Home / News

Jumat, 16 Desember 2022 - 21:05 WIB

Cara Menjadi Guru Idaman di Era Pendidikan Digital

Agar bisa menjadi guru idaman di era pendidikan digital, terdapat beberapa hal yang dilakukan. Di antara beberapa hal yang patut dilakukan adalah memiliki cara mengajar yang membuat siswa merasa senang dan relevan dengan tren masa kini.

Pendidikan yang nyaman dan kondusif tentu merupakan harapan bagi semua siswa dan tenaga kependidikan. Bukan saja hanya dari lingkungan sekolah, namun juga dari partisipasi siswa mengikuti program yang diadakan sekolah.

Hanya saja, kadang kondisi yang ideal tersebut sulit untuk didapatkan sebab beberapa siswa kadang enggan untuk berpartisipasi. Bahkan ada sebagian kecil dari siswa merasa enggan dan terbebani dengan aktivitas di sekolah.

Faktor ketidaknyamanan tersebut sangatlah beragam. Salah satunya juga bisa karena siswa tidak nyaman dengan kehadiran guru. Jika dibiarkan, tentu saja akan menyebabkan siswa merasa terganggu dan terhambat dalam meningkatkan target belajar yang harus dicapai.

Maka dari itu, beberapa guru sudah mulai berinisiatif untuk menjadi guru idaman siswanya. Lantas bagaimana untuk menjadi guru idaman dan membuat siswa nyaman?

Kehadiran guru idaman di lingkungan sekolah tentu akan menjadikan seorang siswa merasa betah dan menganggap sekolah merupakan keluarga kedua.

Baca juga:   Cara Mendapatkan Beasiswa untuk Siswa Disabilitas (ADiK)

Sehingga hal ini akan memberikan dampak yang positif bagi capaian dan target pembelajaran masing – masing siswa.

Memiliki Karakter Khas

Salah satu hal yang perlu dilakukan agar menjadi guru idaman yakni dengan memiliki karakter khas. Karakter khas bukan saja hanya dari kelembutan. Menjadi seorang guru yang tegas dan lugas adalah salah satu karakter yang akan melekat dalam diri siswa.

Normalnya, setiap siswa tentu akan memiliki label khusus bagi para guru yang mengajarnya. Hal ini dikarenakan siswa tersebut sudah bertemu secara langsung dan berkomunikasi dengan gurunya.

Selain itu, menjadi guru yang ceria dan peduli terhadap siswanya juga sangat diperlukan. Karakteristik tersebut akan menambah ciri khas guru idaman.

Menggunakan Bahasa Penjelasan Santai dan Sederhana

Hal lainnya yakni dengan menggunakan bahasa santai dan sederhana. Penyampaian konten belajar yang berbelit – belit dan terlalu kompleks malah akan membuat siswa enggan untuk menjadikan anda sebagai guru idaman.

Baca juga:   Cara Menghindari Kesalahan Fatal Saat Mengajar bagi Guru Pemula

Selain itu, penggunaan suara juga perlu dipertimbangkan. Anda dapat menggunakan suara lantang maupun normal saja supaya siswa tidak melazimi volume keras saja.

Bersikap Adil

Hal lainnya yakni dengan menumbuhkan kepercayaan diri pada siswa bahwa anda selalu bersikap adil.

Keadilan yang berusaha anda tegakkan selama di kelas baik saat pembelajaran maupun di luar jam belajar akan memberikan efek positif yang berkelanjutan bagi siswa.

Adil bukan berarti anda harus memberikan perhatian yang sama. Namun harus menyesuaikan dengan karakter masing – masing siswa.

Adakalanya sebagian siswa tidak menyukai perhatian berlebih yang diberikan guru. Oleh karena itu, perhatian yang berlebih hanya dipastikan bagi siswa yang dapat melaziminya saja.

Nah demikianlah ulasan mengenai cara menjadi guru idaman di era pendidikan digital. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

News

Fenomena Learning Loss, Telah Terjadi Sebelum Pandemi

News

Semua wajib tau poin penting RUU Sisdiknas

News

Penting Diketahui Guru! Inilah 5 Fungsi Rapor Pendidikan Hasil Asesmen Nasional

News

Makna Logo PGRI dan Implementasinya

News

Pentingnya Pendidikan Seks pada Siswa Sekolah Dasar

News

Cara Cek Info GTK, Kenapa Tunjangan Profesi Guru Belum Bisa Cair

News

4 Fakta Menarik tentang Hari Guru Nasional
Pendaftaran Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Segera Ditutup

News

Cara Menjadi Guru yang Menguasi Komunikasi Efektif di Kelas