Home / Metode Pembelajaran

Jumat, 6 Januari 2023 - 12:34 WIB

Contoh Kegiatan Outing Class yang Seru dan Tak Terlupakan

Ilustrasi ice breaking pramuka

Ilustrasi ice breaking pramuka

Salah satu kegiatan seru yang dapat dilakukan untuk menunjang sistem pembelajaran di sekolah yaitu outing (outbound training) class. Kegiatan outing class yang seru melibatkan  siswa, guru, dan lingkungan. 

Outing class bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri, kekompakan tim (team building), menciptakan keakraban, menumbuhkan kepekaan kepada alam, dan meningkatkan antusias para siswa. Selain itu, outing class juga dapat membangun suasana belajar yang aktif, interaktif, serta menyenangkan.

Pada artikel ini akan mengulas beberapa contoh kegiatan outing class yang seru. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Baca juga:   5 Ide Ice Breaking Games untuk Anak SD, Dijamin Seru

Ide Kegiatan Outing Class yang Seru

1. Kunjungan ke Agrowisata

Kegiatan outing class di agrowisata dengan mengusung tema pertanian. Misalnya, mengajak siswa untuk wisata petik buah atau memberi makan hewan ternak. Sekolah dapat berkoordinasi dengan pihak agrowisata untuk memberikan edukasi, melakukan penanaman, melihat kegiatan pascapanen, dan lain-lain.

2. Outing class ke home industry atau perusahaan

Outing class di home industry atau perusahaan bertujuan untuk menumbuhkan sikap kritis siswa sekaligus memberikan wawasan pengetahuan baru tentang kegiatan perindustrian. Lewat kegiatan ini, siswa bisa belajar seputar dunia pekerjaan dan bisa mendapatkan gambaran seputar dunia kerja. Biasanya kegiatan ini dilakukan pada siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) atau sederajat. 

3. Bermain ke Taman, Kebun Raya atau Kebun Binatang

Contoh kegiatan outing class yang seru lainnya yaitu bermain di taman, kebun raya, maupun kebun binatang. Lewat kegiatan ini, para siswa bisa mengeksplor alam misalnya melihat aneka tumbuhan, binatang, dan menikmati serunya wahana permainan. Sekolah juga bisa berkolaborasi dengan petugas untuk memberikan edukasi terkait tempat tersebut. Supaya lebih seru, adakan sesi permainan.

Baca juga:   5 Tips Membuat Model Pembelajaran Inovatif untuk Para Guru

Salah satu permainan yang menarik dan menyenangkan yaitu permainan tongkat sakti. Permainan ini bisa melatih kecepatan dan keakuratan siswa di suatu kelompok. Alat yang dibutuhkan yakni ranting kayu atau tongkat atau bisa menggunakan pensil. 

Semua siswa diminta berdiri membentuk lingkaran. Guru berperan sebagai penyihir yang bisa mengubah sesuatu dengan tongkatnya. Guru berdiri di tengah lingkaran lalu menunjuk para siswa sambil membaca mantra abracadabra jadi (hewan). 

Misal, menjadi gajah maka siswa yang ditunjuk harus berusaha bergaya seperti hewan yang disebut yaitu gajah. Jika lewat dari 5 detik tidak bisa memerankan hewan tersebut maka siswa akan mendapatkan konsekuensi. Dalam permainan ini, guru juga bisa menunjuk siswa menjadi penyihir.

Demikian contoh kegiatan outing class yang seru. Kegiatan tersebut membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan bisa meningkatkan kedekatan antara siswa dengan guru. 

Selain mengetahui cara belajar yang seru, guru juga harus memiliki skill dan terus upgrade ilmu pengetahuan. Salah satunya dengan mengikuti beragam pelatihan di platform e-Guru.id, GuruJuara.com, dan Diklat.com. 

Share :

Baca Juga

tips membuat best practice

Media Pembelajaran

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengisi Kolom “Upaya Mempelajari Fokus Perilaku Observasi” di PMM

Metode Pembelajaran

Menarik, Inilah Metode Pembelajaran Quantum Teaching

Guru Honorer

Cara yang Bisa Dilakukan Guru untuk Memahami Gaya Belajar Siswa
Pendidikan

Metode Pembelajaran

Macam-Macam Strategi Pembelajaran yang Harus Guru Ketahui

Metode Pembelajaran

Cara Merancang Pembelajaran untuk Mewujudkan Siswa Terampil

Metode Pembelajaran

Memahami Model Pembelajaran Blended Learning

Kesiswaan

Ingin meningkatkan softskill guru? simak ulasan berikut ini

Metode Pembelajaran

Cara Menerapkan Pembelajaran pada Siswa Learning Disability