Home / News

Minggu, 22 Januari 2023 - 12:24 WIB

Simak, Ini Tips Lolos Seleksi Aparatur Negara

Ilustrasi seleksi cpns

Ilustrasi seleksi cpns

Aparatur Sipil Negara atau ASN adalah pegawai yang bekerja di lembaga pemerintah baik pusat maupun daerah. Menjadi ASN mungkin idaman bagi sebagian orang. Namun, untuk berprofesi sebagai pegawai pemerintah, bukanlah hal yang mudah. Berikut ini sejumlah tips lolos seleksi aparatur negara yang penting untuk dicermati. 

Tips Lolos Seleksi Aparatur Negara

Jika Anda berminat menjadi ASN, maka harus mengikuti seleksi aparatur negara atau biasa disebut seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). Rangkaian seleksi CPNS yang pertama ialah seleksi berkas administrasi. Anda wajib mengumpulkan semua berkas persyaratan sesuai bidang atau instansi yang Anda lamar. Jika ada satu atau lebih berkas yang belum memenuhi syarat, maka terpaksa Anda harus mendaftar CPNS tahun berikutnya hingga memenuhi semua persyaratan.

Tahap kedua setelah lulus seleksi berkas  yaitu ujian SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) yang sangat ketat. Apalagi jika formasi yang Anda lamar merupakan formasi favorit dan top of mind, tentunya Anda harus bekerja keras lebih ekstra. Anda tidak hanya menargetkan passing grade saja tapi juga harus mendapatkan nilai lebih tinggi dari sekian banyaknya pesaing. Tahap selanjutnya adalah SKB (Seleksi Kompetensi Bidang).

Sebagai info tambahan, sistem perekrutan PNS melalui CPNS menganut system zero growth plus yang artinya setiap tahun hanya menerima PNS dalam jumlah khusus dan terbatas. Maka dari persiapan untuk seleksi ASN harus dilakukan dengan matang. Berikut ini beberapa tips lolos seleksi aparatur negara yang bisa Anda ikuti. 

Baca juga:   7 Tips Lolos Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja

1. Pilih Formasi yang Tepat

Ada banyak formasi yang ada pada seleksi ASN. Maka dari itu, Anda harus menentukan formasi yang tepat dan peluang lolosnya besar. Pastikan juga Anda telah mencari informasi seputar posisi tersebut agar nantinya tidak menyesal. 

2. Atur Jadwal Belajar

Rencanakan agenda belajar Anda supaya teratur dan  terstruktur. Anda bisa memanfaatkan aplikasi Google Calendar atau aplikasi planner lainnya. Manfaatkan waktu luang sebaik mungkin. 

Mengatur durasi belajar juga perlu diperhatikan, sebaiknya tidak terlalu lama belajar karena bisa menyebabkan kebosanan. Selingi dengan kegiatan lain untuk refreshing sejenak. Selain itu, untuk mendukung suasana belajar yang kondusif dan nyaman Anda perlu mempersiapkan tempat dengan baik. Jangan sampai lingkungan memecah konsentrasi Anda.

3. Siapkan Materi dan Soal

Kumpulkan sebanyak mungkin baik dari buku, e-book, artikel internet, CD, dan sumber belajar lainnya. Pelajari materi dan kerjaan soal-soal tersebut agar Anda bisa mudah saat mengerjakan soal tes seleksi. 

Baca juga:   Cara Menyusun Artikel Ilmiah Populer untuk Mendapatkan Angka Kredit bagi Guru PNS

4. Lakukan Evaluasi dan Simulasi

Sembari mempelajari materi, alangkah baiknya Anda melakukan evaluasi yakni mengerjakan soal-soal tentang materi yang sudah dikuasai. Sering-seringlah melakukan simulasi tes atau Try Out baik mandiri maupun simulasi di lembaga khusus.

5. Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Siapkan jiwa dan raga Anda dengan istirahat cukup, olahraga, makan teratur dan bergizi, meditasi, dan lain-lain. Kondisikan pikiran sebelum tes supaya tidak gugup.

6. Berdoa

Setelah semua usaha telah dilakukan, tahapan terakhir yaitu berdoa. Rajinlah berdoa, melakukan amal ibadah, meminta restu orang tua, dan support orang terdekat agar seluruh rangkaian seleksi ASN bisa dilalui dengan mudah. 

Baca juga:   Inilah Keuntungan Guru Mendaftar PPPK dan Perbedaannya dengan PNS

Nah, itulah beberapa tips lolos seleksi aparatur negara yang perlu diperhatikan. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda yang sedang berusaha menggapai impian menjadi ASN. 

Sementara itu, apabila Anda sudah menjadi ASN, kami memiliki rekomendasi platform pelatihan yang bisa meningkatkan kompetensi diri sebagai aparatur negara. Silakan berkunjung ke  e-Guru.id, GuruJuara.com, dan Diklat.com untuk mendapatkan penawaran menarik. 

Share :

Baca Juga

News

3 Hal yang Dapat Menghambat Kemajuan Pendidikan Indonesia

News

Guru ASND Belum Bersertifikat Pendidik Berpeluang Dapat TPG

News

Cara Menyusun Rubrik Penilaian bagi Guru Pemula

News

Hore! THR Guru PPPK Lebih Besar Dibanding Guru PNS

News

Rayakan Anniversary Ke-3, e-Guru.id Mengadakan Diklat Gratis 40JP!

News

Jadwal Pasti Rapelan Gaji Guru Bulan Januari dan Februari

News

Pentingnya Pendidikan Seks pada Siswa Sekolah Dasar

News

Meningkatkan Budaya Gotong Royong melalui Pendidikan di Sekolah