Home / PPG

Senin, 29 Agustus 2022 - 13:26 WIB

Tips Mengatasi Bosan Saat Mengajar

Sebagai seorang guru, tak jarang Anda merasakan bosan dan jenuh saat mengajar. Hal ini dapat dikatakan wajar. Namun jangan sampai rasa bosan tersebut membuat kinerja Anda menutun. Jangan biarkan rasa bosan tersebut menempel terus-menerus pada diri Anda. Jangan khawatir, berikut akan dibahas tips mengatasi bosan saat mengajar yang bisa Anda coba.

Mengatasi bosan saat mengajar

Rasa bosan biasanya muncul karena seseorang terus menerus melakukan hal yang sama setiap harinya tanpa ada perubahan. Kegiatan monoton yang terus berulang ini tak jarang menimbulkan rasa jenuh. Selain itu, rasa jenuh pada saat mengajar bisa disebabkan karena suasana kelas yang kurang menyenangkan.

Tidak hanya suasana kelas yang bisa menjadi faktor munculnya kebosanan saat mengajar. Materi yang berat juga bisa menjadi alasan lainnya. Bisa juga karena keadaan tubuh yang lelah dan kurang fit. Tubuh yang lelah juga membuat aktivitas mengajar menjadi membosankan.

Walaupun banyak sebabnya, apakah kebosanan saat mengajar dapat diatasi? Tentu saja bisa. Berikut adalah tips mengatasi bosan saat menagajar yang bisa Anda coba. Semoga bemanfaat.

Ubah metode mengajar

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bosan saat mengajar yakni dengan mengubah metode mengajar di kelas. Memang mengubah metode mengajar tidak semudah kelihatannya. Ibarat Anda harus merombak metode mengajar dari awal. Namun, cara ini dapat membantu Anda agar tidak lagi bosan ketika sedang mengajar.

Ada banyak metode mengajar yang bisa Anda terapkan di kelas. Jika biasanya Anda berdiri di dekat papan tulis sambil menerangkan materi, Anda bisa mencoba metode mengajar berkeliling. Metode mengajar yang satu ini memungkinkan Anda melihat perkembangan murid dari dekat. Selain itu, interaksi dengan murid juga lebih sering.

Atau bisa juga Anda mengadakan forum atau diskusi di kelas. Dengan mengadakan diskusi bersama para murid, Anda tidak perlu banyak bicara di kelas. Biarkan murid melakukan diskusi dengan murid lain. Anda hanya perlu menjadi fasilitator jika ada murid yang bertanya atau mengalami kendala. Mengadakan diskusi juga bisa membuat murid lebih aktif di kelas.

Ciptakan suasana kelas yang menyenangkan

Cara mengatasi bosan saat mengajar lainnya adalah menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Susana kelas yang menyenangkan tidak hanya bermanfaat untuk siswa saja tentunya. Suasana hati guru yang tadinya mendung bisa menjadi cerah kembali dengan suasana kelas yang seru dan menyenangkan.

Baca juga:   Ingin Naik Pangkat? Kenali Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Kelebihan serta Kekurangannya bagi PNS

Tidak hanya mengusir rasa jenuh. Guru juga bisa lebih bersemangat dalam menyampaikan materi apabila suasana kelas mendukung. Materi pelajaran yang disampaikan guru akan lebih mudah dipahami siswa jika guru menjelaskan dengan sepenuh hati.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat suasana kelas yang menyenangkan yaitu dengan membuat yel-yel seru. Yel-yel ini nantinya diserukan disela-sela jam pelajaran. Menyerukan yel-yel membuat perhatian siswa fokus dan tidak bosan. Atau bisa juga dengan menghias kelas agar suasana kelas tidak hambar.

Alternatif lain yakni Anda bisa mengajak murid belajar di luar kelas. Misalnya seperti belajar di taman, lebih dekat dengan alam. Cara ini telah banyak terbukti mengurangi rasa bosan baik untuk siswa maupun guru. Dengan pikiran yang fresh, siswa bisa lebih menerima materi yang guru sampaikan.

Sisispkan waktu untuk istirahat saat mengajar

Istirahat di sela kesibukan mengajar juga bisa menjadi cara mengatasi rasa bosan saat mengajar. Waktu istirahat yang diperlukan tidak perlu lama. Hanya cukup 2 hingga 3 jam saja, Anda bisa rileks sejenak. Istirahat tidak hanya tidur tentunya. Anda bisa keluar dari kawasan sekolah, mencari udara segar.

Atau Anda bisa melakukan hoby ringan saat ada jam unntuk istirahat. Jika Anda penyuka seni, tidak ada salahnya menyalurkan hobi seni Anda di jam istirahat. Namun sebelum mengambil waktu untuk istirahat, pastikan Anda memberi tahu murid terlebih dahulu. Jika murid tak mendapatkan pemberitahuan apapun, maka akan terjadi jam kosong. Tentu Anda tidak ingin ditegur atasan karena membiarkan murid jam kosong.

