Home / Media Pembelajaran

Minggu, 27 Februari 2022 - 11:47 WIB

Langkah-Langkah Membuat Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster

Langkah-Langkah Membuat Video Pembelajaran Dengan Kinemaster– Aplikasi kinemaster adalah salah satu aplikasi yang memudahkan seseorang dalam membuat video. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengedit video sehingga tampilan video lebih menarik. Perlu diketahui aplikasi kinemaster di playstore telah di unduh oleh kurang lebih tigabelas juta orang. Aplikasi kinemaster ini juga mendapat penilaian yang bagus. Artinya aplikasi ini memang bermanfaat terutama dalam hal edit video.

Indonesia kini masih mengalami pandemi covid-19. Keadaan ini berimbas pada salah satunya dunia pendidikan, di mana sekolah belum 100% melaksanakan tatap muka. Ketika pandemi masih terjadi maka sekolah dihimbau untuk melaksanakan PTM 50% atau PTM terbatas. Hal ini membawa dampak juga bagi para guru dalam memberikan pengajaran kepada siswa. Sekarang guru dituntut untuk bisa kreatif dalam memberikan pembelajaran sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Untuk itu tidak jarang guru yang membuat video pembelajaran agar materi pembelajaran mudah diterima oleh siswa. Nah, karena setiap guru tidak semua paham dalam hal edit video maka tidak jarang guru yang menggunakan aplikasi untuk memudahkan pekerjaannya dalam edit video.

Salah satu aplikasi edit video yang mudah dan tidak asing di kalangan masyarakat adalah kinemaster. Selain aplikasi ini mudah, aplikasi ini juga memiliki fitur yang lengkap dalam edit video. Untuk sebagian guru yang belum mengetahui aplikasi ini, tentu akan bingung bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut. Nah, ini dia langkah-langkah yang bisa dilakukan guru ketika membuat video pembelajaran menggunakan aplikasi kinemaster.

Baca juga:   Cara Menginstal iSpring QuizMaker untuk Membuat Soal Otomatis

Menyiapkan bahan video

Langkah pertama siapkan bahan potongan-potongan video ataupun gambar yang akan diedit untuk disusun menjadi sebuah video utuh. Kemudian, seorang guru juga harus memiliki gambaran konsep video pembelajaran yang akan dibuat. Artinya langkah awal ialah yang perlu disiapkan guru adalah menyiapkan segala bahan video yang akan disusun sesuai dengan konsep video yang akan dibuat.

Klik “Project Baru”

Langkah selanjutnya adalah dengan klik project baru di aplikasi kinemaster. Dengan klik tombol tersebut artinya sudah siap untuk membuat video baik menggunakan potongan video maupun kumpulan gambar. Bapak/ibu guru semuanya juga bisa memilih model video yang akan dibuat akankah landscape atau portrait. Artinya nanti sebelum membuat video pembelajaran, bapak/ibu guru memilih ukuran layar yang kiranya sesuai dengan model video pembelajaran yang akan dibuat. Setelah itu maka mulai dengan memilih potongan video atau gambar yang akan disusun pertama kali untuk kemudian nantinya digabung dengan beberapa potongan video lainnya.

Menambahkan Tulisan/Gambar/Musik

Langkah berikutnya, setelah memasukkan beberapa potongan video yang akan dibuat menjadi video pembelajaran maka bapak/ibu guru bisa memasukkan beberapa tulisan yang mendukung. Tulisan bisa berupa judul maupun keterangan dari gambar atau video yang dibuat. Untuk jenis tulisan juga bisa disesuaikan dengan memilih yang ada di aplikasi kinemaster. Tugas bapak/ibu guru semuanya adalah menulis tulisan yang cocok dan meletakkan ke bagian video yang diinginkan. Kemudian selain menambahkan tulisan, bapak/ibu guru juga bisa menambahkan gambar ataupun emoticon yang menambah ketertarikan pembaca kepada video pembelajaran yang dibuat. Nah yang terakhir adalah menambahkan musik mapun lagu atau efek suara yang membuat video pembelajaran nantinya lebih menarik dan bagus untuk dilihat.

Baca juga:   Fitur-Fitur Menarik dari Virtual Asisten untuk Video Pembelajaran Interaktif

Menyimpan Video

Langkah terakhir adalah dengan menyimpan video yang sudah diedit ke dalam penyimpanan telephone atau handphone. Untuk jenis penyimpanan juga bisa disesuaikan kualitasnya, akankah dengan kualitas yang standar atau dengan kualitas yang tinggi. Semakin bagus kualitasnya maka memori untuk menyimpan juga akan semakin besar.

Nah kurang lebih begitu langkah-langkah membuat video pembelajaran menggunakan aplikasi kinemaster. Mudah bukan? Selamat mencoba!

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

 

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Cara Menyusun Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa
HOTS

Karya Inovatif

Instrumen HOTS untuk Guru Berkualitas

Media Pembelajaran

Bikin Video Pembelajaran Ala Youtuber Dengan Aplikasi Edpuzzle
gunakan media pembelajaran interaktif agar materi pembelajaran tersampaikan secara efektif

Media Pembelajaran

5 Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software

Media Pembelajaran

Cara Belajar Matematika Menyenangkan di Rumah
Kurikulum Merdeka

Kurikulum

Kurikulum Merdeka dan Model Pembelajaran yang Tepat!

Media Pembelajaran

Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran Via HP

Karya Inovatif

Dijamin Seru! Inilah Manfaat dan Contoh Game Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.