Home / Kurikulum

Jumat, 12 Agustus 2022 - 16:03 WIB

Mengapa Manusia Membutuhkan Pendidikan? Berikut Alasan dan Penjelasannya

Mengapa manusia membutuhkan pendidikan – Pendidikan adalah proses mengubah sikap dan perilaku seseorang atau sekelompok orang dalam upaya mendewasakan manusia melalui pengajaran dan pelatihan. Jadi dalam hal ini pendidikan adalah suatu proses atau perbuatan mendidik.

Pendapat lain menyatakan bahwa pendidikan adalah suatu bimbingan atau bantuan yang di berikan oleh orang dewasa kepada perkembangan anak untuk mencapai kedewasaan dengan tujuan agar anak cukup mampu untuk melaksanakan tugas-tugas hidupnya tanpa bantuan orang lain.

Kenyataannya tidak semua orang berpendidikan berhasil dalam jalan hidupnya. Namun jika di bandingkan, orang yang berpendidikan jauh lebih mungkin untuk berhasil daripada orang yang tidak pernah mengenyam pendidikan, baik formal maupun nonformal. Pendidikan adalah alat untuk pengembangan pribadi, mental, dan juga seperti kualitas seseorang.

Kalau terbukti masih ada orang yang berilmu atau malah banyak yang gagal, lalu bagaimana dengan mereka yang sama sekali tidak di karuniai ilmu, logikanya bisa di pastikan akan lebih sulit mengembangkan hal-hal yang baik.

bagi mereka untuk peduli dengan tujuan mencapai standar hidup yang lebih baik. karena proses kehidupan membutuhkan teori, dan dengan pendidikan teori dapat dicapai.

Alasan Mengapa Manusia Membutuhkan Pendidikan

Semua orang menginginkan masa depan yang cerah. Biasanya masa depan yang cerah tidak datang dengan mimpi yang baik dan fantasi. Masa depan yang cerah harus di raih dengan komitmen dan kerja keras. Salah satu upaya utamamenuju masa depan yang cerah adalah pendidikan. Karena Anda butuh bekal, yaitu ilmu yang luas.

Hanya melalui pendidikan seseorang dapat mencapai apa yang di inginkannya karena ia memiliki ilmu Sekarang, mengingat pentingnya pendidikan, saya akan memberikan 5 alasan mengapa manusia membutuhkan pendidikan. Berikut alasannya.

1.      Memberi Pengetahuan

Efek langsung dari pendidikan adalah perolehan pengetahuan yang mendalam. Pendidikan memberikan pelajaran yang begitu penting bagi manusia tentang dunia di sekitarnya, mengembangkan perspektif dalam pandangan hidup. Pendidikan sejati datang dari pelajaran yang diajarkan kehidupan kepada kita. Oleh karena itu, banyak pemerintah menganjurkan pendidikan yang baik sejak usia dini, sehingga ketika mereka dewasa mereka memiliki sumber daya manusia yang baik.

2.      Meningkatkan kualitas berpikir

Dengan di didik maka secara otomatis intuisi, pengetahuan dan pendidikan Anda akan meningkat. Cara berpikir Anda sedikit banyak akan di pengaruhi oleh ketiga hal tersebut. Semakin positif intuisi, pengetahuan yang luas dan banyak pengalaman, maka akan meningkatkan kualitas berpikir Anda.

Baca juga:   Cara Penyusunan Program Semester Kurikulum Merdeka

3.      Meningkatkan status sosial

Sekalipun Anda berasal dari kalangan menengah ke bawah, Anda akan tetap di hargai oleh masyarakat ketika Anda berpendidikan tinggi. Orang yang berpendidikan cenderung di nilai lebih tinggi karena identik pintar dan cerdas. Hal inilah yang dapat meningkatkan status sosial di masyarakat.

4.      Memiliki kebanggan sebagai orang terpelajar

Jika ditanya mana yang lebih bangga tapi miskin tapi berpendidikan atau kaya tapi berpendidikan rendah? Tentu Anda akan bangga jika Anda di anggap sebagai pribadi yang terpelajar. Karena pendidikan adalah kemewahan yang tidak semua orang berani perjuangkan.

Bagi orang miskin, pendidikan adalah keberanian, sedangkan bagi orang kaya, pendidikan bisa menjadi tantangan untuk memerangi kemalasan. Oleh karena itu Anda harus bangga menjunjung tinggi nilai pendidikan.

5.      Mengembangkan karir

Saat mencari pekerjaan, pendidikan adalah hal pertama yang harus di perhatikan dan penting untuk mengetahui kekuatan tawar-menawar kualitas Anda. Secara tidak langsung, pendidikan dapat menentukan nasib karir seseorang. Semakin tinggi pendidikan, semakin Anda di percaya dan daya tawar Anda akan mengikuti.

Berbeda halnya dengan orang dengan tingkat pendidikan yang rendah, semuanya akan di minta memiliki peluang karir yang terbatas.

