Home / Metode Pembelajaran

Kamis, 8 September 2022 - 20:10 WIB

Jangan Remehkan Tanya Jawab dalam Belajar

Metode Tanya Jawab – Belajar adalah suatu proses secara sadar untuk memperoleh pengetahuan, kompetensi, sikap melalui pengalaman. Belajar ditandai dengan adanya keaktifan dari siswa, minimal keaktifan dalam psikis nya, sehingga terjadinya perubahan tingkah laku yang menetap.

Hasil belajar siswa sangat tergantung pada proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran. Sesuai teori kerucut dari Edgar dale dengan adanya keterlibatan langsung dari siswa, maka pemahaman yang siswa dapatkan akan semakin besar.

Model pembelajaran Interaktif Metode Tanya Jawab

Model pembelajaran interaktif merupakan suatu teknik pembelajaran yang mendorong interaksi aktif antara guru, murid dan sumber belajar dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran.

Dalam model pembelajaran interaktif guru harus mengajak siswa bukan hanya mendengarkan, namun juga menyajikan media yang dapat dilihat, menulis dan mengajukan pertanyaan atau tanggapan, sehingga terjadi dialog kreatif yang menunjukan proses belajar mengajar yang interaktif. Maka siswa mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan berkesan

Baca juga:   Metode Pembelajaran yang Cocok di Masa Pandemi!

Tanya jawab merupakan salah satu metode yang bisa guru coba dalam model pembelajaran interaktif. Tanya jawab adalah metode pengajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab dari guru kepada siswa maupun sebaliknya. walaupun sederhana, tanya jawab dapat memicu keaktifan siswa lebih jauh.

Menurut Sudirman (1987:119) metode tanya jawab dapat guru jadikan sebagai pendorong untuk siswa agar menemukan atau penelusuran informasi atau  lebih lanjut di berbagai sumber belajar seperti majalah, artikel, buku dll. 

Manfaat Metode Tanya Jawab Saat Belajar

Lebih lanjut, berikut mamfaat pertanyaan guru dalam pembelajaran yaitu

1. Membangkitkan minat dan rasa ingin tahu

Sebelum masuk kepada pematerian baru, guru dapat mengawali pembelajaran dengan memberikan pertanyaan untuk meningkatkan rasa ingin tahu para siswa. Sehingga siswa belajar dalam keadaan untuk memenuhi keingintahuannya pribadi tanpa paksaan apapun. 

2. Mendorong siswa mengungkapkan pandangannya

Komunikasi merupakan salah satu skill abad 21 yang perlu siswa kuasai. Skill komunikasi dapat terlihat dari aktivitas siswa saat menyajikan presentasi, berdiskusi dengan teman, dan juga mengungkapkan pandangannya. Pertanyaan dari guru dapat mendorong anak untuk menyusun pikirannya dan memaparkan pendapatnya di kelas.

Baca juga:   Pentingnya Pembelajaran Social Emotional Learning (SEL) bagi Anak

3. Mengukur hasil belajar

Guru perlu melakukan evaluasi, baik itu sebelum pembelajaran, saat pembelajaran, maupun seusai pembelajaran. Evaluasi penting bagi guru untuk memperbaiki kinerja mengajarnya sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Dengan melontarkan pertanyaan, guru dapat melihat sejauh mana pemahaman dari siswa terkait materi yang sedang dipelajari

Melihat paparan sebelumnya, dapat anda simpulkan, bahwa tanya jawab merupakan elemen yang walaupun sederhana, dapat meningkatkan interaksi dalam kegiatan belajar mengajar.

Anda ingin tahu lebih berkaitan dengan model pembelajaran interaktif? daftarkan diri anda segera pada pelatihan dari e-guru.id dengan tema “Memahami model pembelajaran inovatif dan interaktif dalam mengoptimalkan proses belajar”

klik link berikut untuk mendaftar

https://online.e-guru.id/product/memahami-model-pembelajaran-inovatif-dan-interaktif-dalam-mengoptimalkan-proses-belajar-bulan-september-angkatan-ke-3/

(syn/rtq)

Share :

Baca Juga

Metode Pembelajaran

Ciptakan Pembelajaran Menyenangkan Dengan Model Pembelajaran Window Shopping

Metode Pembelajaran

Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Menghindari Kebosanan
kiat-kiat sukses

Metode Pembelajaran

Panduan Penerapan Project Based Learning dalam Pembelajaran

Admin Sekolah

Kenali Google Workspace for Education sebagai Wujud dari Digitaliasai Pendidikan Era Merdeka Belajar melalui Teknologi

Metode Pembelajaran

Cara Penerapan Model Pembelajaran Langsung

Metode Pembelajaran

Cara Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Peserta Didik

Metode Pembelajaran

Cara Menerapkan Pembelajaran dengan Konsep Learning Disability
HOTS

Karya Inovatif

Instrumen HOTS untuk Guru Berkualitas
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.