Home / Kurikulum

Kamis, 17 November 2022 - 19:00 WIB

Prinsip Projek untuk Menguatkan Profil Pelajar Pancasila

Pada awal tahun 2022, pemerintah secara resmi telah mewacanakan pada seluruh satuan pendidikan terutama dari jenjang SD – SMP untuk bisa menerapkan kebijakan Kurikulum Merdeka untuk menggantikan kurikulum sebelumnya. Di dalam kurikulum baru tersebut mengandung sebuah program yang kemudian disebut dengan penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Dibanding dengan kurikulum sebelumnya, kurikulum terbaru ini memiliki ciri khas tersendiri yakni pemberlakukan adanya program kebijakan penguatan Profil Pelajar Pancasila. Hal ini penting sebab fakta dari sebagian pelajar hari ini seringkali mulai melupakan nilai nilai dari Pancasila.

Prinsip Projek untuk Pengembangan Profil Pelajar Pancasila

Nah, dalam penerapannya seorang pendidik maupun satuan pendidikan perlu untuk memahami adanya kunci atau prinsip dalam pelaksanaan projek Profil Pelajar Pancasila. Adapun prinsipnya yakni :

1.    Holistik

Prinsip pertama yakni holistik atau dalam pembahasaannya yakni menyeluruh. Sehingga materi atau konteks yang dirancang tidak bersifat parsial atau terpisah. Perancangan program Profil Pelajar Pancasila yang menyeluruh, tentu akan membutuhkan kerangka berfikir secara holistik.

Sederhananya, prinsip tersebut akan mendorong para pendidik maupun tenaga satuan pendidikan untuk membuat sebuah program dengan menjadikan isu yang dikaji mendalam untuk dibuat sebagai bahan referensi.

Baca juga:   Bagaimana Penerapan Kurikulum Merdeka SMA?

Maka dari itu, kehadiran dari tema projek yang akan dilaksanakan tentu bukan sebagai wadah tematik yang dapat menghimpun berbagai mapel. Namun akan lebih diutamakan untuk proses peleburan adanya berbagai sudut pandang pada perancangan konteks.

Selain itu, paradigma holistik akan dapat mendorong pendidik untuk melihat adanya koneksi. Koneksi tersebut terbagi dalam beberapa komponen yakni penyelenggaran projek, pendidik, peserta didik, sekolah, lingkungan masyarakat serta adanya ragam realitas dalam kehidupan sehari – hari.

2.    Kontekstual

Kemudian, prinsip selanjutnya yakni kontekstual. Kontekstual berkaitan dengan serangkaian kegiatan yang harus dikondisikan berkaitan dengan keseharian peserta didik.

Pun dengan menjalankannya pada rancangan program profil pelajar Pancasila akan mendorong pendidik maupun peserta didik agar bisa menjalani kehidupan sekitar.

Sehingga penting untuk memasukkan realita kehidupan menjadi sumber referensi pembelajaran. Tema projek yang bisa disiapkan yakni dengan memberikan pengalaman secara nyata berupa persoalan yang terjadi di masing – masing wilayah. Harapannya, peserta didik dapat menjalani pembelajaran secara bermakna untuk tetap aktif dalam peningkatan pemahaman maupun kemampuannya.

Baca juga:   Kenali Google Workspace for Education sebagai Wujud dari Digitaliasai Pendidikan Era Merdeka Belajar melalui Teknologi

3.    Berpusat Pada Peserta Didik

Prinsip ini berkaitan dengan adanya skema pembelajaran agar bisa mendorong para peserta didik untuk berperan sebagai subjek pembelajarannya. Idealnya, pendidik perlu mengurangi perannya sebagai orang yang menjadi fokus utama dan memberikan ceramah. Beberapa kali, cobalah berikan kesempatan pada peserta didik untuk menjadi pemain utamanya.

4.    Eksploratif

Kemudian prinsip selanjutnya yakni eksploratif. Prinsip ini akan menjadi jalan untuk bisa memberikan kesempatan pada peserta didik agar melakukan pengembangan diri. Pendidik pun dapat membantu dengan memerankan dirinya sebagai fasilitator pembelajaran.

Nah demikian ulasan mengenai prinsip dalam projek penguatan Profil Pelajar Pancasila dan beberapa sub bahasannya. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

Admin Sekolah

Kenali Google Workspace for Education sebagai Wujud dari Digitaliasai Pendidikan Era Merdeka Belajar melalui Teknologi

Kurikulum

Ini Dia Tujuan dan Keunggulan Kurikulum Merdeka Bagi Guru dan Siswa

Kurikulum

KOSP: Bukan Lagi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Ini Pengganti KTSP di Kurikulum 2022

Kesiswaan

Bagaimana Cara Mengembangkan Potensi Diri Siswa

Kurikulum

Cara Penyusunan Program Semester Kurikulum Merdeka

Kurikulum

Begini Tahapan dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka

Kesiswaan

Cara Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik

Kurikulum

Cara Menyusun Rubrik dalam Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.