Home / Guru Honorer

Minggu, 27 Februari 2022 - 21:22 WIB

Lakukan 4 Usaha Untuk Penghasilan Tambahan yang Cocok Bagi Guru Honorer

Usaha Tambahan Bagi Guru Honorer -Guru honorer adalah guru yang bekerja di sekolah instansi pemerintahan akan tetapi statusnya bukan ASN. Guru honorer melakukan tugas dan kewajibannya sebagai seorang guru sama seperti ASN tetapi, penghasilan atau gaji yang diterima tidak sama seperti guru yang statusnya ASN. Nasib guru honorer setiap tahun terus diupayakan oleh Pemerintah. Salah satunya yaitu dengan adanya pengangkatan guru melalui PPPK atau yang dikenal dengan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Untuk guru honorer, kini berkesempatan untuk mendaftar P3K dan bisa mendapatkan gaji dari negara karena guru PPPK termasuk dalam kategori aparatur sipil negara (ASN).

Akan tetapi, untuk menjadi guru PPPK juga tidaklah mudah. Ada syarat dan ketentuan yang berlaku dan harus lulus tes PPPK agar dinyatakan lulus. Padahal setiap guru honorer tentu ingin memiliki gaji atau penghasilan lebih. Tapi jika menunggu sampai lulus dan diterima PPPK tentu akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untuk guru honorer tidak perlu khawatir, karena sekarang banyak usaha atau bisnis yang bisa dijalankan untuk menambah penghasilan. Kira-kira apa saja? Nah, berikut ada 4 usaha sampingan yang bisa dilakukan guru honorer untuk menambah penghasilan.

Menjadi Guru Les/Privat

Seorang guru tentu memiliki kompetensi di suatu bidang tertentu. Hal ini bisa dimanfaatkan dengan menyebarkan ilmu yang dimiliki dengan membuka les privat untuk siswa. Les privat hingga kini masih diminati oleh siswa karena siswa biasanya membutuhkan penguasaan materi yang lebih dari apa yang didapat di sekolahnya. Selain itu, orang tua zaman sekarang juga banyak yang meminta anaknya mengikuti les privat agar waktu di rumah bisa dimanfaatkan dengan hal yang bermanfaat. Usaha menjadi guru les/privat sangatlah mudah, para guru cukup membuat iklan di media sosial atau menyebar pamflet guna mendapatkan siswa les/privat. Nah, setiap siswa yang mengikuti les/privat dengan Anda bisa menjadi sumber tambahan penghasilan.

Baca juga:   Strategi mudah dalam menulis buku kenaikan pangkat guru

Membuka Bisnis Online

Di era yang modern dan serba online, seorang guru honorer bisa memanfaatkan hal ini sebagai peluang usaha. Untuk mendapatkan penghasilan tambahan bisa dengan jualan segala macam barang dari mulai pakaian, makanan, alat rumah tangga, kosmetik dan lain sebagainya yang dijual belikan secara online. Apalagi sekarang banyak orang yang belanja online karena lebih hemat waktu dan tenaga. Oleh sebab itu, bisnis onlin menjadi usaha yang menjanjikan bagi guru honorer yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Membuka Jasa Edit Makalah/Artikel

Bagi guru honorer yang memiliki kemampuan di bidang menulis bisa memanfaatkan kemampuannya tersebut untuk membuka jasa edit makalah atau artikel. Jasa ini bisa ditujukan untuk para mahasiswa yang masih kuliah atau untuk sesama rekan guru yang membutuhkan. Usaha ini mungkin masih jarang dilakukan, tetapi jika memiliki jaringan yang luas maka usaha ini cukup menjanjikan. Karena jika setiap edit satu makalah diberi harga sekitar lima puluh ribu rupiah, maka semakin banyak makalah/artikel yang diedit semakin banyak pula penghasilan yang didapatkan

Baca juga:   Seleksi PPG Prajabatan punya dua kesempatan. Ini penjelasan Kemendikbudristek

Membuka Jasa Membuat Media Pembelajaran

Sebagai seorang guru biasanya dalam menyampaikan materi pembelajaran memerlukan yang namanya media pembelajaran. Namun tidak semua guru bisa membuat media pembelajaran sendiri. Melihat keadaan demikian, hal ini bisa menjadi peluang usaha juga yakni dengan membuka jasa membuat media pembelajaran. Jenis usaha ini seperti membuatkan power point, membuatkan video pembelajaran, membuatkan media sederhana, dan sebagainya. Usaha ini bisa ditawarkan ke rekan sesama guru di sekolah maupun ke guru di sekolah lain.

Wah, ternyata menjadi guru honorer itu asyik ya. Selain bisa menjadi guru di sekolah juga masih bisa membuka usaha yang menambah penghasilan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

 

 

Share :

Baca Juga

Guru Honorer

Cara yang Bisa Dilakukan Guru untuk Memahami Gaya Belajar Siswa

Guru Honorer

Ini Dia Tantangan Berat Bagi Guru Honorer di Tahun 2022

Admin Sekolah

Selain Jadi Guru, Sarjana Pendidikan Bisa Jadi ini, Loh!

Guru Honorer

Teknik Relaksasi Dalam Konseling Individu, Guru BK Wajib Tahu!

Guru Honorer

3 Alasan Pentingnya Guru Melakukan Management Diri
jenis metode pembelajaran untuk anak SD

Guru Honorer

Tips Bagi Guru SD Agar Menguasai Kelas Ketika Kegiatan Belajar Mengajar atau Menguasai Kelas

Admin Sekolah

Pakai Excel, Guru Lebih Mudah Kelola Administrasi
Model Pembelajaran Inkuiri

Guru Honorer

Khusus guru, ubah akun menjadi Canva pro dengan tanpa biaya