Home / Kesiswaan

Jumat, 17 Juni 2022 - 08:44 WIB

Tips Berkomunikasi dan Menjalin Hubungan Baik dengan Lawan Jenis

Tips berkomunikasi dan menjalin hubungan baik dengan lawan jenis – Manusia sebagai makluk sosial tentu akan menjalin hubungan dengan orang lain. Selama itu maka diperlukan komunikasi yang baik agar hubungan yang terjalin pun baik. Selain itu dalam berhubungan tentu akan bertemu juga dengan yang lawan jenis juga. Kadang ada beberapa yang kesulitan untuk berkomunikasi maupun menjalin hubungan dengan lawan jenis.

Nah, di bawah ini akan dijelaskan mengenai tips berkomunikasi dan menjalin hubungan baik dengan lawan jenis. Silahkan simak dengan baik ya.

Tips Berkomunikasi dengan Lawan Jenis

Tips berkenalan atau berkomunikasi yang baik dengan lawan jenis :

  1. Stop rasa minder, takut, atau segan. Nyantai aja. Kita bisa memulainya dengan sepotong “hai..” dan “apa kabar” dengan kita memasang muka yang manis sambil tersenyum yang dari hati kita, karena kita dapat menjadi pembuka dalam awal komunikasi kita yang netral dan tidak juga berlebihan.
  2. Bicarakan topik yang sama-sama diminati atau yang menghubungkan kita dengannya. Misalnya yang ada persamaan dari dia mmmhh,, sama-sama dari daerah kelahiran, sama-sama gemar melakukan hobi yang bagaimana, atau sama-sama yang sama dengan orang yang sedang diajak berkomunikasi. Tentunya kita ingin mengambil simpatinya dulu dari bahan pembicaraan. Kalau ternyata tidak ada yang cocok, pancinglah dengan pembicaraan ringan. Begitu kita mngetahui minatnya, dan mendapatkan simpati dari lawan jenis. Baru kita kembangkan pembicaraan atau basa-basi.
  3. Ingatlah bahwa suatu percakapan itu adalah komunikasi dua arah, karena kedua pihak berperan sebgai pembicara sekaligus pendengar yang baik. Jadi kita harus pandai dan memberi lawan bicara kita untuk mengemukakan pendapatnya. Kita juga harus peka dalam menangkap isyarat yang diberikan oleh lawan jenis pada saat kita berdua saling berkomunikasi. Dengan itu kita akan merasakan bila lawan bicara kita menghindari pertanyaan dari kita yang besifat tertutup.
  4. Jangan lansung bertanya kepada lawan jenis kita mengenai masalah pribadi dia, misalnya apakah dia sudah mempunyai pasangan/pacar, dia pasti akan memberitahu statusnya walaupun menyatakan secara tidak lansung, bila dia merasa perlu untuk di beritahukan ke kita (kalau ada sih, tapi kalau tidak ada dia tidak akan mengatakannya).
  5. Jika kita temui lawan jenis yang wanita (bila kita pria) maka kita harus hati-hati dalam berbicara karena wanita sangat berperasaan dan wanita juga mempunyai perasaan yang lembut, sekalipun wanita tersebut adalah wanita yang mempunyai daya pemikiran atau sifat seperti pria.
  6. Biarkan pembicaraan kita semuanya mengalir seperti air dengan wajar, tidak perlu dipaksa.
  7. Cobalah kita berbicara dengan menggunakan nada yang agak direndahkan, agar kata-kata yang keluar dari mulut kita teratur dan kita juga dapat mengendalikan gaya dan bahasa yang kita gunakan jadi sopan dan manis.
  8. Kita juga dapat menggunakan bumbu humor untuk berbicara denga lawan jenis kita agar lebih akrab, dan kita perlu memerhatikan isyarat bahasa tubuh yang dia gunakan apakah di merespon atau tidak gaya kita membumbui pembicaraan kita dengan lelucon/humor bisa jadi pembicaraan kita dengan lawan jenis yang baru kita kenal menjadi garing/tidak mendapat simpati lagi dari dia atau membosankan.
  9. Perluas wawasanmu dengan mengetahui hal-hal yang sedang tren atau termasuk yang disukai oleh kalangan lawan jenis kita, dijamin tambah lancar dan nyambung deh, makanya banyak baca dan memahami hal yang baru. Kita jangan menjadi orang yang ketinggalan informasi.
  10. Jaga kebersihan dan kerapian diri kita. Karena tidak bisa kita pungkiri , daya tarik fisik itu bisa menjadi salah satu pegangan dalam peranan penting dalam menjalin komunikasi dengan lawan jenis kita. Dan kita juga harus wangi badan dan wangi mulut agar lawan jenis kita betah berbicara dengan kita. “Jaman gini ndak wangi, kehutan aja”
  11. Sesekali dalam pembicaraan kita gunakan pujian dan senyuman dari kita untuk lawan jenis kita, jadi tambah betah lagi dengan kita. Setelah kita merasa cukup untuk berkenalan dengan lawan jenis kita, jangan lupa untuk meminta nomor telepon dan alamat email/rumahnya jadi ketika kita punya waktu luang, kita bisa berkomunikasi dengan lawan jenis kamu atau janjian ditempat yang enak untuk berkomunikasi secara lansung lagi untuk melanjutkan perkenalan yang lebih.
  12. Cara untuk memudahkan kita dalam berkenalan dengan lawan jenis kita, PeDe (Percaya Diri) kita haru percaya diri bahwa kita bisa, kita meyakinkan. Terus juga perbanyak pergaulan kita dan berbicara dengan lawan jenis kita agar mengurangi rasa minder. Dan anggap saja bahwa semua lawan jenis kita yang ada didunia ini adalah mantan pacar kita. Tergantung kita siapa dulu (Pria/Wainta) jangan salah tangkap informasi yah,,
Baca juga:   Gunakan 4 Model Pembelajaran Efektif Ini di Sekolah

