Home / News

Sabtu, 3 Februari 2024 - 13:36 WIB

4 Fakta Menarik tentang Hari Guru Nasional

Setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Peringatan hari guru tersebut diperingati pertama kali yakni pada tahun 1994. Hal tersebut merupakan keputusan presiden nomor 78.

Momen hari guru tentu saja merupakan momen yang spesial bagi seluruh pendidik di Indonesia. Pada hari tersebut adalah momen yang tepat untuk memberikan penghargaan spesial terhadap jasa para guru, yang sudah berupaya keras untuk mencerdaskan anak bangsa, membekali mereka dengan karakter yang baik, dan lain sebagainya.

Mengenai Hari Guru Nasional, terdapat sejumlah fakta menarik. Simak penjelasannya berikut.

1 Pergantian nama PGHB menjadi PGI

Tahun 1932, terjadi pergantian nama yang awalnya adalah PGHB, kemudian berubah menjadi PGI. Dan saat itu, Indonesia masih belum merdeka. Sehingga, adanya perubahan tersebut menimbulkan ketidakselarasan dari pihak Belanda.

Meskipun demikian, para pendidik di tanah air berupaya keras dalam memperjuangkan pendidikan untuk rakyat Indonesia.  Karena bagi para guru, Indonesia merupakan kata yang menggambarkan semangat juang yang tidak pernah padam.

Baca juga:   Cara Menghindari Kesalahan Fatal Saat Mengajar bagi Guru Pemula

2 Perjuangan guru zaman Hindia Belanda

Adapun fakta menarik tentang Hari Guru Nasional yang kedua adalah perjuangan guru zaman Hindia Belanda. Tahun 2912,  guru-guru membuat sebuah persatuan guru, yang namanya adalah Persatuan Guru Hindia Belanda. Ini terjadi ketika Indonesia masih di dalam masa penjajahan Belanda, mulai dari tahun 1602 sampai dengan 1942.

Organisasi tersebut bersifat unitaristik yaitu tidak membeda-bedakan status, gelar, golongan, dan juga gender. Di dalamnya juga terdapat guru bantu, kepala sekolah, pemilik sekolah, dan juga guru desa.

 3 Kongres pertama setelah proklamasi

Kemudian, usai vakum tanpa aktivitas di masa penjajahan Jepang, pertama kalinya Persatuan Guru Indonesia mengadakan kongres pada 24 sampai dengan 25 November tahun 1945 di Surakarta.

Dalam kongres tersebut ada beberapa hal yang disepakati di antaranya organisasi guru masih berdasarkan pada aspek perbedaan dihapuskan. Kemudian, mereka juga akan bergabung ke dalam organisasi yang sama tanpa perbedaan aspek lainnya.

Dan pada tanggal 25 November 1945, Persatuan Guru Republik Indonesia didirikan. Sekaligus merupakan memperingati hari ke-100 pasca proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Baca juga:   Calon Pengajar Wajib Tahu! 4 Kompetensi yang Harus Dimiliki Tenaga Pendidik

4 Hari guru resmi menjadi salah satu hari nasional

Tahukah Anda bahwa selama 29 tahun, Hari Guru masih belum menjadi hari nasional. Namun pada tahun 1994, barulah hari tersebut resmi menjadi salah satu hari nasional berdasarkan keputusan presiden nomor 78 tahun 1994.

Karena pengabdian dan perjuangan para guru yang tidak akan bisa dihitung walaupun diapresiasi dengan peringatan hari tersebut. Namun paling tidak, hari tersebut kini telah  menjadi ke dalam deretan hari nasional yang lainnya.

Bagaimana, sangat menarik bukan? Itulah 4 fakta menarik seputar hari guru nasional yang diperingati setiap 25 November. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(ant/shd)

Share :

Baca Juga

News

Cara Membuat Kartu ASN Virtual, Guru PNS dan PPPK Wajib Bisa

News

Cara Cek Info GTK, Kenapa Tunjangan Profesi Guru Belum Bisa Cair

Guru Honorer

RUU Sisdiknas Berdampak Positif Bagi Guru? Simak Penjelasan Mas Menteri

News

Etika Bermedia Sosial bagi Seorang Guru yang Wajib Diperhatikan
ilustrasi seleksi PPPK

News

7 Tips Lolos Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja

News

Penerapan Growth Mindset Yang Perlu Guru Ketahui Dalam Melaksanakan Asesmen

News

Merampungkan Masalah Pendidikan Timur Indonesia Tidak Selalu dengan Cara Pandang Jakarta

News

Apa Itu Proses Belajar Mengajar?