Home / Metode Pembelajaran

Senin, 29 Januari 2024 - 09:55 WIB

2 Strategi Sederhana Membuat Siswa Aktif Berbicara di Kelas

model pembelajaran inkuiri

model pembelajaran inkuiri

Di era milenial ini, ada banyak sekali keterampilan yang harus dikuasai oleh para siswa. Salah satunya adalah keterampilan berbicara.

Keterampilan berbicara adalah kemampuan untuk menata gagasan dengan sistematis dan logis, lalu menuangkannya dalam kalimat yang sesuai dengan kaidah, dan dengan cara pengucapan yang jelas serta lancar.

Pada umumnya, para siswa yang merasa kurang memiliki keterampilan atau kemampuan berbicara ini, mereka akan lebih banyak mendengarkan ketimbang berbicara. Oleh karena itu, mereka harus belajar lebih keras untuk mempunyai keterampilan berbicara ini.

Bagaimanapun, keterampilan berbicara akan sangat bermanfaat bagi mereka di masa yang akan datang.  Tentu, keterampilan ini merupakan salah satu tugas guru.

Anda sebagai guru memiliki kewajiban untuk membantu mereka mengembangkan keterampilannya. Bagaimana caranya?

Jika Anda masih bingung bagaimana cara meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik agar mereka aktif di dalam kelas dan tidak diam saja, maka Anda dapat melakukan strategi berikut ini:

Game simulasi

Strategi dalam meningkatkan keterampilan berbicara para siswa yang pertama adalah dengan mengadakan game simulasi atau permainan simulasi.

Baca juga:   Cara Meningkatkan Kemampuan Ranah Kognitif Siswa

Kata simulasi berasal dari bahasa Inggris yakni “Simulation” yang artinya adalah tiduran atau berpura-pura. Dalam hal ini, ia digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara para siswa dengan cara mengadakan permainan berpura-pura.

Model satu ini kan menggambarkan berbagai hal. Mulai dari sosial atau fisik dengan lebih sederhana. Anda bisa memberikan gambaran sederhana kepada para siswa supaya lebih mudah dipahami atau melibatkan seluruh siswa untuk mengikuti kegiatan ini. Masing-masing akan mempunyai peranan yang berbeda. Hal ini agar membuat mereka lebih berani.

Dongeng

Strategi yang kedua adalah dengan dongeng. Dongeng ini adalah cerita rakyat yang tidak dianggap. Dalam artian, cerita yang tidak benar-benar terjadi.

Ada banyak sekali dongeng yang beredar di masyarakat kita. Menariknya, Anda bisa menggunakannya sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Caranya adalah, dengan memberikan mereka tugas untuk bercerita. Yaitu, menceritakan kembali dongeng yang sudah didengarnya. Itu artinya, Anda akan mencontohkannya terlebih dahulu.

Baca juga:   Manfaat Menggunakan Aplikasi TikTok untuk Pembelajaran Era Digital

Strategi satu ini bukan hanya sekadar membuat mereka bisa memiliki keterampilan bicara, tapi juga membuat mereka lebih berani untuk tampil di depan teman-temannya.

Kedua cara tersebut telah dibuktikan oleh banyak tenaga pendidik. Sehingga, tidak ada salahnya untuk mempraktekkannya juga.

Meskipun demikian, Anda tetap bisa berkreasi. Yakni, mencoba menemukan strategi sendiri dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara. Karena biasanya, beda kelas, beda pula strateginya.

Jika sudah mempraktekkan keduanya, namun terkesan gagal, maka ada hal yang meski diperbaiki; apakah itu strateginya atau gaya kita dalam mengajar. Yang jelas, jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi.

Demikian seputar strategi meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(ant/shd)

Share :

Baca Juga

tips menjadi guru friendly

Metode Pembelajaran

Teknik Hypnoteaching untuk Mewujudkan Pembelajaran Merdeka

Karya Inovatif

Hindari Kebosanan dalam Kelas! Inilah Manfaat Ice Breaking saat Pembelajaran

Kenaikan Pangkat

Model Pembelajaran abad 21: Karakteristik dan Strategi
Pendidikan

Metode Pembelajaran

Macam-Macam Strategi Pembelajaran yang Harus Guru Ketahui
Insekuritas Siswa

Karya Inovatif

Guru wajib tau pentingnya refleksi pembelajaran

Kurikulum

Tema Projek PAUD dan Panduan Penerapan Program Profil Pancasila

Kesiswaan

Ingin meningkatkan softskill guru? simak ulasan berikut ini

Metode Pembelajaran

Pembelajaran Tatap Muka Inovatif dan Interaktif di Kelas