Home / Admin Sekolah

Sabtu, 12 Maret 2022 - 06:33 WIB

Cara Mudah Membuat Akun Belajar Id atau Platform Merdeka Mengajar

Ilustrasi membuat promes

Ilustrasi membuat promes

Akun Belajar Id atau Platform Merdeka Mengajar– Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi merilis platform Belajar Id yang bisa membantu siswa selama pembelajaran jarak jauh. Sebelum menggunakannya, peserta didik dan pendidik harus memiliki akun Belajar Id atau platform merdeka mengajar, yaitu sebagai berikut.

Cara Mendapatkan Akun Belajar Id

Cara utama untuk mendapatkan akun Belajar Id adalah dari operator sekolah yang akan mendistribusikannya kepada siswa dan guru. Selain itu, ada juga cara mandiri yang bisa dicoba untuk mendapatkan akun Belajar Id. Simak ulasan berikut cara mendapatkan akun Belajar Id.

1. Cara Operator Sekolah Mendapatkan Akun Belajar Id

Operator sekolah harus login ke situs data kemendikbud terlebih dahulu menggunakan username dan password yang dimiliki. selanjutnya, operator sekolah bisa klik pada opsi unduh akun dan mengetuk pada pilihan peserta didik.

Selanjutnya, unduh file akun Belajar Id untuk siswa dan guru ini dalam bentuk CSV yang bisa dibuka melalui spreadsheet. File tersebut berisi user id dan kata kunci akun pembelajarn yang akan diberikan kepada seluruh pengguna di sekolah tersebut.

Lalu, operator sekolah bertugas untuk mendistribusikan akun pembelajaran kepada seluruh pengguna di sekolah. Distribusi ini dilakukan kepada guru dan siswa secara bertahap dimana operator sekolah bisa membaginya per kelas agar lebih efisien.

Baca juga:   Kenali Google Workspace for Education sebagai Wujud dari Digitaliasai Pendidikan Era Merdeka Belajar melalui Teknologi

2. Cara Mendapatkan Akun Belajar Id untuk Siswa, Guru, dan Tenaga Kependidikan

Akun belajar Id atau platform merdeka mengajar untuk guru dan siswa bisa didapatkan dari operator sekolah. Pertama, guru dan siswa akan langsung mendapatkan user Id dan kata sandi yang bisa digunakan untuk login ke dalam platform tersebut.

Selanjutnya, guru atau siswa bisa mengunjungi laman mail.google untuk memasukkan user Id dan kata sandi tersebut. Berikutnya, ada laman berisi syarat dan ketentuan penggunaan akun Belajar ID sebagai pengganti akses masuk masuk kata sandi.

Lalu, akun Belajar Id sudah aktif dan bisa digunakan untuk kegiatan belajar, seperti akses materi misalnya. Guru dan siswa bisa mengakses semua fitur yang ada di platform Belajar Id sesuai dengan statu akunnya.

3. Cara Mendapatkan Akun Belajar Id Mandiri

Apabila tidak mendapatkan akun Belajar Id dar operator sekolah, maka Anda bisa membuatnya sendiri secara online. Pertama, buka laman belejar.id untuk mengisi formulir pendaftaran. Berikutnya, pendaftar akan diminta mengisi nama lengkap, tipe pengguna, tanggal lahir, dan NPSN.

Selanjutnya, masukkan alamat email pribadi untuk mengirimkan informasi terkait detail akun dan kata sandinya. Lalu, buka email untuk melihat kotak masuk dari Belajar Id yang berisi nama akun dan kata sandi.

Baca juga:   Dana BOS Kemenag Tahap 2 Siap Dicairkan

Pengguna Akun Belajar Id

Akun Belajar Id digunakan oleh peserta didik untuk menunjang pembelajaran jarak jauh dengan maksimal. Peserta didik dalam hal ini adalah mulai dari pendidikan anak usia dini, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan kejar paket.

Selain itu, akun belajar Ied juga ditujukan untuk guru dan tenaga pendidik yang ada pada semua tingkatan tersebut. Kepala sekolah selaku pimpinan lembaga pendidikan juga akan mendapatkan akun Belajar Id.

Tenaga operator sekolah yang namanya terdaftar di Dapodik juga akan mendapatkan akuna Belajar Id karena juga bertugas mendistribusikannya kepada pengguna lain di instansi tersebut. Lalu, pihak dinas pendidikan, pengawas, pamong belajar, dan penilik sekolah

Akun belajar Id atau platform merdeka mengajar saat ini bisa dijadikan alternatif untuk melaksanakan PJJ. Apalagi platform yang dikembangkan oleh Kemendikbud ini disediakan secara gratis dan bisa diakses melalui website, sehingga tidak memerlukan aplikasi.

Silahkan Bergabung dan Belajar Bersama Diklat 64 JPPenyusunan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (KOSP), Modul Ajar dan Modul Project“.Klik¬†LINK INI¬†untuk mendaftar jadi peserta.

Share :

Baca Juga

Admin Sekolah

Guru Wajib Paham! Inilah Fungsi Dapodik dan Jenisnya

Admin Sekolah

Selain Jadi Guru, Sarjana Pendidikan Bisa Jadi ini, Loh!

Admin Sekolah

Mengenal lebih dalam tentang Rapor Pendidikan Indonesia

Admin Sekolah

Kemendikbudristek Resmi Rilis Platfrom Terbaru “Rapor Pendidikan”

Admin Sekolah

5 Prinsip Penting Administrasi Kurikulum
Tips menjadi kepala sekolah yang baik

Admin Sekolah

Tugas Kepala Sekolah yang Jarang Diketahui
Ilustrasi model pembelajaran inovatif

Admin Sekolah

Cara Menentukan Visi dan Misi Satuan Pendidikan sesuai Kurikulum Operasional
contoh deskripsi pengalaman kerja pppk guru

Admin Sekolah

Google Workspace Penakluk Online Learning