Home / Guru Honorer / Kurikulum

Kamis, 31 Maret 2022 - 11:12 WIB

Pendaftaran Guru Penggerak Dibuka Kembali, Begini Cara Mendaftarnya

Pendaftaran Guru Penggerak dibuka kembali. Pendaftaran Guru Penggerak Angkatan 7 dibuka mulai 14 Maret sampai 15 April 2022. Sedangkan pendaftaran Guru Pengajar Praktik dibuka 14 Maret hingga 8 April 2022. Pendaftaran Calon Guru Penggerak terbuka untuk guru jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB.

Guru Penggerak merupakan program dari Kemendikbudristek yang bertujuan memajukan pendidikan Indonesia. Guru yang ingin menjadi guru penggerak harus mengikuti seleksi calon guru penggerak dan yang paling penting lulus seleksi guru penggerak.  Setelah dinyatakan lulus seleksi guru penggerak maka selanjutnya mengikuti program Pendidikan Guru Penggerak berupa pelatihan daring, lokakarya, konferensi dan pendampingan selama 9 bulan. Nah, setelah mengikuti program pendidikan guru penggerak barulah dinyatakan sebagai guru penggerak.

Guru Penggerak harus lulus seleksi dan mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak. Program ini akan menciptakan guru penggerak yang dapat:

  1. Mengembangkan diri dan guru lain dengan refleksi, berbagi dan kolaborasi secara mandiri
  2. Memiliki kematangan moral, emosi dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik
  3. Merencanakan, menjalankan, merefleksikan dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada murid dengan melibatkan orang tua
  4. Berkolaborasi dengan orang tua dan komunitas untuk mengembangkan sekolah dan menumbuhkan kepemimpinan murid
  5. Mengembangkan dan memimpin upaya mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dan relevan dengan kebutuhan komunitas di sekitar sekolah
Baca juga:   Selain Jadi Guru, Sarjana Pendidikan Bisa Jadi ini, Loh!

Nah, sebenarnya apa si peran dari guru penggerak? Tentunya guru yang sudah menjadi guru penggerak harus mampu memberikan kebermanfaatan dan memberikan perannya di sekolah. Berikut beberapa peran guru penggerak :

  1. Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya
  2. Menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah
  3. Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah
  4. Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antar guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
  5. Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah

Untuk para guru yang minat menjadi guru penggerak segera mendaftarkan diri menjadi guru penggerak. Apalagi melihat peranan penting dari guru penggerak. Harapannya dengan mengikuti pendidikan guru penggerak, bagi guru penggerak bisa menularkan segala ilmu yang diterima selama menempuh pendidikan tersebut. Kemudian menerapkan segala ilmu yang dimilikinya ke sekolah maupun ke masyarakat umum.

Nah, berhubung pendaftaran guru penggerak angkatan 7 sekarang masih dibuka. Maka perlu diketahui cara untuk mendaftar guru penggerak.  Berikut cara mendaftar guru penggerak. Silahkan bisa disimak dengan baik.

Pertama, menuju menu program Guru Penggerak dan melakukan registrasi guru penggerak di laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak. Ketika Anda sudah membuka laman tersebut maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini :
Nah itu adalah halaman login guru penggerak. Pada laman tersebut Anda akan diarahkan untuk login menggunakan akun SIMPKB dan mengisi kata sandi. Anda juga akan diberi opsi login yang lain yaitu login menggunakan akun belajar.id.
Kedua, Mengikuti tahapan seleksi Calon Guru Penggerak. Pada langkah kedua ini yang perlu dilakuan adalah mengikuti semua seleksi calon guru penggerak. Guru yang ingin menjadi guru penggerak harus lulus dari seleksi ini.
Ketiga, Melakukan ajuan sebagai Calon Guru Penggerak. Setelah mengikuti semua tahapan seleksi maka langkah berikutnya adalah melakukan ajuan menjadi guru penggerak.

Baca juga:   Program Guru Penggerak Angkatan 7: Tujuan dan Mekanisme Pendaftarannya
Selain melalui laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak Anda juga bisa mendaftar melalui aplikasi. Bagi guru yang ingin mendaftar program guru penggerak bisa menggunakan aplikasi SIMPKB. Caranya adalah Anda membuka akun SIMPKB Anda dan pilih menu Program Guru Penggerak dan ikuti langkah selanjutnya hingga selesai.
Demikian penjelasan mengenai guru penggerak. Apakah Anda tertarik menjadi guru penggerak? Silahkan segera manfaatkan kesempatan baik ini dengan mendaftar guru penggerak.
Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik, Caranya, klik pada link INI

Share :

Baca Juga

Kurikulum

Mengapa Manusia Membutuhkan Pendidikan? Berikut Alasan dan Penjelasannya

Kurikulum

4 Dimensi Karakter dalam Program Profil Pelajar Pancasila
Penilaian Akhir

Kurikulum

Kriteria Guru Cerdas untuk Mengajar Generasi Alpha

Kurikulum

Begini Tahapan dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka

Kesiswaan

Akibat PTM Tak Konsisten, Pendidikan Indonesia Mengalami Penurunan Kualitas

Kurikulum

10 Panduan Lengkap Terkait Kurikulum Merdeka yang Wajib Guru Miliki
program literasi sekolah

Kesiswaan

Kemdikbudristek dan Twitter Mengembangkan Program Literasi Media Sosial Bagi Pelajar SMP

Kurikulum

9 Cara Mengajarkan Toleransi pada Peserta Didik