Home / News

Jumat, 2 Desember 2022 - 20:20 WIB

Peran dan Keuntungan Menjadi Guru Penggerak

Ilustrasi seleksi PPG

Ilustrasi seleksi PPG

Sejak di tahun 2020, Program Guru Penggerak (PGP) telah diluncurkan. Program tersebut merupakan model pembinaan untuk guru yang ingin menjadi contoh teladan dan meningkatkan kemampuan pedagogi serta daya profesional lainnya.

Pada akhir tahun 2021, program ini sudah berhasil merekrut para guru teladan sampai selesai di angkatan ke 5.

Atas keberhasilan tersebut, kementerian pendidikan mulai kembali membuka rekrutmen untuk angkatan ke 6 dengan menyasar sejumlah 159 kabupaten / kota dari seluruh wilayah Indonesia.

Dengan mekanisme seperti ini, tentu masih ada sebagian guru yang bertanya – tanya bukan? Lantas, apa manfaat Program Guru Penggerak (PGP)?

Menjadi Guru Teladan

Salah satu tujuan dari pengadaan Program Guru Penggerak (PGP) yakni untuk melahirkan para guru teladan dengan loyalitas yang tinggi. Keteladanan tersebut lah yang nantinya akan dicontoh oleh para siswa di masa mendatang.

Para guru penggerak juga nantinya akan menjadi cikal bakal pengajar untuk melahirkan generasi hebat di masa mendatang.

Baca juga:   Cara Mendapatkan Beasiswa untuk Siswa Disabilitas (ADiK)

Sederhananya, guru penggerak merupakan calon agen pengubah untuk dunia pendidikan. Dengan adanya program tersebut, para guru dapat lebih cepat meningkatkan potensi diri menjadi pemimpin pembelajaran dengan memusatkan pada konsep students’ learning.

Pada pelaksanaannya, para guru terpilih akan diseleksi dan dibimbing intensif oleh para instruktur, fasilitator serta pengajar praktik yang sudah profesional.

Peran Utama Para Guru Penggerak

Berikut beberapa peran guru penggerak di antaranya yakni :

Pertama, para guru penggerak terpilih perlu terjun secara langsung untuk mampu menggerakkan komunitas belajar bagi rekan guru di beberapa wilayah sekolah masing – masing.

Kedua, para guru penggerak ikut mendorong adanya program peningkatan kepemimpinan murid di sekolah.

Ketiga, para guru penggerak juga berkontribusi untuk menciptakan adanya proses peningkatan kepemimpinan bagi murid di sekolah. Sebab murid adalah kunci emas masa depan. Maka sangat penting bagi guru penggerak untuk mewujudkan hal tersebut.

Keempat, para guru penggerak dapat juga berkontribusi sebagai pembuat ruang diskusi positif serta ruang kolaborasi baik guru dengan para pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah agar kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan.

Baca juga:   Mengenal Media Interaktif dalam Proses Pembelajaran

Kelima, para guru penggerak memiliki kesempatan besar untuk dapat menjadi pemimpin pembelajaran yang bisa mendorong kemakmuran pada aspek ekosistem pendidikan di wilayah sekolah.

Kelima peran tersebut sangatlah penting sebab tanpa hal tersebut dunia pendidikan tak akan mampu untuk meningkatkan kualitasnya.

Manfaat Menjadi Guru Penggerak

Adapun menjadi guru penggerak, tentu ada banyak manfaatnya. Misalnya, guru penggerak menjadi salah satu guru yang dapat mengembangkan kompetensi untuk pengadaan lokakarya bersama.

Bisa saja nanti dilakukan daring maupun offline. Hal tersebut bergantung pada kesiapan guru penggerak. Nah demikian ulasan mengenai Program Guru Penggerak. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

News

Makna Logo PGRI dan Implementasinya

News

Bocoran Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Bagi Guru Dan Kepsek Mengalami Kemunduran

Admin Sekolah

Pendidikan Usia Dini dan Memahami Kebijakan BOP PAUD

News

SK PPPK Sudah Didepan Mata, Guru Honorer Ajukan 9 Usulan Kepada Presiden Joko Widodo

News

Tanda-Tanda Guru Terbaik yang Menyenangkan bagi Siswa, Anda yang Mana?

News

Meningkatkan Budaya Gotong Royong melalui Pendidikan di Sekolah
tips lulus pendaftaran ppg dalam jabatan 2023

News

Jadwal dan Tahapan Tes Seleksi CPNS dan PPPK 2024 yang Perlu Anda Ketahui

News

Cara Menjadi Guru Abad 21, Apa yang Harus Dilakukan?