Home / News

Jumat, 29 Juli 2022 - 14:33 WIB

Cara Membuat Kartu ASN Virtual, Guru PNS dan PPPK Wajib Bisa

Cara Membuat Kartu ASN Virtual – Baik guru PNS dan PPPK kini wajib memiliki Kartu ASN Virtual. Untuk membuat kartu tersebut dapat dilakukan melalui platform MySAPK secara online. Sehingga pembuatan kartu virtual tersebut dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Fungsi dari Kartu ASN Virtual sendiri adalah untuk menggantikan kartu fisik. Selain itu, kehadiran kartu tersebut juga untuk memudahkan pelayanan data para anggota ASN.

Dulu, ketika ASN harus membuat kartu kepegawaian harus mengusulkan terlebih dahulu kepada instansi tempat bertugas. Namun kini, ketika kartu pengenal untuk pegawai negara tersebut rusak atau hilang, anggota ASN dapat mengurusnya sendiri.

Nah, sekarang bagaimana cara membuat kartu ASN virtual tersebut?

Langkah Pertama

Kunjungi halaman https://mysapk.bkn.go.id. Setelah itu, silakan masuk menggunakan NIP atau NIPPPK. Selain itu, Anda akan diminta untuk memasukkan password yang Anda gunakan di platform MySAPK.

Untuk masuk ke platform tersebut juga bisa dilakukan dengan cara melakukan pemindaian (scan) QR Code menggunakan ponsel pintar.

Baca juga:   Ribuan PNS Siap Pindah Ke IKN, Ini Kriteria, Gaji, Sampai Sederet Tunjangan yang Diterima

Nah, ketika sudah masuk, Anda langsung bisa melakukan pembuatan Kartu ASN Virtual.

Langkah Kedua

Di dalam platform MySAPK terdapat sejumlah menu yang dapat dipilih. Untuk membuat Kartu ASN Virtual, yang perlu Anda kunjungi adalah menu “Layanan Lainnya”

Di sana akan terlihat sub menu “Kartu ASN Virtual”. Pilih sub menu tersebut sehingga akan muncul halaman untuk membuat Kartu ASN Virtual.

Di halaman tersebut, Anda akan melihat “Update Foto” di bagian atas pada halaman tersebut. Ubah foto dan pilih foto yang ingin Anda gunakan dalam Kartu ASN Virtual Anda.

Di dalam pemilihan foto yang akan digunakan terdapat ketentuan yang harus diikuti. Ikuti panduan yang ada agar foto yang Anda gunakan dapat diterima dan dapat ditampilkan dengan baik.

Sebelum mencetak kartu yang sudah Anda buat, Anda bisa melihat hasilnya terlebih dahulu. Kemudian Anda dapat memilih model potrait (berdiri) atau landscape (miring).

Baca juga:   5 Tips Lulus Guru Penggerak yang Perlu Diketahui

Langkah Ketiga

Setelah proses membuat Kartu ASN Virtual selesai, Anda dapat mendownload kartu tersebut dan mencetaknya. Caranya sangat mudah, klik pada link download yang muncul di halaman tersebut.

Jangan lupa untuk mengunduh halaman depan kartu dan halaman belakang kartu. Selain menyimpannya, Anda juga bisa langsung mencetak kartu tersebut.

Nah, itulah cara membuat Kartu ASN Virutal melalui  MySAPK, sebeuah platform resmi yang diluncurkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Dengan kehadiran platform tersebut, tentu akan menjadikan membuat kartu ASN lebih mudah.

Beberapa syarat bagi ASN yang ingin membuat kartu virtual tersebut di antaranya adalah; bagi PNS sudah dinyatakan memiliki TMT dan bagi PPPK telah dinyatakan memiliki Tanggal Awal Kontrak.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

News

Gagal Masuk Prolegnas, MPR: RUU Sisdiknas Harus Lebih Menyeluruh

News

Semua Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Bersiap Pada Kamis, 21 Maret 2024

News

Update Terbaru! Daerah Yang Sudah Terima Pencairan Tunjangan Sertifikasi Triwulan I

Guru Honorer

Jangan Khawatir, Mendikbudristek Pastikan Tunjangan Profesi Guru Bagi Semua Guru
ilustrasi seleksi PPPK

News

7 Tips Lolos Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja

News

Resmi Rilis Program Baru yang Dinantikan Guru Selama Ini, Menteri Pendidikan Beri Kado Mewah Jelang Idul Fitri

News

Alasan Mengapa Menjadi Guru Itu Berat?

News

Pembayaran TPG Triwulan 1 Dipercepat, Guru Sertifikasi Bakal Terima Dana Lebih Cepat!