Home / Guru Honorer / Metode Pembelajaran

Selasa, 23 Agustus 2022 - 22:04 WIB

Peran Guru Menanamkan Sifat Nasionalisme Pada si Kecil

Nasionalisme adalah sebuah bentuk kesadaran, semangat, dan keteguhan cinta kepada tanah air. Sebagai warga negara Indonesia, memiliki rasa nasionalisme sangatlah penting. Indonesia adalah negara majemuk, kemajemukan itu sendiri yang menjadi kekayaan tersendiri.

Baik itu kekayaan bahasa, ras, budaya, dan alam. Pentingnya Peran Guru Menanamkan Sifat Nasionalisme Pada si Kecil.pentingnya-menanamkan-sifat-nasionalisme-pada-si-kecil.

Menanamkan rasa nasionalisme sejak dini sangatlah penting dikarenakan mereka tinggal di era globalisasi. Pada era ini, anak-anak menjadi lebih mudah terpengaruh pada budaya dan nilai-nilai dari negara lain yang mungkin tidak sesuai dengan yang ada di Indonesia.

Maka dari itu para orang tua harus berusaha lebih keras lagi dalam menanamkan rasa mencintai dan menghargai nilai-nilai kebangsaan.

Menanamkan rasa nasionalisme sejak dini tidaklah mudah. Namun para orang tua tetap harus menanamkannya pada anak, supaya terbentuk pribadi yang cinta akan tanah air. Peran para orangtua sangat dibutuhkan karena anak belajar semua hal dari lingkungan terdekatnya, yakni keluarga, seputar sikap dan cara pandang terhadap bangsanya.

Baca juga:   Lakukan 4 Usaha Untuk Penghasilan Tambahan yang Cocok Bagi Guru Honorer

Berikut ini beberapa tips yang dapat orang tua terapkan untuk menanamkan sikap nasionalisme pada  anak.

Mengunjungi Museum

Mengunjungi museum dapat menjadi pilihan para orang tua untuk menumbuhkan rasa nasionalisme pada anak. Dengan mengajak anak mengunjungi museum-museum, anak akan lebih mudah mempelajari hal-hal seperti sejarah dan biologi. Hal itu dikarenakan mereka dapat melihat dan menyentuh langsung objek yang ada di dalamnya, sehingga ini akan lebih efektif daripada pembelajaran di sekolah yang sifatnya hanya secara teoritis.

Menonton Film Edukasi Indonesia

Tak kalah dari negara lain, industri perfilman Indonesia juga semakin melesat. Untuk mengajarkan rasa nasionalisme pada anak, ajak anak untuk menonton film-film lokal Indonesia, khususnya yang memiliki tema sejarah ataupun edukasi.

Menggunakan Produk Lokal

Bunda dapat mengenalkan produk lokal serta meminta anak untuk menggunakannya. Dengan membeli produk lokal, secara tidak langsung bunda juga mendukung keberlangsungan bisnis-bisnis lokal yang baru berkembang. Contoh sederhana misalnya dengan membeli batik, atau kain tradisional lainnya seperti ulos dan ajak mereka  untuk pergi ke pusat pembuatan kain, agar bisa mengetahui dan belajar, bagaimana cara membuatnya.

Baca juga:   Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Siswa

Mengenalkan Cerita Rakyat

Di dalam cerita rakyat, ada banyak hal yang dapat dipelajari. Seperti nilai budaya, dan pentingnya berbuat baik kepada sesama. Melansir dari Times of India, mendongeng untuk anak dapat memberikan manfaat, seperti melatih tingkat imajinasi, kreativitas, hingga kemampuan komunikasi anak dalam jangka panjang.

Mencoba Permainan Tradisional

Ajak anak untuk mengurangi ketergantungannya terhadap gadget dengan mengajaknya bermain permainan tradisional, seperti gobak sodor, engklek, congklak, kelereng, dan lainnya. Selain bertujuan memupuk rasa nasionalisme, permainan ini dapat menumbuhkan jiwa sportivitas dan kerja sama yang baik.

e-guru.id menyediakan pelatihan dengan tema “Membuat video Pembelajaran Menarik Menggunakan Smartphone”

Segera daftarkan diri anda lewat link berikut ini

https://online.e-guru.id/product/membuat-video-pembelajaran-menarik-menggunakan-android-bulan-september-angkatan-ke-2/

(ans/rtq)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi model pembelajaran inovatif

Media Pembelajaran

Tutorial Mengisi Contoh Isian Mempelajari Fokus Perilaku Observasi Di PMM

Metode Pembelajaran

Temukan Berbagai Manfaat di Balik Penerapan Mindfulness Dalam Pembelajaran
Insekuritas Siswa

Karya Inovatif

Guru wajib tau pentingnya refleksi pembelajaran
model pembelajaran discovery learning

Metode Pembelajaran

Cara Menciptakan Pembelajaran Kreatif

Guru Honorer

Keuntungan Peserta PPPK Lulus Passing Grade
ide ice breaking SD

Kesiswaan

Membuat Suasana Belajar Lebih Kondusif dan Seru dengan Ice Breaking

Guru Honorer

RUU Sisdiknas Terus Mengupayakan Kesejahteraan Pendidik di Indonesia

Karya Inovatif

Model Pembelajaran VAK (Visualization,Auditory dan Kinestetic) dalam Mengembangkan Ketrampilan Membaca, Menulis, dan Berhitung Siswa Sekolah Dasar