Rajin olahraga

Rajin olahraga memiliki banyak manfaat. Cara mengatasi bosan saat mengajar yang satu ini terbilang efektif. Tidak hanya mengusir rasa jenuh, Anda juga bisa mendapatkan manfaat lainnya dari rajib olahraga.

Waktu olahraga yang diperlukan juga tidak terlalu menyita waktu. Cukup sekitar 5 sampai 10 menit waktu untuk olahraga, pikiran Anda akan kembali fresh. Namun perlu diingat, kegiatan olahraga ini harus dlakukan rutin agar memberikan hasil yang maksimal. Jangan hanya karena mood Anda sedang baik saja, baru melakukan aktivitas olahraga.

Olahraga yang bisa Anda lakukan bisa banyak hal. Tidak perlu aktivitas yang memberatkan intinya. Mulai dari yoga atau meditasi setelah bangun tdiur dan sebelum tidur. Yoga dan meditasi telah terbukti mampu mengurangi rasa jenuh dan stress.

Baca juga:   Cara Mengajar Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa

Tidur yang cukup

Cara mengatasi bosan saat mengajar berikutnya adalah tidur yang cukup. Hal ini mungkin kedengaran sepele. Namun jika diabaikan, ada banyak dampak negatif untuk tubuh. Salah satunya cepat merasa jenuh saat melakukan rutinitas.

Kurang tidur tidak hanya buruk bagi kesehatan. Kurang tidur menyebabkan Anda kekurangan energi. Hal ini akan membuat Anda kurang semangat dalam melakukan rutinitas, mengajar salah satu contohnya. Kurang energi membuat tubuh menjadi lelah, alhasil Anda merasa bosan dan tak bersemangat saat mengajar.

Jangan sampai Anda memaksakan diri ketika melaksanakan kewajiban sebagai guru. Mengajar memang merupakan sebuah prioritas untuk guru. Namun Anda juga harus memperhatikan kondisi kesehatan Anda. Jangan sampai Anda kurang istirahat atau kinerja Anda akan mengalami penurunan.

Mempelajari hal baru

Tidak hanya murid yang mempelajari hal baru. Guru juga bisa mempelajari hal baru. Belajar tentu tidak terikat dengan usia. Dengan belajar hal baru, Anda dapat mengatasi bosan saat mengajar. Ilmu baru yang Anda dapatkan nantinya juga bisa dibagi ke murid Anda.

Misalnya saja Anda belajar memasak, melukis, bermain musik, dan lain sebagainya. Siapa tahu dengan mencoba hal baru tersebut, Anda menemukan passion lain selain mengajar. Atau Anda bisa menemukan hobi baru dengan mencoba hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya.

Berlibur sejenak

Jika semua cara di atas tak membuahkan hasil berlibur sejenak adalah cara terakhir mengatasi bosan saat mengajar. Anda perlu memanjakan diri bersama orang terdekat. Tidak melulu melakukan tugas utama sebagai seorang guru, yakni mengajar. Jadwalkan waktu untuk berlibur bersama keluarga, lakukan komunikasi dengan atasan Anda.

Berlibur akan menjauhkan Anda dari rutinitas yang membosankan. Melakukan hal-hal menyenangkan bersama keluarga akan membuat suasana hati Anda bahagia. Namun perlu diingat, setelah liburan usai, Anda harus kembali melaksanakan kewajiban sebagai seorang guru. Tidak hanya murid yang butuh libur, guru pun juga butuh libur.

Nah, demikianlah beberapa cara mengatasi rasa bosan saat mengajar yang bisa Anda coba. Setelah rasa bosan hilang, pastinya Anda akan lebih bersemangat saat kembali mengajar di kelas. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(RAW)

Share :

Baca Juga

PPG

Apa itu Syarat dan Tujuan Sertifikasi Guru Tahun 2022
Inilah Jadwal dan Syarat Pretest PPG Daljab Kemenag 2022

Kenaikan Pangkat

Inilah Jadwal dan Syarat Pretest PPG Daljab Kemenag 2022

PPG

Peserta PPG Dalam Jabatan 2022 Bisa Didiskualifikasi Jika Melakukan Hal Ini

Guru Honorer

Juknis TPG 2022: Syarat dan Teknis Penyaluran Tunjangan Guru ASN

PPG

3 Jenis Mata Kuliah Ini Wajib Diambil Guru Dalam PPG Prajabatan Model Baru 2022

PPG

Breaking News ! Jadwal Pelaksanaan Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 Segera Dibuka Kembali

PPG

Breaking News ! Pelaksanaan Pretest PPG PAI Kemenag 2022 Diundur, Ini Jadwal Terbarunya

PPG

10 Tahapan Alur PPG Dalam Jabatan 2022