Home / News

Minggu, 22 Januari 2023 - 09:53 WIB

7 Tips Lolos Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja

tips lolos seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja

tips lolos seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja

Peminat PPPK yang tinggi membuat banyak orang mencari tips lolos seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. Menurut penjelasan PP Manajemen PPPK Tahun 2018 pasal 1, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang diangkat sebagai pegawai di pemerintahan dalam jangka waktu tertentu berdasarkan perjanjian kerja. Sebagai informasi, seleksi PPPK pertama kali dilangsungkan pada tahun 2019.

Seleksi PPPK diselenggarakan pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN RI). Sama halnya dengan CPNS, PPPK juga diadakan secara nasional dan serentak untuk semua formasi termasuk formasi guru. Oleh karena itu, persaingan sangat ketat dan dibutuhkan persiapan yang matang.

Lantas bagaimana supaya lolos? Tenang, berikut kami bagikan tips-tips lolos seleksi pegawai pemerintahan dengan perjanjian kerja (PPPK) yang dapat Anda terapkan.

Baca juga:   Inilah Keuntungan Guru Mendaftar PPPK dan Perbedaannya dengan PNS

Tips Lolos Seleksi PPPK

1. Pahami kualifikasi dan formasi

Seleksi PPPK mewajibkan seluruh peserta untuk memenuhi sejumlah persyaratan, baik syarat umum maupun khusus. Pastikan Anda memenuhi semua persyaratan tersebut. Jika belum maka, sebaiknya Anda bersabar dan ikuti seleksi tahun depan karena kemungkinan besar akan gagal di tahap administrasi.

2. Siapkan dokumen dan buat jadwal belajar

Cek dan kumpulkan dokumen persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai peserta PPPK. Kemudian, buat jadwal belajar dan persiapan lainnya dalam menghadapi seleksi.

3. Pelajari dan Kuasai Materi Untuk Ujian PPPK

Program ini merupakan sistem seleksi yang mengharuskan seseorang mendapatkan nilai terbaik atau memenuhi persyaratan akan diterima. Oleh karena itu, perlu persiapan untuk seleksi yang matang dengan mempelajari materi yang akan diuji. 

Anda dapat mengakses materi di situs teacher learning dan sharing yang telah disediakan oleh Kemendikbud. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendapat materi dari berbagai sumber seperti internet atau buku yang terpercaya. Buatlah rangkuman materi yang mudah dihapal.

Baca juga:   Cara Membuat Kartu ASN Virtual, Guru PNS dan PPPK Wajib Bisa

4. Perbanyak Latihan Soal dan Ikuti Simulasi 

Seringlah mengerjakan soal baik secara mandiri maupun simulasi yang umumnya diadakan oleh pihak atau lembaga bimbingan. Soal dan pembahasan bisa Anda dapat dari internet atau buku kumpulan soal PPPK.

Tujuannya untuk mengetahui kemampuan Anda dalam menguasai materi yang telah dipelajari. Selain itu, Anda akan terbiasa menghadapi berbagai macam soal PPPK dan memanajemen waktu dalam menjawab soal.

5. Cari Info dan Relasi

Dalam mempersiapkan seleksi, wajib untuk memantau info dari laman bkn.go.id, sosial media BKN atau gurupppk.kemdikbud.go.id. Sebaiknya bergabung dengan grup yang membahas PPPK. Bisa grup WhatsApp, Telegram, atau Facebook. 

Selain bisa berdiskusi dengan orang lain, Anda juga bisa update informasi seputar program agar tidak ketinggalan info terutama terkait jadwal pelaksanaan seleksi.

6. Jangan Kosongi Jawaban

Tips lolos seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja lainnya yaitu maksimalkan jawaban saat mengerjakan soal ujian. Ketika menjawab soal PPPK, usahakan jangan ada yang kosong meskipun Anda kurang tahu atau ragu akan jawabannya. Tidak ada pengurangan nilai jika jawaban Anda ternyata salah, jadi cobalah untuk menjawab pertanyaan tersebut. 

Baca juga:   Tips Untuk Mengatasi Burnout Pada Guru

7. Berdoa

Rajinlah berdoa dan ibadah. Mintalah restu pada keluarga atau teman supaya dimudahkan selama proses seleksi PPPK dan mendapatkan hasil terbaik. 

Itulah sejumlah tips lolos seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bisa Anda terapkan. Untuk mendapatkan infromasi ata event menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi website e-Guru.id, GuruJuara.com, dan Diklat.com. Tersedia pula pelatihan kompetensi yang membantu Anda menjadi tenaga pendidik berkualitas.

Share :

Baca Juga

Pendaftaran Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Segera Ditutup

News

Daftarkan diri anda segera untuk menjadi guru penggerak angkatan 8

News

Cara Cek Info GTK, Kenapa Tunjangan Profesi Guru Belum Bisa Cair

News

Fenomena Learning Loss, Telah Terjadi Sebelum Pandemi

News

Hore! THR Guru PPPK Lebih Besar Dibanding Guru PNS

News

Pentingnya Guru Belajar di tengah Padatnya Jam Mengajar

Admin Sekolah

Cara Monitoring Program Penguatan Karakter di SMP

Kesiswaan

Cara Mendapatkan Beasiswa untuk Siswa Disabilitas (ADiK)

News

Breaking News! Gaji Ke-13 PNS dan Pensiunan Akan Segera Cair, Berikut Besarannya