Home / News

Sabtu, 6 Agustus 2022 - 18:43 WIB

Simak Penjelasan ANBK 2022, Tujuan, sampai Tanggal Pelaksanaannya

Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK 2022 ialah program pemerintah mengenai penilaian mutu sekolah, madrasah dan program kesetaraan di jenjang dasar dan menengah.

Kemudian, melansir dari https://anbk.kemdikbud.go.id, Jumat (5/8/2022) Asesmen Nasional merupakan program evaluasi oleh Kemdikbud guna meningkatkan mutu pendidikan dengan melihat input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Pemerintah secara resmi menjadikan ANBK sebagai program pengganti dari Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Pada pelaksanaan ANBK proses penilaian sangat diperhatikan dan tidak sembarangan, yakni meliputi aspek kognitif, non-kognitif, sampai kualitas pembelajaran satua pendidikan. Sedangkan UNBK hanya fokus pada aspek kognitif siswa.

Ada 3 instrumen yang dinilai dalam Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), pada tahap ini akan mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) peserta didik.
  2. Survei Karakter, mengukur dari sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter peserta didik.
  3. Survey Lingkungan Belajar, pada bagian ini akan mengukur seberapa baik kualitas belajar dari aspek input, proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Peserta yang berhak untuk mengikuti ANBK ialah para siswa yang berada pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah.

Pelaksanaan ANBK 2022 bisa dilakukan secara online dan semi online. Pelaksanaan secara online dilakukan apabila akses internet yang tersedia bisa stabil, serta wajib memiliki komputer proctor untuk membuka token. Sedangkan pelaksanaan semi-online dilakukan apabila komputer tidak memiliki internet secara langsung, namun terhubung pada komputer proctor yg memiliki akses internet

Baca juga:   Program Guru Penggerak Angkatan 7: Tujuan dan Mekanisme Pendaftarannya

Agar penilaian bisa berjalan dengan lancar pada kegiatan ANBK, maka instrumen penilaian ANBK harus dipahami dengan cermat. Mengutip dari laman resmi ANBK Kemdikbud https://anbk.kemdikbud.go.id/ , Jumat (2/8/2022), berikut penjelasannya:

1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Salah satu intrumen yang akan dilaksanakan oleh peserta didik yaitu AKM, tujuan utamanya adalah untuk mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif (pengetahuan)

Literasi membaca diartikan sebagai kemampuan anak untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis agar kapasitas individu akan berkembang sebagai warga negara yang gemar membaca dan dapat berkontribusi secara produktif di dalam masyarakat.

Sedangkan, literasi matematika atau numerasi meripakan kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

2. Survei Karakter

Instrumen selanjutnya yaitu Survei Karakter, yang berfokus pada pengukuran sikap, kebiasaan, dan nilai-nilai (values) sebagai hasil belajar non-kognitif atau disebut juga penilaian afektif.

3. Survei Lingkungan Belajar

Terakhir, yakni Survei Lingkungan Belajar. Pelaksanaan survey untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah. Selain peserta didik, kepala satuan pendidikan akan mengikuti survei ini guna mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah dalam menunjang kegiatan pembelajaran.

Baca juga:   Penerapan Growth Mindset Yang Perlu Guru Ketahui Dalam Melaksanakan Asesmen

Bentuk-bentuk soal dalam ANBK berupa pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat, pilihan ganda kompleks, dan berupa uraian.

Tujuan ANBK

Asesmen Nasional bertujuan agar pendidikan memiliki mutu yang berkualitas berdasarkan informasi yang akurat di setiap sekolah. Informasi tersebut nantinya akan berguna untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar sehingga akan meningkatkan hasil belajar siswa.

Sedangkan tujuan utama dari Asesmen Nasional untuk mengembalikan tujuan utama satuan pendidikan, yakni mengembangkan karakter dan kompetensi dari peserta didik. Asesmen Nasional juga memberi potret tentang karakteristik satuan pendidikan yang efektif, dan digunakan dalam mencapai tujuan utama tersebut.

Selain itu, adanya Asesmen Nasional ini diharapkan mampu meningkatkan sumber daya dan kualitas pendidikan dalam satuan pendidikan.

Jadwal Pelaksanaan ANBK 2022

Pelaksanaan ANBK untuk jenjang SMK, MAK, MA, SMA, SMALB akan diselenggarakan pada tanggal 29 Agustus – 4 September 2022.

Selanjutnya untuk jenjang SMP sederajat, ANBK akan dilaksanakan pada tanggal 19-22 September 2022. Lalu, untuk peserta paket B akan melaksanakan ANBK pada tanggal 24-25 September 2022.

Terakhir, peserta ANBK 2022 untuk tingkat SD sederajat akan digelar pada tanggal 24-27 Oktober 2022.

(nna/rtq)

 

Share :

Baca Juga

Admin Sekolah

Kriteria dan Aspek dalam Penilaian Akreditasi Perguruan Tinggi
Pendaftaran Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Segera Ditutup

News

Daftarkan diri anda segera untuk menjadi guru penggerak angkatan 8

News

Cara Menjadi Guru Berkualitas

News

Kemendikbudristek Ciptakan Hasil Rapor Pendidikan Indonesia sebagai Upaya Perbaikan Mutu Pendidikan
model pembelajaran inkuiri

Guru Honorer

Calon Pengajar Wajib Tahu! 4 Kompetensi yang Harus Dimiliki Tenaga Pendidik
ilustrasi para peserta seleksi cpns

Kenaikan Pangkat

CPNS 2022 Resmi Ditiadakan! BKN Fokus Pada Pengangkatan Tenaga Honorer dan Guru Jelang Penghapusan

News

Penting Diketahui Guru! Inilah 5 Fungsi Rapor Pendidikan Hasil Asesmen Nasional

News

Tanda-Tanda Guru Terbaik yang Menyenangkan bagi Siswa, Anda yang Mana?
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.