6.      Mampu bersaing dalam kompetisi global

Pendidikan adalah alat pertama untuk menghadapi persaingan global. Dengan pendidikan kualitas diri akan meningkat. Hal Ini merupakan penentu persaingan. Pasalnya, orang yang berkompeten dalam hal intelek dan keterampilan biasanya akan menguasai waktu.

7.      Tahu apa yang benar dan salah

Alasan mengapa manusia membutuhkan pendidikan yang baik adalah supaya dapat membuat Anda memahami perbedaan antara benar dan salah. Anda tentu akan menyadari bahwa pasti ada konsekuensi untuk tindakan yang salah dan hal ini bisa membuat Anda kurang terpengaruh untuk melakukan hal-hal yang melanggar moral atau hukum.

Anda juga sangat menyadari hak dan tanggung jawab Anda terhadap masyarakat yang hidup secara sosial. Pendidikan yang baik mencegah Anda dari penderitaan dalam kemiskinan dan ini akan mengurangi kemungkinan melakukan pencurian, perampokan dan tindakan ilegal lainnya. Memiliki pendidikan merupakan faktor utama yang dapat membuat masyarakat lebih tentram dan harmonis.

8.      Mencegah penipuan

Pendidikan yang baik mencegah Anda dari penipuan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Banyak sekali tindakan penipuan yang terjadi karena korban tidak mengetahui mana yang benar dan mana yang salah.

Baca juga:   3 Program Besar untuk Kemajuan Pendidikan Indonesia!

Melihat penjelasan di atas, sangat jelas bahwa pendidikan yang baik memiliki banyak manfaat untuk Anda. Mulai dari manfaat mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, membantu membawa perubahan di masyarakat dan mencegah Anda di tipu oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Anda bisa mendapatkan pendidikan yang baik dengan menempuh pendidikan formal seperti perguruan tinggi atau Anda juga dapat mengambil pendidikan nonformal seperti kursus keterampilan.

9.      Membuat percaya diri

Instruksi yang Anda ikuti adalah bukti bahwa Anda memiliki pengetahuan yang dapat bermanfaat bagi banyak orang. Orang yang berpendidikan menawarkan lebih banyak kesempatan untuk di dengar dan di jawab oleh orang lain.

Hal di atas sangat berbeda dengan seseorang yang tidak berpendidikan, di mana mereka akan kesulitan untuk mengungkapkan pandangan dan pendapatnya karena kurang percaya diri. Bahkan jika mereka berani mengungkapkan pandangan mereka, orang lain mungkin tidak menganggapnya terlalu serius.

10.  Mudah menempatkan diri

Dengan pendidikan yang di miliki, seseorang akan lebih mudah memahami lingkungannya. Dengan cara ini, seseorang dapat menempatkan posisinya di berbagai tempat dengan skema yang sesuai sehingga dapat diterima oleh masyarakat.

11.  Memiliki kemampuan diri yang cukup

Pada hakekatnya orang dengan pendidikan yang cukup dapat melakukan sesuatu di luar kemampuannya. Ia akan lebih mampuuntuk melakukan sesuatu yang tidak biasanya di lakukan oleh orang lain pada umumnya. Sehingga dapat di katakan bahwa pendidikan membuat seseorang lebih mampu melakukan sesuatu dalam berbagai bidang.

12.  Ubah pola pikir tentang kehidupan

Karena pendidikan telah membantu seseorang untuk membuka wawasannya, maka dapat di pastikan bahwa pendidikan juga akan mengubah pola pikir seseorang. Pendidikan yang baik mengubah bakat berpikir seseorang menjadi lebih dewasa dan lebih baik dalam menilai sesuatu.

13.  Memberi pencerahan dalam hidup

Dengan pendidikan, Anda bisa menghapus keyakinan yang salah dalam pikiran Anda. Ini juga dapat membantu menciptakan gambaran yang jelas tentang hal-hal di sekitar Anda, juga dapat menjernihkan semua kebingungan. Orang yang berpendidikan tinggi biasanya akan lebih bijak dalam memecahkan suatu masalah, hal ini di karenakan mereka telah mempelajari ilmu pendidikan dalam kehidupan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(RAW)

Share :

Baca Juga

Kurikulum

Cara Mendesain Projek Tahap Awal untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Kurikulum

Panduan Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Pendidikan Nasional
HOTS

Kurikulum

Manfaat Tata Tertib Sekolah Bagi Siswa
Kurikulum Merdeka

Kurikulum

Kurikulum Merdeka dan Model Pembelajaran yang Tepat!
video pembelajaran

Kesiswaan

Mengenal Fitur Canva dan Cara Menggunakannya Dalam Pembelajaran
Mulai Juli 2022, Pancasila Menjadi Mapel Wajib di Sekolah

Kurikulum

Keunggulan Kurikulum 2022 Dіbаndіng Kurіkulum Sebelumnya

Kurikulum

5 Fitur Tersembunyi pada Platform Merdeka Mengajar
Model Pembelajaran Inkuiri

Guru Honorer

Khusus guru, ubah akun menjadi Canva pro dengan tanpa biaya
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.