Home / News

Jumat, 25 November 2022 - 23:58 WIB

Cara Menghindari Kesalahan Fatal Saat Mengajar bagi Guru Pemula

Guru adalah salah satu figur yang paling berpengaruh dalam melejitkan intelektualitas peserta didik. Hanya saja, dalam perjalanannya di dunia pendidikan, guru tak selalu berada dalam keadaan yang stabil dan mampu melakukan pembelajaran ideal. Apalagi bagi guru pemula.

Terkadang mereka juga mengalami beberapa hambatan. Tentu saja, hambatan tersebut akan mempengaruhi kinerja dalam pendidikan baik di bidang pengajaran maupun ranah administratif.

Hal ini pun juga merambah pada keterlambatan peserta didik dalam mencapai target belajar. Pun bisa juga menyebabkan kondisi kesehatan fisik dan mental guru menjadi terguncang.

Apa Saja Jenis Kesalahan Guru dalam Dunia Pendidikan?

Hambatan guru sendiri memang wajar terjadi. Sebab manusia memiliki pola pikir yang senantiasa berubah dan kehidupan pun akan mengalami hal yang demikian. Adapun beberapa

rangkuman hambatan peserta didik yang perlu diperhatikan dan cara untuk mengatasinya, khususnya bagi guru pemula yakni :

1.    Ketika Guru Tidak Menguasai Pembelajaran

Hambatan pertama yang perlu diperhatikan yakni terkait kondisi dimana seorang guru pemula sering mengalami kekhawatiran sebab tidak menguasai pembelajaran.

Baca juga:   Tentang MKKS yang Wajib Diketahui oleh Kepala Sekolah

Hal ini wajar, sebab terkadang apa yang sudah dipelajari guru untuk jenjang tertentu, kadang menuntut untuk membaca dan melakukan eksplorasi terhadap adanya materi baru.

Kemudian, ketidakmampuan guru dalam menguasai pembelajaran juga bisa disebabkan karena profil serta jam terbang guru yang masih di bawah standar.

Guru yang masih baru, walaupun capaian IPKnya bagus, terkadang juga belum mampu untuk menguasai pembelajaran sekaligus melakukan penguasaan pada kelasnya.

Selain itu, latar belakang seorang guru dan satuan pendidikan yang berbeda, akan menjadikan seorang guru tak mampu melakukan penguasaan pada pembelajaran.

Bagaimana solusinya?

Maka solusi pertama, anda harus berusaha untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan meluangkan waktu yang ekstra sebab jam terbang penguasaan materi belum terlalu tinggi.

Pastikan dan catat kebutuhan anda, terutama pada saat memulai pembelajaran. Sebisa mungkin anda memastikan bagaimana kondisi dan latar belakang kemampuan para peserta didik terhadap topik yang akan dibahas.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengadakan pre test atau uji terbatas dalam bentuk kuis singkat.

Di bagian administrasi, anda bisa melakukan diskusi dengan para senior agar tidak sampai bingung dalam penyusunannya. Dengan kombinasi kedua kegiatan diatas, maka bisa dipastikan anda akan semakin siap dengan pembelajaran yang anda sampaikan.

Baca juga:   Cara Meningkatkan Ranah Afektif Siswa

2.   Ketika Guru Bingung karena Peserta didik dari Berbagai Latar Belakang Berbeda

Hambatan lain yang bisa meresahkan para guru yakni peserta didik yang datang dari berbagai latar belakang yang berbeda.

Guru pada awalnya tak akan pernah mengetahui latar belakang, tingkat daya serap pada pembelajaran sebelum melakukan beberapa tes.

Maka dari itu, penting bagi guru untuk melakukannya sesegera mungkin agar bisa memahami peserta didiknya. Apalagi jika anda diamanahkan sebagai seorang wali kelas.

Nah demikian ulasan mengenai beberapa hambatan yang perlu diwaspadai oleh para guru pemula dan beberapa solusi untuk mengatasinya. Semoga ulasannya bermanfaat

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

News

Pentingnya Refleksi Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Kelas, Guru Wajib Tahu !

News

Penting Diketahui Guru! Inilah 5 Fungsi Rapor Pendidikan Hasil Asesmen Nasional
ilustrasi para peserta seleksi cpns

Kenaikan Pangkat

CPNS 2022 Resmi Ditiadakan! BKN Fokus Pada Pengangkatan Tenaga Honorer dan Guru Jelang Penghapusan

News

Rayakan Anniversary Ke-3, e-Guru.id Mengadakan Diklat Gratis 40JP!

News

Semua Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Bersiap Pada Kamis, 21 Maret 2024

News

Etika Bermedia Sosial bagi Seorang Guru yang Wajib Diperhatikan

Guru Honorer

Jangan Khawatir, Mendikbudristek Pastikan Tunjangan Profesi Guru Bagi Semua Guru

News

Jadwal Pasti Rapelan Gaji Guru Bulan Januari dan Februari