Home / Kesiswaan

Jumat, 2 September 2022 - 12:09 WIB

Awas Nomophobia! Bahaya Kecanduan Gadget pada Gen Z

Kecanduan Gadget – Perkembangan teknologi yang cepat menjadikan gadget juga semakin canggih. Gadget atau gawai hampir menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari, apalagi di kalangan Gen Z. Anak-anak pada zaman sekarang sudah mahir mengoperasikan gadget, bahkan mengalahkan orang yang lebih dewasa. Sampai sampai mereka membawa gadget di mana pun dan kemana pun mereka pergi. Perhatikanlah, apakah kalian termasuk salah satu anak zaman sekarang yang kencanduan gadget? Hati-hati, banyak dampaknya bagi kesehatan lho!

Gadget memang memiliki manfaat yang banyak dan menjadi sarana yang memudahkan kita untuk melakukan kegiatan. Menggunakan gadget kita dapat melakukan berbagai hal mulai dari penunjang belajar sampai saran hiburan.  Contohnya saja, membaca buku, menonton film, searching, melakukan transaksi, memesan makanan atau barang dan banyak lagi. Oleh karena itu, banyak yang tidak bisa sehari saja tanpa memegang gadget.

Sindrom kecanduan gadget ini dikenal dengan nomophobia yang berasal dari istilah “no-mobile-phone-phobia”. Nomophobia ini menyerang banyak kalangan dan usia. Namun, sindrom ini paling banyak menyerang anak-anak milenial atau gen z, yang sangat selalu suka bermain gadget, dan ingin selalu update dengan hal-hal yang baru.

Gejala Sesorang Kecanduan Gadget

Tanpa sadar banyak orang yang sebenarnya sudah terkena sindrom nomophobia atau kenacanduan gadget, namun dengan tingkat yang berbeda-beda. Mulai dari yang ringan, sampai kecanduan yang cukup parah. Berikut tanda-tanda kecanduan gadget yang perlu diketahui:

  • Kalian akan selalu mencari gadget saat membuka mata di pagi hari
  • Kalian tidak tahan jika sehari tanpa gadget
  • Merasa cemas berlebih jika baterai gadget sudah sangat rendah bahkan sampai mati
  • Kalian merasa ingin mengecek gadget setiap 5 menit sekali
  • Selalu menggenggam gadget, bahkan saat makan, berjalan, memasak, bahkan saat ke toilet
Baca juga:   Ini Dia Jenis-Jenis Penyesuaian Diri yang Perlu Kamu Ketahui

Bisa kalian amati jika minimal 3 dari ke 5 point di atas menggambarkan keadaan saat ini, maka kalian sudah bisa dikatakan terkena sindrom nomophobia.

Dampak dari Kecanduan Gadget

Bahaya dari kecanduan gadget ini tidak anggap sepele, karena kebiasaan ini memberikan dampak buruk bagi Kesehatan:

  1. Gangguan Kesehatan Mata

Menggunakan gadget terlalu seringa atau di tempat yang minim pencahayaan bisa membuat mata menjadi rusak. Karena hal tersebut menimbulkan efek panas dan kering pada mata. Jika hal tersebut terus menerus terulang, maka mata bisa Lelah, tak nyaman, merah dan mengalami gangguan penglihatan, seperti mata minus, kabur, silinder dan yang lain.

  1. Pola Tidur Terganggu

Jika anak kecanduan gadget salah satu cirinya adalah tidak bisa berhenti memainkan gadget, bahkan sampai larut malam. Bermain gadget, menimbulkan rasa senang dan ketagihan, bahkan jika selalu mengikuti keinginan tersebut akan mengalami insomnia. Hal tersebut menyebabkan terganggunya waktu tidur, sehingga bisa menimbulkan berbagai penyakit yang mudah menyerang.

  1. Mengubah Postur Tubuh

Anak yang kecanduan gadget tanpa sadar akan selalu menunduk untuk melihat gadgetnya, sehingga rentan mengalami gangguan leher. Ketika leher lebih condong ke depan dan menunduk, beban leher dan tulang belakang akan menopang kepala. Hal tersebut menyebabkan leher dan punggung terasa nyeri. Jika dibiarkan akan berdampak pada postur menjadi bungkuk.

  1. Menganggu Kegiatan Belajar
Baca juga:   Penerapan Literasi dan Numerasi untuk Mewujudkan Karakter Pelajar Pancasila

Seorang anak yang tidak bisa berhenti bermain gadget, akan selalu menghabiskan waktunya bermain sepuasnya sampai lupa untuk belajar. Bahkan, ketika di sekolah pun akan tidak konsentrasi karena akan terbayang-bayang akan gadgetnya atau game online, akhirnya nilai belajar pun akan menurun.

  1. Jarang Bersosialisasi

Istilah yang pernah popular di kalangan masyarakat karena gadget ialah “gadget mendekatkan yang jauh, namun menjauhkan yang dekat”. Faktanya, kecanduan gadget menyebabkan gen z lebih sering mengandalkan komunikasi melalui aplikasi chatting. Hal tersebut, membuat mereka jarang bertemu dengan orang-orang, bahkan hubungan pertemanan sampai keluarga pun jadi merenggang.

Itulah ulasan mengenai bahaya yang bisa kalian dapat jika kecanduan gadget. Jika kalian atau anak kalian mengalami hal-hal di atas, cobalah segera mengatasinya. Salah satu cara yang dapat dilakukan dengan cara terapi dengan ahlinya.

Anda tidak punya referensi mengenai terapi tentang kecanduan gadget? Jangan khawatir e-Guru.id menyelanggarakan Pelatihan 32 JP Membuat Computer Based Test (CBT) Menggunakan Platform Moodle.

Segera datarkan diri Anda untuk mempelajari Pelatihan Kecanduan Gadget Pada Anak!

(nna/rtq)

Share :

Baca Juga

Tenaga Honorer

Guru Honorer

Tips dan Trik Menjadi Guru Hebat di Pasca Pandemi
7 Gaya Belajar Siswa yang Wajib Guru Ketahui

Kesiswaan

Tri Pusat Pendidikan : Sinergi Menyukseskan Pendidikan

Kesiswaan

Begini Cara Membentuk Karakter Disiplin Siswa

Kesiswaan

Teknik Bermain Peran (Role Playing) Untuk Penguatan Karakter Siswa
tips membuat best practice

Admin Sekolah

Langkah menyusun asesmen P5 dengan mudah
Model Pembelajaran Make a Match untuk Efektifitas Pembelajaran

Kesiswaan

Mengenal Lebih Dalam Sosial Emosional Learning

Kesiswaan

Begini Strategi Agar Siswa Tidak Mencontek Saat Ujian

Kesiswaan

Waspada! Kenali Gejala Kecanduan Gadget Pada Anak