Home / Metode Pembelajaran

Senin, 4 Juli 2022 - 09:29 WIB

Cara Penerapan Model Pembelajaran Langsung

Model Pembelajaran Langsung atau biasa dikenal dengan direct instruction merupakan suatu konsep belajar yang cenderung untuk mengarahkan peserta didik agar dapat memahami konsep keseluruhan dari topik yang diajarkan.

Dengan rangkaian kegiatan tertentu, maka akan muncul dari dalam diri peserta didik berkenaan dengan trasnformasi sikap dalam menghadapi beragam masalah pada kehidupan.

Berdasar penuturan dari Arends yang berada di Trianto (2011:41), model belajar langsung merupakan sebuah pendekatan yang khusus dirancang agar dapat menunjang adanya proses belajar para peserta didik dan berdasar pada pengetahuan secara deklaratif serta aspek pengetahuan yang prosedural.

Pengetahuan tersebut akan bersifat struktural di mana pendidik dapat mengajarkannya dengan rangkaian kegiatan yang disusun secara bertahap dan struktural.

Pendidik dapat mengarahkan kegiatan terhadap peserta didik sekaligus ikut mempertahankan fokus pencapaian akademik dalam diri peserta didik.

Mekanisme Penerapan Pembelajaran Langsung

Pada penerapan model pembelajaran langsung, seorang pendidik dapat menjelaskan materi pada peserta didik dan sekaligus mengajarkan mereka untuk dapat melakukan kegiatan pengambilan keputusan.

Baca juga:   Mengenal Sekolah Luar Biasa dan Sekolah Inklusi

Selain itu, para pendidik juga harus membimbing peserta agar belajar dalam kelompok tertentu secara mandiri. Hal ini diselenggarakan untuk menunjang pembelajaran agar peserta didik dapat ikut meneladani yang disampaikan oleh guru.

Untuk menerapkannya, anda perlu mengenali beberapa ciri pada model pembelajaran langsung. Adapun di antaranya yakni :

Pertama, model tersebut harus bersifat rasional teoritis-logis yang tersusun dari para pengembangnya.

Kedua, model pembelajaran langsung akan berlandaskan pada aspek pemikiran berkaitan dengan apa maupun bagaimana seorang peserta didik melakukan kegiatan belajar mengajar. Dalam hal ini berkaitan dengan aspek tujuan pembelajaran setiap individu.

Ketiga, model tersebut memiliki keragaman kegiatan untuk bisa dilakukan seorang pendidik agar tingkah laku dalam hal mengajar yang dilakukan dapat membantu peserta didik mencapai targetnya.

Keempat, model tersebut memerlukan adanya lingkungan belajar yang memerlukan tujuan belajar dapat tercapai bersamaan.

Keuntungan dan Kerugian Penerapan Model Pembelajaran Langsung

Dalam setiap pelaksanaan sebuah konsep pembelajaran, tentu akan ada keuntungan dan kerugian dari penerapannya.

Baca juga:   Siswa mulai bosan belajar di kelas? Terapkan metode berikut ini

Ada beberapa keuntungan yang bisa pendidik dapatkan. Misalnya, pendidik dapat dengan mudah untuk mengambil alih kendali penjelasan materi berikut urutan informasi yang akan masuk dalam pemikiran peserta didik.

Sedangkan yang menjadi kerugian dari pembelajaran langsung yakni peserta didik akan memiliki kesempatan yang sempit dalam meningkatkan kemampuan serta keterampilan interpersonal mereka.

Keefektifan dalam pembelajaran merupakan salah satu fenomena yang diidamkan oleh pendidik. Dengan waktu yang efektif pendidik dapat membantu peserta didik untuk menyerap pembelajaran. Pun pendidik juga dapat menjadikan waktu pembelajaran menjadi efektif dengan hasil capaian pembelajaran dapat terpenuhi.

Demikian ulasan mengenai model pembelajaran langsung.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

 

Share :

Baca Juga

Admin Sekolah

Kenali Google Workspace for Education sebagai Wujud dari Digitaliasai Pendidikan Era Merdeka Belajar melalui Teknologi

Guru Honorer

Cara yang Bisa Dilakukan Guru untuk Memahami Gaya Belajar Siswa

Kenaikan Pangkat

Memahami Pembelajaran HOTS

Metode Pembelajaran

Menarik, Inilah Metode Pembelajaran Quantum Teaching

Metode Pembelajaran

Strategi Belajar Mengajar yang Mudah & Efektif di Masa Pandemi
Insekuritas Siswa

Karya Inovatif

Guru wajib tau pentingnya refleksi pembelajaran
Guru

Metode Pembelajaran

Cara Guru Mengatasi Ulah Murid Dengan Cara Mendidik dan Beretika

Metode Pembelajaran

Cara Menumbuhkan Keberanian Siswa Berpendapat di dalam Kelas
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.