Home / Kurikulum

Jumat, 22 April 2022 - 02:40 WIB

Mudahnya Mendapatkan Ribuan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Secara Gratis, Begini Caranya!

Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka– Dalam mendukung pelaksanaan Kurikulum 2022 atau Kurikulum Merdeka, salah satunya dengan mempersiapkan sarana prasarana seperti perangkat ajar. Perangkat ajar merupakan berbagai macam materi pengajaran yang dapat digunakan guru untuk mendukung kegiatan belajar mengajarnya.

Umumnya, perangkat ajar berupa RPP, Silabus dan Buku atau sejenis diktat dan modul. Namun, perangkat ajar pada Kurikulum Merdeka sedikit berbeda, dan pada perangkat ajar juga dilengkapi dengan alur dan capaian pembelajaran, yang disusun sesuai domain dan fase tertentu.

Perlu Anda ketahui, perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka memiliki 3 jenis perangkat ajar. Perangkat ajar tersebut adalah modul ajar, modul proyek, atau buku teks. Menjelaskan secara singkat, apa pengertian dan perbedaan dari 3 jenis perangkat ajar tersebut.

  1. Modul Ajar merupakan dokumen berisi Tujuan, langkah pembelajaran, media pembelajaran materi pembelajaran, lembar aktivitas siswa, dan asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran. Fungsi dari modul ajar ini adalah sebagai pengganti RPP atau lebih dikenal RPP Plus.
  2. Modul Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan dokumen yang berisi tujuan, langkah, media pembelajaran, dan asesmen yang dibutuhkan untuk melaksanakan suatu projek penguatan profil pelajar Pancasila.
  3. Buku teks utama merupakan buku pelajaran yang digunakan dalam pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku. Buku teks terdiri atas buku teks utama dan buku teks pendamping. Dalam konteks pembelajaran, buku teks utama terdiri atas buku siswa dan buku panduan guru. Buku siswa merupakan buku pegangan bagi peserta didik.  Sedangkan buku panduan guru merupakan panduan atau acuan bagi pendidik untuk melaksanakan pembelajaran berdasarkan buku siswa tersebut.
Baca juga:   Mengenal Kurikulum Paradigma Baru

Cara mendapatkan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Secara Gratis

Perangkat ajar tersebut menjadi hal yang penting untuk dimiliki oleh seorang guru dalam mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka.

Namun, Anda tidak perlu pusing dan merasa kesulitan untuk membuat perangkat ajar tersebut. Karena, Kemendikbudristek juga telah menyediakan berbagai perangkat ajar yang dapat diakses dan digunakan oleh Anda. Melalui platfrom Merdeka Mengajar, Anda bisa mendapatkan berbagai perangkat ajar secara gratis.

Saat ini, telah tersedia sekitar 2 ribu perangkat ajar yang terdapat dalam platfrom Merdeka Mengajar. Dengan Masing-masing jumlah perangkat ajar yang tersedia sekarang ini adalah 50,4% Modul Ajar, 22,5% Buku Guru, 16,7% Buku Siswa, dan selebihnya 10,4% Bahan Ajar.

Untuk mendapatkan perangkat ajar secara gratis dan mudah, Anda perlu menyimak langkah-langkah berikut ini.

  1. Anda dapat mengakses Platform Merdeka Mengajar ini melalui akun Belajar.id.  Selain itu, Anda juga dapat mengunduhnya di Playstore atau kunjungi langsung website guru.kemdikbud.go.id.
  2. Setelah berhasil mengunduh atau mengunjungi laman tersebut,  Anda harus login atau masuk dengan menggunakan akun Belajar.id.  Pastikan Anda telah memiliki akun Belajar.id ini, jika Anda belum memilikinya Anda dapat meminta bantuan melalui operator sekolah Anda.
  3. Klik “Beranda”, kemudian Anda akan diperlihatkan tampilan “Instrumen Guru”. Pilih “Perangkat Ajar”.
  4. Anda dapat mencari perangkat ajar dari mata pelajaran fase. Anda bisa pilih mata pelajaran dan fase pada kolom yang tersedia. Kemudian, jangan lupa, untuk klik “Terapkan”.
  5. Setelah itu, akan muncul beberapa perangkat ajar yang Anda cari. Anda dapat melihat, menggunakan dan mengunduhnya. Selain itu, Anda juga bisa mengshare perangkat ajar tersebut, kepada rekan-rekan Anda lewat sosial media.
Baca juga:   Kurikulum Merdeka SMK sebagai Pusat Keunggulan: Antara Tantangan dan Harapan

Nah, untuk itu, pastikan mulai dari sekarang, Anda telah memiliki akun belajar.id. Supaya Anda bisa mendapatkan perangkat ajar secara gratis. Tutorial mencari dan mengunduh perangkat ajar ini juga telah disediakan oleh Kemendikbudristek melalui video tutorial di Chanel Youtube Kemendikbud RI . Berikut ini videonya. Semoga Bermanfaat.

 

Share :

Baca Juga

Kurikulum

Mengenal Kurikulum Paradigma Baru

Kurikulum

Mengapa Manusia Membutuhkan Pendidikan? Berikut Alasan dan Penjelasannya
Sekolah

Kesiswaan

Mengenal Sekolah Luar Biasa dan Sekolah Inklusi

Kurikulum

Langkah Menyusun Asesmen Projek dalam Program Profil Pelajar Pancasila

Kurikulum

Cara Penerapan Projek Kurikulum Merdeka Tema “Aku Sayang Bumi” di Tingkat PAUD

Kurikulum

Kurikulum Baru Merdeka Belajar

Kurikulum

Ini Dia Tujuan dan Keunggulan Kurikulum Merdeka Bagi Guru dan Siswa

Kesiswaan

Akibat PTM Tak Konsisten, Pendidikan Indonesia Mengalami Penurunan Kualitas
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.