Home / Kenaikan Pangkat

Selasa, 22 Februari 2022 - 22:09 WIB

Fitur Tersembunyi Microsoft Word Memudahkan Administrasi Guru

Fitur tersembunyi Microsoft Word ternyata dapat membantu memudahkan pekerjaan. Aplikasi ini memang merupakan salah satu aplikasi yang familiar serta banyak dipakai untuk membantu mengerjakan berbagai tugas termasuk administrasi guru. Dari mulai surat menyurat hingga untuk penyusunan karya tulis.

Meski aplikasi ini sudah sangat familiar, namun ada beberapa fitur yang terkadang tidak diketahui keberadaan dan fungsinya. Padahal jika kita mengetahuinya, fitur-fitur ini akan sangat bermanfaat bagi Bapak/Ibu guru dalam menyusun administrasi sekolah.

Berikut fitur tersembunyi Microsoft Word yang dapat memudahkan administrasi guru.

Fitur Tell Me

Fitur ‘Tell Me’ berfungsi untuk memerintahkan Microsoft Office Word untuk melakukan apa saja yang diinginkan. Pengguna dapat melakukan perintah dengan cara mengetikkan kata pada kotak teks. Letak dari fitur ini ada pada ribbon sebelah kanan dengan tulisan “Tell me what you want to do”.

Guru yang kebingungan dengan fitur Word yang sangat banyak, tentu akan sangat terbantu dengan adanya fitur ini. Hanya dengan satu tombol perintah ini, guru dapat melakukan berbagai hal. Fitur ini seakan menjadi tombol pintasan yang membawa pengguna kepada tujuan tanpa susah payah dan juga tentunya sangat bermanfaat.

Fitur Thesaurus

Fitur thesaurus memiliki fungsi membantu menemukan sinonim atau persamaan kata. Bagi guru yang tengah menyusun karya tulis, fitur ini pasti akan membantu guru untuk menemukan kata-kata yang tepat untuk digunakan.

Baca juga:   Memahami Pembelajaran HOTS

Kekurangan dari fitur ini adalah Anda perlu memasang semacam plugin seperti kamus berbahasa Indonesia untuk dapat mencari sinonim dalam bahasa Indonesia. Karena fungsi aslinya hanya mampu menemukan sinonim dalam bahasa Inggris.

Fitur untuk Password dan Keamanan Dokumen

Entah guru tahu atau tidak, sebetulnya dokumen Word bisa dipasang password. Fitur ini akan bermanfaat bagi guru yang tengah menyimpan dokumen penting seperti kunci jawaban, nilai siswa, soal ujian, dan dokumen penting sekolah lainnya yang tidak boleh dilihat sembarang orang.

Sebelumnya, Microsoft Office 95 sampai 2003 memiliki proteksi yang lemah. Kata sandi yang dibuat di Microsoft tersebut mudah diretas. Oleh karena itu, mulai Microsoft Office 2007 memiliki keamanan dokumen yang lebih baik.

Fitur password ini dapat ditemukan di menu “File” sebelah kiri atas layar kemudian “Protect Document” dan pilih menu “Encrypt with Password”.

Fitur Equation Toolbar

Bagi guru yang sering membuat soal atau modul pembelajaran matematika atau pelajaran lain yang memerlukan rumus, maka fitur ini akan mengefisienkan pekerjaan tersebut. Fitur Equation memungkinkan guru membuat dan mengatur rumus yang ingin ditampilkan dengan otomatis. Sehingga guru tak perlu mengetiknya dengan manual.

Baca juga:   Pelajar Pancasila.

Fitur ini berada di menu Insert. Anda juga dapat membuka fitur ini dengan menekan tombol Alt + = pada keyboard. Apabila fitur equation tidak aktif, maka guru dapat mengaktifkannya dengan klik tanda segitiga kebawah di “quick access”. Kemudian klik “More Commands”. Setelah mucul kotak dialog, pilih “ Quick Access Toolbar”. Klik tanda segitiga di popular commands, All Commands.

Cari “Equation Options” dan “Add” sehingga muncul di panel kanan lalu klik OK. Dengan begitu, menu Equation akan muncul.

Translate Tool

Ternyata guru dapat menerjemahkan teks tanpa perlu mengunjungi google translate. Dalam Microsoft Office Word juga terdapat fitur translate yang tidak kalah bagus. Fitur ini dapat menerjemahkan tidak hanya satu dua kata, namun juga keseluruhan teks.

Cara penggunaanya, cukup pilih teks yang ingin diterjemahkan. Lalu pilih menu “Review” dan klik “Translate”. Terdapat opsi “Translate Selection” dan “Translate Document”. Pilihlah sesuai kebutuhan.

Demikian fitur tersembunyi Microsoft Word yang dapat memudahkan administrasi guru. Semoga bermanfaat.

 

Ingin mendapatkan pelatihan-pelatihan guru secara GRATIS? Jadilah bagian member e-guru.id dan Anda akan dapat mengakses pelatihan-pelatihan guru tiap minggunya. Klik LINK INI untuk mendaftar.

Penulis: Agriantika Fallent

Share :

Baca Juga

Kenaikan Pangkat

Selamat! 5 Kategori ini Bisa Mendaftar CPNS dan PPPK 2022, Simak dalam SE Terbaru Menpan-RB

Guru Honorer

Tidak Ada Tenaga Honorer Pada Tahun 2023, Pemerintah Rencanakan Prioritas Pengangkatan

Kenaikan Pangkat

Pentingnya Laporan Publikasi Ilmiah Bagi Guru

Kenaikan Pangkat

8 Data Wajib Dipersiapkan Saat Akan Mendaftar PPPK Tahun 2022

Kenaikan Pangkat

Tantangan Milenial
peran apresiasi guru terhadap antusias belajar

Kenaikan Pangkat

Peran Apresiasi Guru Terhadap Antusias Belajar Peserta Didik

Admin Sekolah

Artikel ilmiah mudah dipublish? Simak berikut ini

Kenaikan Pangkat

Pendidikan Agama Islam, istidraja
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.