Home / News

Jumat, 8 Juli 2022 - 15:43 WIB

Pentingnya Refleksi Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Kelas, Guru Wajib Tahu !

 

Pentingnya Refleksi untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas, guru dalam proses belajar mengajar seringkali dilupakan. Sebelum membahas lebih jauh, penggunaan kata refleksi memiliki banyak makna yang dalam segala bidang kehidupan sesuai dengan konteksnya.

Apa itu Refleksi?

Menurut KBBI, kata refleksi memiliki arti cerminan; gambaran atau suatu gerakan, pantulan di luar kemauan (kesadaran) sebagai jawaban suatu hal atau kegiatan yang datang dari luar.

Refleksi dalam pembelajaran merupakan suatu aktivitas yang dilakukan dalam proses pembelajaran dengan bentuk penilaian maupun umpan balik guna mengekspresikan pesan, kesan konstruktif, kritik dan harapan terdap proses pembelajaran yang telah dilakukan.

Kegiatan ini penting dalam dunia pendidikan, dengan adanya refleksi siswa dapat meresapi pengetahuan atau memahami materi yang telah mereka pelajari di kelas maupun yang guru sampaikan sebelumnya.

Dalam prosesnya, melakukan kegiatan tersebut bisa dengan cara merenungkan kembali atau mendalami pengetahuan baru (new knowledge) yang sudah mereka pelajari di kelas. Dalam prosesnya, siswa tidak boleh menekan siswa sehingga siswa merasa terintimidasi, jadi siswa dapat secara jujur dan terbuka ketika melakukan refleksi.

Hal tersebut juga dapat menjadi upaya bahwa pengetahuan itu penting untuk nantinya siswa dapat berbagi ilmu ke orang lain atau untuk sesama.

Tujuan Refleksi dalam Pembelajaran

Refleksi memiliki tujuan yang bagus untuk pembelajaran, diantaranya yaitu untuk mengetahui pendekatan, strategi, model, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan kepada siswa sudah dapat dikatakan berhasil atau belum, kemudian refleksi juga bertujuan untuk mengetahui kebutuhan maupun minat siswa secara detail dalam mengikuti pembelajaran sehingga guru dapat lebih baik lagi dalam merancang kegiatan belajar mengajar selanjutnya.

Baca juga:   Tanda-Tanda Guru Terbaik yang Menyenangkan bagi Siswa, Anda yang Mana?

Selain tujuan itu untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas, ada juga manfaat melakukan kegiatan melakukan refleksi bagi siswa.

Apa Manfaatnya Bagi Siswa?

Merenungkan kembali materi dalam kegiatan belajar mengajar bagi siswa mempunyai banyak manfaat. Hal ini terjadi karena dengan melakukan hal ini siswa dapat benar-benar paham dengan materi yang sudah guru ajarkan dengan menjadikannya sebagai pengetahuan dengan struktur yang baru yang telah siswa konstruksikan sendiri. Hal tersebut menjadikan siswa mampu memperbarui pengetahuan sebelumnya sehingga siswa berwawasan luas.

Wawasan yang luas penting untuk siswa ketika menghadapi kehidupan. Hal ini terjadi karena banyak pengetahuan maupun nilai-nilai kehidupan yang bisa siswa terapkan atau aplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Ini menjadikan siswa kemudian mampu membentuk kebiasaan guna menguji pengetahuan maupun nilai yang ada hubungannya dengan materi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari.

Penting melakukan suatu kegiatan refleksi untuk setiap pengalaman yang  siswa peroleh dalam mengikuti pelajaran, karena hal ini menjadikan siswa dapat memperoleh manfaat pengetahuan tersebut bagi diri sendiri maupun untuk sharing (berbagi) pada orang lain/teman sebaya.

Cara Melakukan Refleksi

Guru sebagai pendidik memiliki peran penting dalam proses refleksi di kelas setelah melaksanakan pembelajaran. Seorang guru memiliki tuntuan agar bisa menyatukan suatu pengetahuan dengan pengetahuan lainnya. Hal ini menjadikan guru harus mampu menguasai pembelajaran lebih dari sekadar pengetahuan materi.

Baca juga:   Penting Diketahui Guru! Inilah 5 Fungsi Rapor Pendidikan Hasil Asesmen Nasional

Adapun cara yang dapat guru coba dalam melakukan refleksi guna meningkatkan mutu pembelajaran di dalam kelas. Guru dapat melaksanaan refleksi ketika kegiatan belajar mengajar telah selesai. Berikut beberapa cara yang dapat guru lakukan antara lain:

  1. Guru dapat menanyakan secara langsung terkait pengetahuan baru yang siswa peroleh setelah mengikuti pelajaran.
  2. Meminta siswa untuk membuat cuplikan mengenai pengetahuan yang baru di kelas untuk kemudian meminta siswa mengumpulkan secara kolektif.
  3. Guru meminta siswa untuk melakukan diskusi tentang materi atau pengetahuan yang telah siswa peroleh setelah mengikuti pelajaran.
  4. Guru dapat bertanya kepada siswa pesan dan kesan terkait pembelajaran yang baru saja tersampaikan di kelas.

Demikian sedikit pengetahuan bagi guru untuk mengingat maupun mengetahui bahwa refleksi merupakan hal yang cukup penting. Mengingat ini dapat dilakukan dalam pembelajaran sehingga guru sebagai pendidik dapat terus meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Hal ini tentu saja dapat berdampak positif bagi keberhasilan belajar mengajar.

Tingkatkan Skill Anda Untuk Menjadi Pendidik Yang Berkualitas Dengan Mendaftarkan Diri Anda Menjadi Member e-Guru.id dan Dapatkan Diskon Hingga 50% Dengan Berbagai Macam Pelatihan Gratis Dan Raih Bonus Lainnya Juga.. Jangan Sampai Ketinggalan Yaa

DAFTAR SEKARANG

Inisial: DeLas

Share :

Baca Juga

News

Program Guru Penggerak Angkatan 7: Tujuan dan Mekanisme Pendaftarannya

Guru Honorer

Jangan Khawatir, Mendikbudristek Pastikan Tunjangan Profesi Guru Bagi Semua Guru

News

Penerapan Growth Mindset Yang Perlu Guru Ketahui Dalam Melaksanakan Asesmen

Guru Honorer

RUU Sisdiknas Berdampak Positif Bagi Guru? Simak Penjelasan Mas Menteri

Kesiswaan

Program beasiswa merdeka pendidikan, lengkapi syarat dan daftar segera!
peran apresiasi guru terhadap antusias belajar

News

Cara Menghindari Kesalahan Fatal Saat Mengajar bagi Guru Pemula

News

Cara Menumbuhkah Keberanian Siswa Berpendapat atau Bertanya di Kelas

News

Tanda-Tanda Guru Terbaik yang Menyenangkan bagi Siswa, Anda yang Mana?
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.