Home / Kenaikan Pangkat

Selasa, 31 Januari 2023 - 08:05 WIB

6 Tips Lolos CPNS 2023 yang Wajib Dipahami

Ilustrasi seleksi cpns

Ilustrasi seleksi cpns

Seleksi CPNS selalu berhasil menarik banyak peserta dari berbagai kalangan. Persaingan yang cukup ketat, membuat kita perlu mempersiapkan seleksi CPNS dengan maksimal. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar tips lolos CPNS 2023. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Tips Lolos CPNS 2023

Siapa sih yang tidak ingin mendapat pekerjaan sebagai seorang PNS. Pekerjaan ini menjadi salah satu yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, menjadi seorang PNS itu berarti masa depan Anda akan terjamin. 

Sebagai seorang PNS tentunya akan mendapatkan berbagai benefit yang menjanjikan, seperti; gaji, tunjangan, cuti, dan dana pensiun. Benefit tersebut akan didapat apabila Anda berhasil lolos seleksi CPNS. 

Sayangnya, untuk dapat menjadi seorang PNS Anda perlu melewati beberapa tahapan seleksi. Seleksi CPNS tidak semudah membalikkan telapak tangan. Adapun beberapa tips lolos CPNS 2023 yang bisa Anda terapkan, seperti berikut. 

Baca juga:   Tips Lulus Pendaftaran PPG Dalam Jabatan 2023, Apa Saja?

1. Merencanakan jadwal belajar

Perlu diketahui bahwa seleksi CPNS melewati beberapa seleksi yaitu seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Seleksi Kompetensi Bidang, dan Seleksi Kompetensi. Tahapan demi tahapan tentunya mempunyai bobot kesulitan yang berbeda. Oleh sebab itu, sebagai seorang pelamar tes CPNS Anda harus merencanakan jadwal belajar agar dapat dengan mudah mengerjakan soal-soal yang diujikan.

2. Latihan Soal dengan giat

Mengingat seleksi CPNS melewati berbagai tahapan tes, maka Anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya termasuk dengan berlatih soal-soal tes CPNS. Contoh soal yang dapat Anda kerjakan sebagai bentuk latihan yaitu contoh soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

3. Mengetahui durasi pengerjaan soal

Pada tes CPNS biasanya akan diberi waktu pengerjaan soal. Waktu yang diberikan tergolong sangat singkat mengingat banyaknya soal yang perlu dikerjakan. Namun jangan khawatir, jika Anda mengetahui dengan jelas rincian waktu pengerjaannya maka Anda akan mampu untuk mengalokasikan waktu dalam pengerjaan soal tes. Umumnya waktu untuk tes SKD berjumlah 100 menit dengan banyaknya soal 110 nomor.

4. Selalu mengikuti update mengenai tes CPNS 2023

Hal yang paling penting dalam tips lolos CPNS 2023 adalah mengikuti update terkini tes calon PNS 2023. Jika Anda tertinggal saja satu informasi mengenai tes seleksi ini, maka Anda akan kehilangan satu start dari pendaftar lainnya. Untuk itu, pastikan selalu mengikuti perkembangan informasi yang berkaitan dengan tes CPNS 2023.

Selain mengikuti update tes CPNS 2023, pastikan Anda selalu mengembangkan kompetensi diri agar pada saat melakukan tes dan lolos Anda telah mempunyai bekal.

Anda dapat mengunjungi laman   e-Guru.id, GuruJuara.com,  dan Diklat.co untuk mulai mengembangkan kompetensi.

Baca juga:   Simak, Ini Tips Lolos Seleksi Aparatur Negara

5. Pahami lokasi tes CPNS 2023

Sebelum mengikuti tes CPNS 2023, pastikan Anda paham dengan lokasi tempat berlangsungnya tes. Agar pada saat hari pelaksanaan ujian Anda tidak keliru terutama dalam hal pemilihan kendaraan umum yang melintas tempat tes CPNS 2023, tarif kendaraan, serta titik macet lalu lintasnya.

6. Meminta restu orang tua

Bukan sebuah rahasia lagi jika restu orang tua adalah hal yang dapat membuat kelancaran dalam segala hal. Oleh karena itu, pastikan Anda meminta restu dan doa orang tua Anda agar mudah serta lancar dalam mengerjakan tes CPNS 2023.

Itulah beberapa tips lolos CPNS 2023, peluang lolos tinggi. Pastikan untuk tetap menjaga kesehatan dan selalu mengikuti perkembangan mengenai tes CPNS 2023. Selamat berjuang!

Share :

Baca Juga

Kenaikan Pangkat

Indonesia Butuh 17 Juta Talenta Digital pada 2030

Kenaikan Pangkat

Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Mandiri
Pendaftaran Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Segera Ditutup

Kenaikan Pangkat

Pendaftaran Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Segera Ditutup

Karya Inovatif

Mengenal Pembuatan Karya Inovatif Guru PNS untuk Naik Pangkat
Pendaftaran Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Segera Ditutup

Kenaikan Pangkat

Inilah Keuntungan Guru Mendaftar PPPK dan Perbedaannya dengan PNS

Kenaikan Pangkat

Syarat-Syarat Kenaikan Pangkat PNS
contoh deskripsi pengalaman kerja pppk guru

Kenaikan Pangkat

Pentingnya Laporan Publikasi Ilmiah Bagi Guru

Guru Honorer

Seleksi PPG Prajabatan punya dua kesempatan. Ini penjelasan Kemendikbudristek