Cara Membina Hubungan Baik dengan Lawan Jenis

  1. Diawali dengan keterbukaan
Baca juga:   Cara Mengatasi Masalah Pembelajaran pada Peserta Didik

Hubungan pertemanan antar lawan jenis yang langgeng harus diawali dengan keterbukaan. Jangan memandangnya sebagai pria atau wanita yang menarik perhatian, pandanglah ia sebagai teman yang bisa menjadi sahabat bagi anda

     2. Saling menjaga perasaan

Biasanya wanita punya teman dekat pria yang hanya sebagai tempat curhat mereka. Sebagai pria andapun tentu harus bisa membedakan kedekatan anda dengannya hanyalah sebagai seorang teman. Jangan sampai merusak hubungan persahabatan hanya karena perasaan yang berubah.

  1. Memberi ruang tersendiri

Terkadang pria atau wanita yang sudah memiliki pasangan tentu ingin menghabiskan waktu bersama teman-temannya, termasuk sahabat lawan jenisnya. Andapun harus memberi ruang dan waktu tersendiri bersama teman-teman anda. Saling bercerita tentang kehidupan masing-masing dan bertukar pikiran tentu akan semakin mempererat tali persahabatan.

Dengan membaca tips-tips diatas, menjalin persahabatan dengan lawan jenis bukanlah hal yang sulit. Tentunya juga harus menjaga jarak agar tidak terlalu dekat dan tidak timbul perasaan saling suka. Hubungan persahabatan dengan lawan jenis tentu menjadi lebih menarik karena kita bisa mengenal sifat dan karakter lawan jenis melalui sahabat kita.

Demikian tips berkomunikasi dan menjalin hubungan baik dengan lawan jenis. Kunci utamanya adalah yakin bahwa Anda bisa berkomunikasi dengan baik maka kemudian Anda akan mudah menjalin hubungan yang baik dengan lawan jenis.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Penulis : (GST/GST)

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Belajar Sambil Bermain Menggunakan Puzzlemaker

Kesiswaan

Cara Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik

Kesiswaan

Strategi Guru BK dalam Menghadapi Aksi Bullying pada Siswa

Kesiswaan

Produksi Bahan Ajar dalam Penerapan Belajar Mandiri di Sekolah

Kesiswaan

Pengumuman SBMPTN 2022, Cek Selengkapnya Di Sini!

Kesiswaan

Cara Mengatasi Peserta Didik yang Tidak Percaya Diri (Insecure)
Kiat-kiat menjadi siswa berprestasi

Kesiswaan

Kiat-kiat Menjadi Siswa Berprestasi di Sekolah!

Kesiswaan

Kriteria Siswa Eligible dan Ketentuan Terbaru SNMPTN 2022
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.