Home / News

Selasa, 21 Juni 2022 - 10:53 WIB

Rayakan Anniversary Ke-3, e-Guru.id Mengadakan Diklat Gratis 40JP!

Diklat Gratis 40JP – Usia e-Guru.id yang menembus tiga tahun merupakan perjalanan yang cukup panjang dan patut mendapatkan apresiasi. Setelah beberapa tahun tersebut e-Guru.id telah dipercaya lebih dari 90.000 guru yang ada di seluruh Indonesia. Apakah itu termasuk Anda?

Kini dalam rangka anniversary e-Guru.id, pelatihan online bersertifikat yang kini juga sedang menanjak naik, berusaha bersama seluruh lapisan karyawan untuk bisa membantu para guru di Indonesia dalam Rangka Menyambut Tahun Ajaran Baru.

Perayaan anniversary yang ketiga ini diramaikan dengan beberapa lomba dan Diklat Gratis 40 JP dengan tema Penguatan Ketrampilan Mengajar Pada Guru Dalam Rangka Menyambut Tahun Ajaran Baru.

Tahun Ajaran Baru yakni tahun 2022/2023 kemungkinan akan dimulai pada pertengahan bulan Juli mendatang. Nah, sebelum tahun ajaran baru tersebut sebagai guru juga sebaiknya mempersiapkan segala administrasi yang dibutuhkan dalam mengajar nantinya. Hal ini juga bisa membantu guru dalam rangka penguatan ketrampilan mengajar.

Secara umum ada 3 macam administrasi guru, yakni administrasi diri (untuk sendiri), administrasi kelas (untuk kelas), dan administrasi sekolah (untuk sekolah). Berikut beberapa administrasi yang perlu guru siapkan dalam rangka menyambut ajaran baru.

Pertama, Kalender Pendidikan. Kalender pendidikan atau kalender akademik adalah istilah umum dalam dunia pendidikan yang merujuk kepada jadwal kegiatan tahuan suatu lembaga pendidikan yang memuat semua hal terkait dengan proses belajar-mengajar, penerimaan peserta didik, dan kelulusan.

Kedua, Buku Presensi. Buku Presensi Guru adalah daftar hadir yang mencatat tingkat kehadiran guru setiap harinya. Buku presensi guru ini dapat digunakan untuk mengabsen pendidik dan tenaga kependidikan di sebuah lembaga Pendidikan.

Baca juga:   7 Tips Lolos Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja

Ketiga, Buku Pegangan (Buku Paket, modul, dan LKS). Buku pegangan Guru adalah panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, yang nantinya digunakan sebagai acuan penyampaian materi terhadap siswa pada saat pembelajaran berlangsung.

Nah, jika sekolah sudah mulai menerapkan kurikulum merdeka pada tahun ajaran baru nanti maka administrasi pembelajaran yang umum dipraktikkan di kelas yang perlu dipersiapkan guru pada kurikulum merdeka adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau Modul Ajar, Modul Projek, Bahan Ajar, dan Capaian Pembelajaran. Akan tetapi, jika masih menerapkan kurikulum 2013 maka guru perlu mempersiapkan administrasi seperi prota, promes, silabus, RPP, KKM dan sebagainya.

Oleh karena itu sebaiknya perlu disiapkan jauh-jauh hari agar pada saat tahun ajaran baru semua administrasi sudah terpenuhi. Nah, sebagai gambaran Anda bisa mengikuti Diklat Gratis 40JP yang diadakan oleh e-Guru.id. Kapan lagi ada diklat gratis? Jadi manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin ya.

Diklat Gratis 40JP ini merupakan diklat spesial anniversary e-Guru.id yang ketiga. Diklat ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu sampai dengan Rabu tepatnya tanggal 25 sampai 29 Juni 2022. Pada Diklat ini juga akan menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten dengan tema-tema yang menarik. Beberapa narasumber tersebut adalah :

  • Spesial Keynote Speaker : Dr. Hendrar Prihadi, S.E., M.M yaitu Walikota Semarang dalam hal ini masih menunggu konfirmasi.
  • Achyar Ade, M.Pd yaitu fasilitator pendidikan inklusif P4TK TK PLB Kemdikbudristek RI, pelatih ahli program sekolah penggerak. Beliau akan menyampaikan materi tentang ketrampilan guru pada abad 21 dalam kurikulum merdeka.
  • Shahnaz Haque, merupakan artis dan praktisi parenting. Beliau akan membahas materi tentang membangun komunikasi & kolaborasi murid, guru&orang tua.
  • Syaihul Muhlis, S.IP., M.Pd yaitu seorang penulis dan instruktur e-Guru.id. Beliau akan membahas materi tentang meningkatkan berpikir kreatif pada guru dengan menulis buku.
  • Nina Oktarina, S.Pd., M.Pd yaitu seorang dosen FE Universitas Negeri Semarang. Beliau nantinya menyampaikan materi tentang mewujudkan profil pelajar pancasila melalui peningkatan pendidikan karakter.
Baca juga:   Mengenal lebih dalam tentang Rapor Pendidikan Indonesia

Informasi mengenai diklat ini bisa Anda lihat melalui web yaitu www.e-guru.id atau juga bisa melalui media sosial instagram @egurudigital. Selain itu Anda juga bisa melihat informasi ini pada facebook e-Guru.id yaitu Guru Era Digital maupun melalui youtube e-Guru TV.

Diklat ini diselenggarakan oleh e-Guru.id secara gratis jadi biaya pendaftaran juga 100% gratis. Anda bisa melakukan pendaftaran melalui link berikut :

Daftar Sekarang : bit.ly/Diklat40JP_Anniversary

Anda juga bisa mengubungi customer service melalui whatsapp di nomor 0815-7543-5555 atau melalui telegram http://t.me/CS_eguruid

Demikian ulasan mengenai acara Diklat Gratis 40JP yang akan diselenggarakan oleh e-Guru.id dalam rangka anniversary. Yuk segera daftarkan diri Anda sekarang juga.

Ingin Mendapatkan Pelatihan Reguler (32 JP) Bersertifikat Tiap Bulannya?

dan VIP Seminar Nasional Setiap Bulan?

Ayo Daftar Member Semesteran e-Guru.id (6 Bulan) ! Sekarang Juga!

KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR!

(GST/GST)

 

Share :

Baca Juga

Kiat-kiat menjadi siswa berprestasi

News

Tips Membangun Daya Kreatif Guru dalam Mendidik

News

4 Fakta Menarik tentang Hari Guru Nasional

Guru Honorer

RUU Sisdiknas Berdampak Positif Bagi Guru? Simak Penjelasan Mas Menteri

Admin Sekolah

Dana BOS Kemenag Tahap 2 Siap Dicairkan

News

Guru Wajib Tahu ! Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa
kelebihan dan kekurangan quizizz

News

Mulai Juli 2022 Wajib Lakukan Pemutakhiran Data Akun Belajar.id

News

Merampungkan Masalah Pendidikan Timur Indonesia Tidak Selalu dengan Cara Pandang Jakarta
Merdeka Mengajar

News

Cara Menentukan Tujuan Satuan Pendidikan