seperti ceramah atau Teacher Centered itu sudah banyak ditinggalkan.

Tetapi untuk beberapa kondisi dan jenjang tertentu memang masih ada yang menggunakan pembelajaran satu arah tersebut. Namun, alangkah baiknya jika semuanya mulai beralih pada pembelajaran yang selalu melibatkan murid. Sehingga dalam kelas itu murid tidak hanya berperan sebagai objek saja, tetapi bisa juga sebagai subjek atau pelaku.

Baca juga:   Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Pembelajaran yang Disertai Humor

Pemeblajaran yang terlalu serius itu akan menimbulkan kebosanan bagi muridnya. Pada akhirnya ilmu yang diberikan mungkin tidak akan tersampaikan secara maksimal. Maka dari itu mulai sekarang guru harus memiliki rasa humor yang bisa diterapkan ketika mengajar di kelas.

Tetapi, humor yang digunakan oleh guru itu bukanlah seperti pelawak yang ada di TV. Namun, humor ini sebagai selingan saja agar pembelajaran tidak membosankan dan monoton. Menghadirkan humor juga bisa mendekatkan anda sebagai guru dengan murid sehingga selanjutnya akan lebih mudah dalam mengajar karena adanya kedekatan.

Demikian beberapa strategi guru yang bisa diterapkan dalam kelas agar pembelajaran bisa jauh lebih menyenangkan. Strategi yang disertakan di atas itu memang hanya sekian dari banyaknya aspek penting dalam mengajar, tetapi semoga dengan adanya ini bisa menjadi manfaat.

Share :

Baca Juga

Kenaikan Pangkat

Ini Bentuk Afirmasi Dan Cara Menghitung Afirmasi Bagi Peserta PPPK Tahun 2022

Kenaikan Pangkat

Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak TK

Kenaikan Pangkat

Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Kenaikan Pangkat

Asesmen Nasional: Mengukur Karakter Peserta Didik

Kenaikan Pangkat

Penerapan Nilai-Nilai Karakter PKN

Kenaikan Pangkat

Bingung Mau Ice breaking Apa? Yuk, Simak Beberapa Contoh Ice breaking yang Bisa Dilakukan oleh Guru

Karya Inovatif

Karya Inovatif untuk Kenaikan Pangkat Guru
peran apresiasi guru terhadap antusias belajar

Kenaikan Pangkat

Peran Apresiasi Guru Terhadap Antusias Belajar Peserta Didik