Home / Kurikulum

Jumat, 29 April 2022 - 07:04 WIB

Bukan Teori, Ini 5 Langkah Teknis Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) 2022 Bagi Guru di Sekolah

Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru di Sekolah (IKM) 2022– Kemendikbudristek kembali membuka pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka dengan perpanjangan waktu pendaftaran hingga 30 April 2022, besok. Sebelum mendaftar, ada baiknya Anda perlu mempersiapkan beberapa hal yang mendukung dalam implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Persiapan ini bukan bersifat teori melainkan bersifat teknis, yang bisa Anda praktik secara langsung.

langkah teknis persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) 

Berikut ini 5 langkah teknis persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yaitu

1. Memahami regulasi atau peraturan Penerapan Kurikulum Merdeka

Sebelum mendaftar, Anda harus memahami terlebih dulu regulasi mengenai penerapan Kurikulum Merdeka baik secara umum dan khusus sesuai jenjang. Diantaranya yaitu

  1. Karakteristik Kurikulum Merdeka sesuai jenjang sekolah Anda
  2. Alasan Kurikulum Merdeka diberlakukan untuk mengetahui tujuan adanya kurikulum Merdeka ini. Agar Anda lebih bisa menjiwai dalam pelaksanaannya.
  3. Perbandingan dan Perbedaan Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum 2013
  4. Pembelajaran paradigma baru
  5. Struktur Kurikulum
  6. Pembelajaran Berbasis Proyek
  7. Profil Pelajar Pancasila (Dimensi, elemen, Sub Elemen).

2. Menyiapkan dokumen

Setelah memahami regulasinya, Anda juga perlu menyiapkan dokumen pendukung dalam implementasi Kurikulum Merdeka . Anda bisa menyiapkan dokumen berupa Capaian Pembelajaran, Buku Guru dan Buku Siswa sesuai fase dan Mapel masing-masing.

  1. Pilih satu mata pelajaran
  2. Pilih satu Fase
  3. Download Bukunya dan Capaian Pembelajarannya. Anda bisa mendownloadnya di platfrom Merdeka Mengajar dengan menggunakan akun Belajar.id Anda.
  4. Setelah Anda download, Anda bisa mulai menganalisis dan membandingkan  Konten Materi Pelajaran antara yang ada di Capaian Pembelajaran dengan Buku Guru/Siswa.
  5.  Selain itu, Anda juga perlu membandingkan antara Materi Pelajaran pada Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum 2013.
  6. Catat hasil analisis dan perbandingan yang telah Anda lakukan di buku catatan Anda. Tujuannya hanya sebagai gambaran awal mengenai konten/materi apa saja yang harus diajarkan oleh guru yang bersangkutan kepada siswa saat implementasi Kurikulum Merdeka.
Baca juga:   Yuk Kenalan dengan Kurikulum Merdeka Belajar!

3. Menganalisis Capaian Pembelajaran

Berikutnya, setelah Anda mengunduh dokumen dan menganalisis hasil capaian pembelajaran tersebut. Anda perlu menyusun capaian pembelajaran tersebut kedalam 3 hal yaitu

  1. Menyusun Tujuan Pembelajaran
  2. Selanjutnya, menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Dalam ATP, Anda dapat menentukan tujuan pembelajaran mana yang pertama akan Anda  sampaikan, dan setelahnya.
  3. Dan, berikutnya menentukan Bab-Bab atau materi-materi yang akan kita sampaikan. Nah, sebelumnya Anda sudah mengunduh buku guru dan siswa tersebut. Kemudian, Anda bisa mencocokkan apakah yang Anda rumuskan telah sesuai dengan Bab-Bab atau materi yang ada dalam buku guru dan siswa tersebut.

4. Menyusun Perangkat Ajar

Selesai menyusun Capaian pembelajaran beserta ATP dan Bab-bab materinya. Berikutnya, Anda perlu menyusun Perangkat Ajar. Ada 3 jenis perangkat ajar yang ada dalam Kurikulum Merdeka yaitu

  1. Modul ajar yaitu pedoman pembelajaran yang disusun secara sistematis untuk mencapai kompetensi tertentu dalam CP. Modul ajar ini sebagai pengganti RPP Plus namun lebih lengkap dan praktik.
  2. Bahan Ajar ini semacam sumber belajar dan media pembelajaran bisa berupa video, poster, buku dan lain sebagainya.
  3. Modul Proyek Profil Pelajar Pancasila adalah pedoman pembelajaran proyek, disusun secara sistematik yang digunakan untuk mencapai kompetensi tertentu dalam Profil Pelajar Pancasila.
Baca juga:   Kenali P5 dahulu sebelum menerapkan kepada siswa

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena Kemendikbudristek saat ini telah menyiapkan modul ajar, modul proyek dan bahan ajar bagi guru-guru nantinya. Saat ini, Kontributor sedang menyusun 3 jenis perangkat ajar ini. Namun, perlu Anda ingat, sebagai pengajar. Bagaimana pun, perlu membuat sendiri perangkat ajar agar sesuai dengan kebutuhan siswa Anda di kelas.

5. Memahami Prinsip Asesmen/ Penilaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Terakhir, setelah menganalisis dan menyusun capaian pembelajaran menjadi Alur Tujuan Pembelajaran ke dalam perangkat ajar. Anda juga perlu memahami prinsip asesmen atau penilaian pembelajaran Kurikulum Merdeka. Agar tujuan pembelajaran tercapai dan terukur, maka Anda perlu melakukan asesment pembelajaran. Ada beberapa hal yang harus Anda pahami mengenai asesmen pembelajaran yaitu

  1. Jenis-jenis Asesment beserta fungsi masing-masing. Ada asesmen diagnostik, asesmen formatif dan sumatif.
  2. Prinsip Asesment pada pembelajarna Kurikulum Merdeka
  3.  Prosedur dan langkah-langkah melakukan asesment.

Nah, itu dia 5 teknis persiapan dalam implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) bagi Guru. 5 teknis ini hanya sebagai gambaran awal apa saja yang perlu dipersiapkan oleh Anda sebagai pelaksanan Kurikulum Merdeka ini di sekolah Anda. Semoga Bermanfaat.

Sumber : Youtube Chanel Catatan Guru Muda

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Ingin mendapatkan informasi mengenai pendidikan bisa langsung gabung melalui chanel telegram >>> https://t.me/gurubelajarmerdeka

(Zuzun/ ZH)        

 

Share :

Baca Juga

Kurikulum

Panduan Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Pendidikan Nasional
Kurikulum Merdeka

Kurikulum

Kurikulum Merdeka dan Model Pembelajaran yang Tepat!
Merdeka Mengajar

Kurikulum

Metode Merdeka Mengajar untuk Tahun Ajaran Selanjutnya

Kesiswaan

Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mengembangan Potensi Siswa
Penilaian Akhir

Kurikulum

Masalah Pendidikan Di Indonesia 2022
Mulai Juli 2022, Pancasila Menjadi Mapel Wajib di Sekolah

Kurikulum

Mulai Juli 2022, Pancasila Menjadi Mapel Wajib di Sekolah

Kesiswaan

Pendidikan Usia Dini Dalam Perspektif Islam

Karya Inovatif

Guru Wajib Paham Gaya Belajar Siswa
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.