Home / Kesiswaan

Selasa, 6 Desember 2022 - 16:02 WIB

5 Cara Mendisplinkan Siswa di Era Kurikulum Merdeka

Guru harus tahu bagaimana cara mendisiplinkan siswa, khususnya di era Kurikulum Merdeka ini. Hal tersebut akan bermanfaat untuk menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif sehingga proses pendidikan akan berjalan secara maksimal.

Pendidikan merupakan salah satu jalan untuk membentuk generasi bangsa menjadi unggul dan bermartabat. Hanya saja, dalam perjalanannya tentu para pengajar akan menemukan beberapa kesulitan.

Salah satu diantaranya yakni bagaimana para siswa dapat fokus mendengarkan dan bersikap disiplin. Sebab, sudah menjadi rahasia umum bahwa sebagian siswa masih bersikap kurang disiplin dan bahkan melanggar peraturan kelas dan sekolah.

Beberapa guru pemula mungkin akan kesulitan bahkan tidak tahu bagaimana cara mendisiplinkan siswa. Sehingga mereka akan melakukan berbagai cara untuk mendisiplinkan siswa pun juga sebagai bentuk manajemen kelas. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan yakni sebagai berikut :

1.   Guru Memberikan Respon

Hal pertama yang dapat dilakukan yakni guru memberikan respon kepada siswa yang tidak disiplin baik selama pembelajaran maupun ketika berada di luar kelas. Guru pun dapat memberikan reaksi positif dan negatif berdasar tindakan yang dilakukan oleh siswa.

Baca juga:   Mekanisme Penyusunan RPP Berdiferensiasi

Sebagai contoh, guru memberikan kontak mata dengan siswa yang melakukan hal negatif. Selain itu, guru juga dapat memberikan penghargaan berupa ucapan baik agar siswa merasakan bahwa perilakunya positif.

2.   Guru Memberikan Pengakuan Nyata

Selain itu guru dapat menggunakan tindakan untuk memberi penghargaan berupa simbol atau token bila siswa melakukan hal positif. Jika siswa melakukan hal negatif, maka hal tersebut akan membuat simbol atau token yang diberikan diambil kembali atau dihapus oleh sang pengajar.

3.   Guru Memberikan Konsekuensi Langsung

Selain itu, guru dapat memberikan konsekuensi langsung agar siswa lain juga jera. Sebagai contoh, anda dapat meminta siswa untuk mengerjakan tugas lebih banyak, berpindah ke perpustakaan, melakukan hafalan materi serta konsekuensi langsung yang nyata.

Selain itu, anda juga dapat memberikan kartu kedisiplinan pada siswa anda. Bila terlalu banyak isiannya, maka siswa harus menerima konsekuensi yang lebih berat hukumannya.

4.   Guru Dapat Memberikan Kesempatan Kelompok

Hal lain yang dapat seorang guru lakukan yakni memberi kesempatan dengan peraturan kelompok. Peraturan tersebut akan memberikan siswa kesempatan untuk saling berlomba dan berkontribusi melakukan kebaikan.

Baca juga:   3 Jenis Kecerdasan Peserta Didik dan Cara Pengembangannya

Semakin banyak kebaikan yang dilakukan siswa, maka semakin banyak poin positif yang mereka dapatkan. Selain itu, guru dapat menambah semangat para siswa dengan memberikan hadiah menarik sesuai dengan level perkembangan siswa.

Dengan berkelompok, siswa akan lebih mudah untuk meningkatkan keberaniannya dalam menyampaikan pendapat serta membantu teman mengumpulkan poin.

5.   Guru Memberi Kesempatan di Rumah

Selain itu, hal terakhir yang dapat dilakukan yakni dengan memberikan siswa kesempatan untuk melakukan hal positif di rumah. Pemantauan ini dapat dilakukan dengan cara siswa mengumpulkan atau melaporkan kegiatannya sesuai dengan pengarahan dari guru.

Demikian ulasan mengenai cara mendisiplinkan siswa. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

tips belajar

Kesiswaan

Cara Mengenali Gaya Belajar Siswa untuk Memaksimal Potensi

Kesiswaan

Cara Mewujudkan Perkembangan Siswa dengan Baik

Kesiswaan

Strategi Membuat Peraturan Kelas agar Terbentuk Suasana yang Kondusif
Tenaga Honorer

Guru Honorer

Tips dan Trik Menjadi Guru Hebat di Pasca Pandemi
tips membuat best practice

Kesiswaan

4 Kompetensi Ini Sangat Dibutuhkan Pada Abad 21

Kesiswaan

Bingung Ingin Melajutkan Kuliah Dimana? Yuk, Kenali Dulu Jenis-Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

Guru Honorer

Terapkan Tips Ini Untuk Menjadi Guru Kreatif

Kesiswaan

Strategi Meningkatkan Karakter Sopan Santun Siswa