Home / Metode Pembelajaran

Rabu, 2 November 2022 - 02:35 WIB

Cara Melakukan Refleksi Pembelajaran yang Menarik

Selain mendidik, sebagai seorang guru anda pun perlu melakukan beberapa kegiatan untuk mengembalikan semangat dan motivasi peserta didik pada kegiatan belajar mengajar. Sebab terkadang biasanya, peserta didik sering merasa bosan dan malah tidak fokus belajar. Hal itu bisa dilakukan dengan cara refleksi pembelajaran.

Maka dari itu, terkadang kegiatan seperti refleksi pembelajaran dapat dilakukan pada beberapa waktu tertentu. Pelaksanaan strategi pembelajaran bisa dilakukan di awal dan di akhir semester sesuai dengan waktu yang disepakati guru dan peserta didik.

Ragam Refleksi Pembelajaran Menarik yang Bisa Diterapkan

Untuk bisa menerapkannya, anda bisa mewujudkannya dalam beberapa bentuk. Adapun beberapa strategi dalam menerapkan refleksi pembelajaran yakni sebagai berikut :

1.    Mengulas Materi Esensial

Strategi pertama yang bisa dilakukan yakni dengan melakukan pengulasan pada materi esensial. Pengulasan ini dapat dilakukan pada akhir pelajaran. Guru mapel bisa meyampaikan kepada peserta didik secara keseluruhan agar dapat melakukan pengulangan belajar di rumah.

Selanjutnya, pada saat di sekolah, kegiatan mengulas materi dapat dilakukan. Salah satu hal penting yang pelru ditekankan yakni pengulasan materi tidak akan membuat waktu peserta didik menjadi sia – sia.

Baca juga:   Cara dan Tips Mengontrol Siswa dalam Kelas agar Kondusif

Kendati materi memang diulang, namun hal tersebut dapat memberikan dampak positif karena peserta didik dapat mendalaminya.

Hanya saja, tidak semua guru memiliki waktu untuk bisa melakukan pengulasan materi sebagai bentuk dari kegiatan refleksi pembelajaran. Sebab biasanya waktu yang dimiliki tiap mapel per semesternya sangat pendek.

Bisa saja hanya 16 sampai 20an pertemuan saja. Maka dari itu, sebisa mungkin para peserta didik dapat mengetahui waktu dilaksanakannya refleksi pembelajaran.

2.   Melakukan Diskusi

Bentuk lain dari penerapan refleksi pembelajaran yakni dengan menyusun diskusi antar peserta didik. Diskusi tersebut dilakukan apabila para peserta didik memiliki karakter yang berani terutama dalam menyuarakan pendapat. Diskusi bisa dilakukan dalam beberapa kelompok. Misalnya satu kelompok terdiri dari tiga sampai empat orang.

Agar refleksi pembelajaran dapat berjalan dengan sempurna, maka diskusi dapat dilakukan secara interaktif. Bahasan dalam refleksi pembelajaran bisa beragam.

Baca juga:   Pentingnya Pembelajaran Social Emotional Learning (SEL) bagi Anak

Misalnya, membahas tentang bagaimana kegiatan belajar mengajar selama satu semester. Kemudian, bisa juga dengan bagaimana tingkat daya serap materi.

Selain refleksi yang berkaitan dengan pembelajaran, anda bisa mengarahkan peserta didik untuk saling merecall kembali kepribadian serta karakter yang sudah terbentuk selama pembelajarannya berlangsung.

Terbentuk karakter positif sangatlah penting selain peningkatan intelektualitas. Sebab karakter positif dapat menjadi peyeimbang kecerdasan yang dimiliki peserta didik.

Bayangkan saja, bila peserta didik hanya cerdas tapi tak berakhlaq, maka sama saja dapat menjadikan peradaban menjadi kacau. Maka dari itu, penting bagi para peserta didik untuk bisa mengaplikasikan beberapa karakter yang sedang diwujudkan oleh satuan pendidikan melalui banyaknya kegiatan.

Nah demikian ulasan mengenai strategi dalam penerapan refleksi pembelajaran bersama peserta didik. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

jenis metode pembelajaran untuk anak SD

Metode Pembelajaran

8 Jenis Metode Pembelajaran untuk Anak SD, Apa Saja?

Metode Pembelajaran

Mengenal dan Cara Menerapkan Metode Belajar Time-Out

Metode Pembelajaran

Guru Wajib Tahu 7 Metode Pembelajaran Menarik
model pembelajaran inkuiri

Metode Pembelajaran

Strategi Guru Membuat Kelas Nyaman dan Kondusif

Metode Pembelajaran

Model-Model Pembelajaran yang Efektif Meningkatkan Literasi Siswa

Kenaikan Pangkat

Memahami Pembelajaran HOTS

Kesiswaan

Ingin meningkatkan softskill guru? simak ulasan berikut ini
Guru Kreatif

Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran yang Efektif untuk Siswa