Home / Kesiswaan

Minggu, 20 Maret 2022 - 22:45 WIB

6 Situs Penunjang Pembelajaran Bahasa Inggris

Pembelajaran bahasa Inggris dapat menjadi lebih menyenangkan dengan memanfaatkan situs-situs penyedia pembelajaran bahasa Inggris gratis. Guru dapat memanfaatkan situs ini sebagai penunjang atau variasi kegiatan pembelajaran di sekolah.

Menggunakan situs pembelajaran bahasa Inggris dalam mengajar, dapat menciptakan suasana belajar yang berbeda dari biasanya. Sehingga siswa tidak akan mudah bosan dan malas mempelajari bahasa Inggris.

Berikut ini situs-situs penunjang pembelajaran bahasa Inggris  yang bisa guru coba.

Pertama, Duolingo.  Situs ini merupakan situs untuk belajar bahasa Inggris dengan  cara menyenangkan. Terdapat berbagai permainan interaktif di dalamnya yang dapat dicoba secara gratis. Level  bahasa Inggris juga bisa dipilih sehingga guru dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan siswa.

Guru akan sangat terbantu dengan situs ini karena banyak materi pembelajaran yang mendetail seperti tips grammar, frasa, dan pronounciation.

Tidak hanya itu, di dalam situs ini guru juga dapat menggunakan pelajaran bahasa Inggris dari mulai writing, reading , hingga listening. Jika guru ingin meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar bahasa Inggris, situs ini juga menyajikan materi dengan kalimat-kalimat lucu, cerita interaktif, hingga podcast.

Baca juga:   Teknik Bermain Peran (Role Playing) Untuk Penguatan Karakter Siswa

Menggunakan situs ini untuk pembelajaan pasti akan membuat siswa tidak bosan lagi.

Kedua, Lyrics Training. Situs ini dapat digunakan guru sebagai selingan saat mengajar bahasa Inggris. Lyrics Training menyajikan pembelajaran listening dengan cara mengisi lirik lagu.

Anak muda biasanya suka mendengarkan musik, sehingga metode belajar dengan lirik lagu ini bisa sangat cocok diterapkan. Ada tingkatan level yang dapat dicoba.

Ketiga, BBC Learning English. Situs ini sangat cocok digunakan untuk belajar bahasa Inggris lisan. Terdapat berbagai konten di dalamnya yaitu teks, audio, hingga video mini daily lesson seperti “Bahasa Inggris 6 menit” yang sangat menarik dan menghibur.

Keempat, LearnEnglish. Guru dapat menggunakan situs ini untuk menilai level bahasa Inggris siswa. Terdapat panduan yang akan menyarankan program yang cocok sesuai level bahasa Inggris pengguna.

Di dalam situs ini juga memungkinkan untuk tatap muka melalui fitur live chat dengan komunitas online global.

Kelima, News in Level. Situs ini dapat digunakan untuk mengasah kemampuan membaca bahasa Inggris dan memperkaya jumlah kosa kata yang diketahui. Seperti namanya, situs ini menyediakan berita internasional.

Baca juga:   5 Faktor Internal yang Menjadi Hambatan Peserta Didik dalam Belajar

Tapi uniknya, berita disajikan sesuai level bahasa Inggris yang dipelajari. Berita dengan kosa kata umum akan ditampilkan di level mudah. Semakin tinggi level bahasa Inggris, maka semakin kompleks berita yang disajikan.

Keenam, FluentU. Banyak konten yang disajikan di dalam FluentU yang bisa dimanfaatkan untuk mengajar. Dari mulai video musik, video film, video obrolan yang akan memudahkan pengguna belajar karena dilengkapi teks interaktif.

Situs ini juga bisa menambahkan kosa kata tertentu dalam daftar kosa kata untuk dipelajari lagi nanti.

Demikian  situs-situs penunjang pembelajaran bahasa Inggris  yang bisa guru coba.

 

Mari tingkatkan kemampuan guru dalam mengajar dengan bergabung menjadi member e-guru.id. Anda dapat mengakses berbagai pelatihan guru secara GRATIS setelah bergabung. Klik LINK INI untuk mendaftar.

Penulis: Agriantika Fallent

 

 

 

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Akibat PTM Tak Konsisten, Pendidikan Indonesia Mengalami Penurunan Kualitas

Kesiswaan

Begini Caranya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa

Kesiswaan

H-6 Menuju Pengumuman SBMPTN 2022, Begini Cara Cek Hasilnya!

Kesiswaan

7 Cara Menyampaikan Pendapat yang Baik Bagi Siswa
ide ice breaking pramuka

Kenaikan Pangkat

Ice breaking solusi jenuh dalam belajar
insekuritas siswa

Kesiswaan

Rasa Insekuritas Siswa yang Wajib Orang Tua Ketahui
Strategi Guru

Guru Honorer

Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Siswa

Kesiswaan

Ini Dia Jenis-Jenis Penyesuaian Diri yang Perlu Kamu Ketahui