Home / News

Selasa, 22 November 2022 - 05:59 WIB

Cara Menumbuhkah Keberanian Siswa Berpendapat atau Bertanya di Kelas

Sebagai seorang pendidik, selain mengajar dan membentuk karakter, harus bisa menumbuhkan keberanian siswa dalam berpendapat atau bertanya.

Salah satu nilai dan sikap yang perlu diterapkan oleh siswa yaitu menyampaikan pendapat dengan baik. Berpendapat yang baik bahkan dekat dengan nilai kebijaksanaan tentu tidaklah mudah. Sebab berargumentasi membutuhkan kemampuan berliterasi yang mumpuni serta pengelolaan daya pikir yang matang.

Bila tidak ada kombinasi keduanya, maka bisa saja argumentasi yang dimunculkan hanya sekedar argumentasi tak berdasar dan malah terkadang out of topic.

Namun dalam pembelajaran, tidak semua pelajar harus menyampaikan pendapat secara sempurna dengan tingkat kematangan dan relevansi yang pas terkait topik permasalahan.

Seorang pelajar yang memiliki keberanian untuk menyampaikan pendapat saja perlu mendapat apresiasi.

Mengapa Pelajar Jarang Menyampaikan Pendapat atau Sekadar Bertanya?

Pelajar yang tak mau menyampaikan pendapat atau bertanya tentu memiliki beberapa alasan. Misalnya, ada sebagian pelajar yang merasa bahwa dirinya adalah seseorang yang bodoh. Selain itu, ada juga pelajar yang takut bila pendapat atau pertanyaannya salah maka akan ditertawakan oleh teman – teman.

Baca juga:   Istimewa! Ada 8 Kategori Guru Honorer Langsung Lulus Tanpa Mengikuti Tes Seleksi PPPK 2022

Bahkan mereka akan merasa khawatir ketika seorang guru memanggil namanya untuk penyelesaian tugas di depan kelas. Bagian terakhir yang paling sering yakni banyak pelajar yang ketakutan untuk berpendapat sebab mereka masih belum bisa merangkai kalimat dengan baik.

Maka dari itu, penting bagi pendidik untuk menumbuhkan keberanian siswa dalam hal tersebut. Caranya dengan melatih dan mengajarkan pelajar apalagi di jenjang SD untuk mengolah kata agar menjadi penyampaian kalimat yang benar. Sebab komunikasi merupakan salah satu landasan untuk meningkatkan interaksi sosial baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat.

Bayangkan bila pelajar tak bisa berkomunikasi dengan baik? Tentu akan ada banyak kesalahpahaman yang terjadi.

Strategi Meningkatkan Keberanian Pelajar dalam Proses Penyampaian Pendapat yang Bijak

Sebagai pendidik yang baik, anda dapat meningkatkan motivasi pelajar untuk menyampaikan pendapatnya dengan beberapa langkah berikut :

Pertama, anda harus meniatkan dan berkomitmen pada diri sendiri untuk lebih mencurahkan waktu dan tenaga agar dapat memberi serta mencontohkan keteladanan pada para pelajar agar berani menyampaikan kebenaran.

Baca juga:   Cara Cek Penerbitan NIP CPNS dan PPPK Guru melalui Portal BKN

Kedua, ajarkanlah pelajar untuk berpendapat dengan cara yang baik dan sopan. Mulai dari mengajarinya untuk bertutur kata yang baik selama di dalam kelas. Selain itu, jangan sampai pelajar menjadikan kondisi personal seseorang sebagai alasan untuk berargumentasi karena nanti pasti akan terjadi pembiasan.

Ketiga, jangan pernah ajarkan atau memberi keteladanan dimana pelajar harus memotong pembicaraan orang atau antar temannya sendiri. Biasanya kondisi ini sering terjadi ketika di dalam kelas.

Keempat, selain belajar menyampaikan pendapat, usahakan agar pelajar dapat memahami cara untuk menyampaikan data dengan keseluruhan data yang lengkap dengan akal sehat yang baik.

Nah demikian ulasan mengenai cara menumbuhkan keberanian siswa dalam penyampaian pendapat yang bijak. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

News

Breaking News! Gaji Ke-13 PNS dan Pensiunan Akan Segera Cair, Berikut Besarannya

News

Pentingnya Pendidikan Seks pada Siswa Sekolah Dasar

News

Kemendikbudristek Ciptakan Hasil Rapor Pendidikan Indonesia sebagai Upaya Perbaikan Mutu Pendidikan

News

Cara Cek Info GTK, Kenapa Tunjangan Profesi Guru Belum Bisa Cair
ilustrasi seleksi PPPK

News

7 Tips Lolos Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja

News

Cara Menyusun Rubrik Penilaian bagi Guru Pemula

News

Apa Itu Proses Belajar Mengajar?

News

Cara Cek Penerbitan NIP CPNS dan PPPK Guru melalui Portal BKN